Tombol-Tombol Penting Kamera DSLR Yang Wajib Anda Ketahui

Kamera DSLR merupakan sebuah kamera yang memanfaatkan cermin untuk mengarahkan lensa ke viewfinder. DSLR sendiri merupakan singkatan dari digital single lens reflex. Kamera DSLR merupakan sebuah kamera yang banyak di gunakan pada dunia fotografi.

Menggunakan kamera DSLR dalam proses pengambilan gambar akan mendapatkan hasil gambar yang lebih berkualitas di bandingkan dengan menggunakan kamera lain. Untuk merek kamera DSLR yang terkenal yaitu ada kamera Canon dan kamera Nikon.

Kamera canon memiliki harga yang lebih murah di bandingkan kamera Nikon, namun meskipun lebih murah tetap saja kedua jenis kamera ini memiliki kualitas yang sama-sama bagus. Kamera DSLR juga tersedia dari beberapa kelas, yaitu untuk kelas pemula hingga kelas profesional.

Mengapa memilih kamera DSLR? Kamera DSL memiliki keunggulan di bandingkan dengan kamera lain, selain memiliki kualitas gambar yang jelas pada kamera DSLR juga di lengkapi dengan berbagai lena dengan beberapa ukuran dan jenis. Hal inilah yang menjadi daya tarik dari kamera DSLR.

Objek gambar yang di lihat saat di bidik menggunakan kamer DSL hasilnya akan sama persis seperti yang terlihat nyata. Untuk mengetahui lebih banyak lagi informasi mengenai kamera DSLR.

Berikut ini akan di jelaskan bagia-bagian apa saja yang terdapat pada kamera DSLR.

  1. Lensa

Lensa merupakan bagian pokok dari kamera DSLR, lensa bekerja sama dengan kamera untuk mengambil sebuah gambar. Lensa kamera DSLR terdiri dari lensa zoom dan lensa fix. Lensa zoom berfungsi untuk membesarkan obyek.

Sedangkanlensa fix atau lensa prime lensa yang memiliki focal tunggal yang tidak bisa di ubah-ubah seperti pada lensa zoom.

  1. Tombol stabilizer

Fungsi tombol stabilizer pada kamera DSLR adalah untuk menstabilkan getaran saat pengambilan gambar. Hal ini bertujuan agar gambar yang di bidik tidak blur. Prinsip dari tombol stabilizer adalah dengan mengAndalkan gyrosensor yang mendeteksi getaran pada kamera serta memberi kompensasi mekanik untuk meminimalisir beberapa getaran yang terjadi pada kamera. Namun tidak semua lensa kamera DSLR memiliki fitur tombol ini.

  1. Tombol pembuka lensa

Tombol pembuka lensa berfungsi untuk membantu melepaskan lensa dari bodi kamera. Cara penggunaan tombol lensa ini adalah dengan menekan tombol sambil lensa di lepas secara perlahan dengan cara di putar ke kiri.

  1. Tombol pembuka flash

Tombol ini berfungsi untuk membuka flash kamera, hal ini dapat digunakan saat kamera menyala saja.

  1. Built-in flash light

Built-in flash light merupakan sebuah lampu flash atau blitz yang fungsinya sebagai penerang dan berupa kilat untuk memberikan nuansa terang pada saat pengambilan gambar di tempat yang gelap. Hal ini bertujuan agar obyek yang kekurangan cahaya ketika di ambil gambar akan terlihat lebih sempurna. Built-in flash light ini selalu ada pada kamera DSLR.

  1. Tombol shutter

Ini adalah tombol yang paling penting pada kamera DSLR, tanpa tombol ini proses pengambilan gambar tidak akan terjadi. Hal ini karena tombol ini berfungsi untuk mengambil atau membidik gambar melalui kamera.

  1. Grip

Grip merupakan bagian kamera DSLR yang penting. Grip ini berfungsi sebagai pegangan kamera. Desain grip di buat lebih kasar. Hal ini bertujuan agar saat memegang kamera tidak akan terpeleset karena genggamannya lebih kuat di bandingkan jika grip di buat dengan tekstur yang halus. Memegang grip harus di perhatikan karena kesalahan memegang grip dapat menyebabkan hand shake.

  1. Anti red eye

Anti red eye pada kamera DSLR ini berfungsi sebagai penangkal agar gambar yang di ambil matanya tidak terlihat merah akibat dari lampu flash. Masalah mata menjadi merah di gambar sering terjadi. Anda tak perlu khawatir karena masalah ini dapat di atasi dengan menggunakan anti red eye.

