Undip Ikuti Pameran Pendidikan Tinggi Internasional di Malaysia

UNIVERSITAS Diponegoro (Undip) menjadi salah satu peserta “Indonesia Higher Education Expo 2011” di di Putra World Trade Center (PWTC) Kuala Lumpu, 20-22 Mei lalu. Undip menjadi satu-satunya perguruan tinggi di Semarang yang mengikuti acara tersebut.

Sementara itu, selain Undip, belasan perguruan tinggi dari tanah air juga berpartisipasi dalam pameran pendidikan ini. Mereka antara lain Institut Manajemen Telkom, Institut Pertanian Bogor, Teknologi Bandung, Institut Teknologi Sepuluh November, Politeknik Manufaktur Bandung, Politeknik Manufaktur Bangka Belitung, Universitas Ahmad Dahlan,dan  Universitas Airlangga.

Selain itu, sebagimana diberitaka undip.ac.id, Universitas Andalas, Universitas Hasanuddin, Universitas Indonesia, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Padjadjaran, Universitas Parahyangan, Universitas Pasundan, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Riau dan Universitas Sebelas Maret juga berpartisipasi.

Atase Pendidikan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Kuala Lumpur Rusdi MA mengungkapkan bahwa ajang ini merupakan kesempatan bagi perguruan tinggi Indonesia untuk memperkenalkan program studi unggulan.

Rusdi berharap, pameran ini menarik minat mahasiswa asing untuk belajar di perguruan tinggi Indonesia. Selain itu, pameran ini juga dapat menjadi ajang penjajakan berbagai kerjasama lembaga, termasuk juga penelitian dengan pendidikan tinggi dari luar negeri. Prodi yang banyak menyedot perhatian mayoritas pengunjung adalah prodi kedokteran, farmasi, teknik dan ilmu agama Islam.

“Mahasiswa dari Malaysia tetap jadi pasar potensial untuk perguruan tinggi di Indonesia,” ujar Kepala Sub-Direktorat Kerja Sama Antar Lembaga Ditjen Dikti Kementerian Pendidikan Nasional Purwanto Subroto. Ditjen Dikti menargetkan jumlah mahasiswa Malaysia yang kuliah di Indonesia naik 10% hingga 20% dibandingkan tahun lalu yang mencapai 7.200 mahasiswa. “Pameran ini baru yang pertama kali, sehingga ke depan harus lebih baik dari sekarang,” tambahnya. PortalSemarang.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.