Tips Memilih Jurusan di Perguruan Tinggi

Memilih Jurusan – Lulus UN emang bikin senang. Seperti lepas dari beben hidup paling menyiksa ya. Tapi, urusan belum selesai di situ. Untuk meriah cita-cita yang kamu inginkan, kami harus kembali fight masuk perguruan tinggi yang kami mau.

Nah, meski terkesan simpel, urusan pilah-pilih perguruan tinggi ternyata gak gampang lho. Pilih jurusan dan kampus sesuai kebutuhan kamu. Jangan mudah tergoda dengan iklan. Ya, namanya juga iklan, pasti hanya “membagus-baguskan” kan?

Karena masa kuliah itu memakan waktu yang lama, maka tanya dulu pada diri kita sendiri apa yang jadi minat kita, jurusan apa yan kita sukai dan yang mampu kita kuasai. Apa yang kita bisa karena dengan memilih jurusan yang berdasarkan kemauan, maka semangat kita untuk menjalani dunia perkuliahan itu akan terasa enteng. Beban tugas kuliah juga akan diselesaikan dengan senang hati.

Ini pasti beda dengan anak yang memilih jurusan karena kemauan orang tua atau murni orientasi kerja. Kuliah bawaannya males, tugas kuliah teras berat, dan akhirnya bisa-bisa drop out. Ups, jangan sampai deh.

O iya, meski melihat orang lain sukses, jangan meniru jejak orang lain. Tiap orang itu unik, punya kepribadian sendiri-sendiri. Bisa jadi, satu jalan bagus buat orang lain tapi gak bagus buat kamu. Jadi, jadilah diri sendiri, Jadikan orang-orang sukses di sekitarmu jadi bahan inspirasi, tapi keputusan akhir tetap kamu yang pegang kendali.

Sebelum benar-benar memilih jurusan kuliah khususnya perguruan tinggi swasta, pelajari dulu latar belakangnya. Cara paling mudha sih googling. Coba kamu cek, apa kampus itu sudah terkareditasi, sudah terpecaya, gimana alumninya, dna sebagainya. Pastikan kita tidak masuk ke tempat yang keliru deh.

Cara info lewat para kerabat kita yang pernah kuliah juga bisa. Tanya mereka semua hal yang menyangkut tentang masa kuliah tesebut. Tanyakan apa saja yang bisa kita jadikan patokan dalam memilih serta mempersiapkan hal-hal yang harus ada

Lihat keuangan keluarga kita ya. Kalau kondisi keuangan keluarga sedang tidak bagus tidak usah memaksanakan diri masuk perguruan tinggi yang tarif masuknya seabrek. Pilih saja PT yang murah, atau kalau perlu menyediakan banyak beasiswa. Sekarang ada Beasiswa Bidik Misi untuk calon mahasiswa berprestasi yang tidak mampu. Pantau terus gimana cara mendapatkannya.

Jangan menyerah pada keadaan. Gali terus informasi, banyak bertanya pada yang telah berpengalaman, pasti kita menemukan jalan yang akan membawa mimpi kita menjadi kenyataan.

Semoga tips sederhana ini bisa jadi masukkan buat rekan-rekan yang akan melanjutkan pendidikan kejenjang perguruan tinggi maupun yang lagi bingung memilih jurusan apa yang bakal dipilih nantinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


Get Widget