  1. Tombol preview

Tombol ini pada kamera DSLR berfungsi untuk melihat hasil foto pada layar LCD kamera.

  1. Tombol delete

Tombol ini berfungsi untuk menghapus foto yang tidak di inginkan pada kamera DSLR.

  1. Tombol fokus

Pada kamera DSLR terdapat tombol fokus yang terdiri dari dua mode yaitu auto fokus dan manual fokus. Jika Anda menggunakan fitur mode auto fokus maka ketika Anda mengambil gambar fokus kamera akan secara otomatis di lakukan oleh mesin kamera. Sedangkan jika Anda menggunakan manual fokus Anda harus mencari titik fokus sendiri secara manual.

  1. Tombol navigasi

Tombol nafigasi berfungsi untuk memudahkan Anda dalam mengontrol kamera DSLR. Anda bisa mengontrol program yang ada dalam kamera DSLR tersebut termasuk menggeser pilihan menu pada kamera. Namun tidak semua kamera DSLR memiliki tombol navigasi dengan bentuk yang sama. Ada tombol navigasi yang berbentuk sroll, tombol empat arah, dan tombol analog.

  1. Tombol Fn/Q

Fungsi dari tombol ini adalah untuk mengalihkan fungsi tombol navigasi menjadi fungsi shurtcut.

  1. Tombol AV

Tombol AV pada kamera DSLR berfungsi untuk aperture atau bukaan diafragma.

  1. Tombol zoom

Semua kamera DSLR memiliki tombol zoom. Tombol zoom ini memiliki fungsi untuk memperbesar gambar atau memperdekat jarak gambar yang akan di bidik. Tombol ini sangat berguna untuk mengambil gambar yang jaraknya jauh sehingga gambar yang di inginkan dapat di peroleh secara tepat.

  1. Mode-dial

Mode dial berfungsi untuk mengatur, memilih, dan mengganti modus pemotretan. Pada mode dial ini Andadapat menemukan fitur mode auto instan yang sudah di siapkan secara khusus seperti untuk memotret kegiatan olahraga, closeup, kembang api, malam hari, dan juga mode manual.

  1. Tombol live view

Tombol live view berfungsi untuk mengalihkan layar bidik dari fiew finder ke lifeview ke layar LCD. Pada kamera DSLR merek canon 600D tombol ini berfungsi pula untuk merekam video.

  1. View finder

View finder adalah jendela bidik yang Anda gunakan untuk membidik gambar. Dari view finder ini Anda bisa menentukan fokus dan informasi light meter, nilai sutter speed, ISO, aperture, dan matering. Pada view finder terdapat satu bagian yang seperti bantalan karet yang disebut eye pieces. Eye pieces ini berfungsi untuk menahan cahaya yang masuk ke view fider agar gambar yang di hasilkan terlihat nyata.

  1. Tombol menu

Tombol menu berfungsi untuk menuju menu pengaturan pada kamera DSLR.

  1. Layar LCD

Layar LCD berfungsi untuk menerangkan keterangan settingan mode eksposure, shutter speed, ISO, perture, dan lainnya. Sedangkan fungsi yang kedua yaitu untuk melihat hasil foto yang telah Anda bidik dan fungsi yang ketiga adalah sebagai layar bidik besar untuk melihat objek yang akan Anda ambil secara langsung yang di sebut live finder.

  1. Tombol ISO

Tombol Iso merupakan tombol jalan pintas yang digunakan untuk mengatur ISO.

  1. Main-Dial

Tombol ini berfungsi untuk menggeser pilihan pada menu tertentu.

  1. Tombol display

Tombol ini berfungsi untuk menghidupkan kamera DSLR pada keadaan standby karena padakeadaan standby kamera masih dalam keadaan menyala.

  1. Tombol On/Off

Tombol on/off pada kamera DSLR berfungsi untuk menghidupkan serta mematikan kamera DSLR.

Semua bagian-bagian dari kamera DSLR di atas tentu wajib ada dalam kamera DSLR, jika tidak ada maka kamera DSLR fungsinya akan terbatas. Yang paling penting adalah bahwa kamera DSLR merupakan kamera yang memiliki cermin yang fungsinya sebagai pemantul gambar.

image credit: Jakob Owens

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *