Undip Kenalkan Kekayaan Laut Pada Mahasiswa Asing

UNIVERSITAS DIPONEGORO akan menggelar Tropical Course and Culture bagi lima puluh mahasiswa asing yang belajar di Undip. Kegiatan ini diadakan untuk memperkenalkan kekayaan laut Indonesia beserta kekayaan ekosistemnya kepada mereka.

“Selain dikenalkan pada lingkungan laut tropis para mahasiswa asing juga akan dibekali dengan konsep-konsep yang terkait seperti ekosistem laut dan kajian pesisir” ungkap Kepala UPT Humas Undip, Agus Naryoso dalam siaran persnya (25/10).

“Keunggulan dan potensi bahari Indonesia yang luar biasa besar ini diharapkan akan lebih dikenal lebih luas ke dunia internasional lewat mahasiswa asing tersebut” ujarnya. “kekayaan laut Indonesia memiliki perbedaan yang unik dibandingkan dengan lautan di belahan dunia lain, serta para peserta juga akan diajak untuk melakukan observasi dan mengkaji fenomena sosial dan ekonomi kehidupan masyarakat pesisir” tambahnya

Agus menjelaskan bahwa kegiatan  tersebut rencananya akan dilaksanakan 29 Oktober Р3 November 2012 di Kepulauan Karimunjawa. Selama mengikuti kegiatan tersebut semua peserta akan mendapatkan bimbingan dari para pakar seperti pengelolaan lingkungan berkelanjutan, pengetahuan daerah pesisir tropis, Pengembangan budaya dan kearifan lokal untuk penataan lingkungan yang berkesinambungan, penyakit tropis.

Selain belajar di kelas mahasiswa asing tersebut juga akan diajak untuk melakukan kegiatan jungle tracking in the forest (mengenal hutan tropis karimunjawa, serta mengeksplorasi kekayaan fauna dan mangroove dan tanaman yang tumbuh dilahan basah lainnya.

Setelah mengelilingi hutan tropis mahasiswa akan diajak mengunjungi kampung bugis berinteraksi berinteraksi dengan nelayan, petani dan pemangku kepentingan di sektor pariwisata setelah itu diteruskan dengan kegiatan forum group discussion.

Mahasiswa asing yang mengikuti kegiatan tersebut pada hari terakhir akan diajak menjelajah menyelam lautan karimunjawa mengamati terumbu karang dan kehidupan dasar laut lainnya. (Ilsutrasi: celotehuntuknegeri.wordpress.com)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.