Tips Mudah dalam Menabung agar Terkumpul 50 Juta Setahun

Punya target memiliki tabungan Rp50 juta dalam setahun? Gampang, ikuti saja tips mudah dalam menabung. Asalkan konsisten dan disiplin melakukannya, bukan cuma uang tabungan Rp50 juta, tapi Rp100 juta atau lebih mudah untuk dikumpulkan.

Kali ini PortalSemarang bakal kasih beberapa trik jitu agar keinginan itu bisa cepat terlaksana.

1. Nabung Uang 50 Juta Setahun

Iya sih maksud punya tabungan Rp50 juta itu dalam bentuk tabungan uang kan? Nah, kalau cara nomer satu ini biasa saja. Kamu harus menabung di awal bukan di akhir.

Kalau kamu ingin punya tabungan Rp50 juta setahun berarti setidaknya kamu perlu menabung sekitar Rp4,25 juta per bulannya.

Karena target menabung sebulan dalam angka tersebut, berarti penghasilanmu harus lebih dari angka itu dong.

Tapi yang perlu kamu waspadai juga biasanya semakin besar penghasilan, maka pengeluaran pun akan meningkat. Oleh karena itu kamu perlu disiplin diri dan jangan sampai membiarkan gaya hidupmu meningkat. Cukup hidup sederhana sewajarnya biar impianmu untuk bisa punya tabungan Rp50 juta itu tidak sampai melayang.

Okelah anggap kamu punya pendpaatan Rp6 juta per bulan. Jika ditabung Rp4,25 juta, maka kamu harus bisa hidup dengan uang Rp1,75 juta per bulan.

Possible? Mungkin banget. Jika biaya hidup untuk makan dan lain-lain taruhlah kamu anggarkan Rp50 ribu per hari, maka dalam sebulan angka Rp1,75 juta itu memadai.

Yes, ingat untuk mencapai sesuatu itu butuh pengorbanan. Inget goal yang kamu ingin capai di depan.

Selebihnya tidak ada trik lain, tinggal tingkat kedisiplinan kamu aja yang bakal menentukan apakah target tabungan Rp50 juta setahun itu bisa tercapai atau tidak.

Lalu bagaimana seandainya penghasilan kamu kurang dari Rp4,25 juta per bulan? Ya carilah penghasilan tambahan. Bisa dengan mulai bisnis sampingan atau cari pekerjaan tambahan.

Gitu doang kira-kira-kira tips menabung uang.

2. Nabung Tanah

Maksudnya, kamu beli tanah yang kamu perkirakan nanti peningkatannya dalam setahun bisa mencapai Rp50 juta.

Iya, memang yang ini perlu modal dan perlu kejelian dalam menganalisis peningkatan sebuah lahan yang dijual. Tapi ini juga cara yang terhitung cepat untuk melipatgandakan uang.

Taruhlah anggap sebidang tanah yang kamu incar diperkirakan nilainya akan naik 20% dalam setahun. Berarti paling tidak total luas yang kamu eksekusi nilainya adalah Rp500 juta.

Ya begitu memang angkanya. Memang perlu modal juga.

Tapi seandainya modal yang kamu miliki sekarang belum mencapai angka segitu, ya nggak apa-apa untuk menurunkan target tabungan tanahmu. Yang penting kamu mulai berinvestasi. Itu intinya ya.

3. Menabung Saham

Ini juga bisa kamu coba. Tapi ingat resikonya jelas lebih besar dibanding kamu menabung di tabungan saham. Seperti kata pepatah, makin besar potensi gain yang didapat, maka makin besar juga risk-nya.

Pertama kamu perlu tahu ilmu saham. Setelah itu mulai deh untuk berinvestasi pada saham-sama yang kamu perkirakan akan cuan dalam 1 tahun mendatang.

Lakukan hal itu rutin per bulan. Kmau bisa hitung potensi kenaikannya sesuai target tabungan 50 juta per tahun itu. Kumpulin terus baru deh pada akhir tahun nanti kamu bisa putuskan mau dijual sahamnya atau tidak.

Tapi seperti sebelumnya dijelaskan, ingat ada resikonya. Bisa saja bukan Rp50 juta yang didapat tapi ambles semuanya, hilang nggak berbekas. Tapi ya nggak masalah sih bagi investor sejati.

Kalau kamu ragu untuk melakukannya, mending jangan. Pilih cara menabung uang atau menabung tanah aja.

Sudah, sekian dulu. Bersambung lagi kapan-kapan ya 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.