Tips Menentukan Jenis Sabun Mandi untuk Kulit Sensitif

sabun mandi

Sabun mandi merupakan kebutuhan kita sehari-hari. Sebab kulit merupakan bagian tubuh yang harus diperhatikan. Permukaan kulit tiap orang bisa memiliki sifat yang berbeda. Ada yang berminyak, ada yang kering, ada pula yang sensitif.

Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengenali jenis kulit sebelum menentukan perawatan untuk membersihkannya. Sabun adalah salah satu cara membersihkan kulit yang umum digunakan saat mandi. Ada beragam pilihan sabun mandi yang dapat dipilih tergantung kebutuhan.

Pentingnya Sabun untuk Mandi

Coba bandingkan ketika mandi dengan air saja dengan mandi menggunakan sabun dan air. Pasti tubuh akan terasa lebih nyaman ketika menggunakan sabun bukan? Hal ini dikarenakan sabun bermanfaat untuk membersihkan tubuh dari kotoran.

Namun, sebaiknya pilihlah jenis sabun yang sesuai kondisi kulit supaya hasil perawatannya berbuah hasil. Jangan hanya memastikan kebersihannya saja, melainkan membuat kulit lebih sehat, indah, dan lembut tentunya. Terutama bagi para wanita yang begitu memperhatikan penampilannya.

Sabun untuk Kulit Sensitif

Kesalahan yang sering dilakukan banyak orang adalah sering membeli produk sabun setelah menonton iklan televisi. Padahal, khasiat yang diberikan belum tentu berhasil jika diterapkan pada kulit Anda. Apalagi jika kondisi kulit cenderung sensitif, kering, atau berminyak. Nah, bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, harus berhati-hati saat memilih sabun. Hal ini karena kulit sensitif akan mudah teriritasi apabila produk kecantikannya banyak mengandung zat kimia. Untuk itu, pastikan sabun Anda mengandung bahan alami dan memberikan efek relaksasi pada kulit.

Sebagai saran, pilihlah kandungan sabun yang terdapat lidah buaya, vitamin E, cocoa butter, dan chamomile karena dipercaya mampu menenangkan kulit. Pastikan pula jangan ada pewangi pada sabun untuk kulit sensitif.

Cara Menentukan Jenis Sabun Kulit Sensitif

Sabun Batangan

Sabun batangan merupakan salah satu jenis sabun mandi yang mengandung sodium hidroksida. Kandungan inilah yang efektif untuk membersihkan tubuh dari kotoran, terutama yang bersifat asam. Meski begitu, tak jarang dari pengguna sabun batangan yang merasa kulitnya menjadi lebih kering. Hal itu wajar karena bahan aktif sabun batangan bersifat membuat kulit kering.

Sebagai saran, ketika Anda memiliki kulit sensitif dan terbiasa menggunakan sabun batangan, pilihlah jenis sabun yang tidak mengandung alkali terlalu tinggi. Sebab, alkali ini mengakibatkan iritasi dan kulit menjadi kering. Berbeda dengan sabun batang dengan emolien tinggi malah berkhasiat untuk menjaga kulit lebih lembab.

Sabun Cair

Dibandingkan dengan sabun batangan, jenis sabun cair merupakan salah satu sabun mandi favorit karena mudah dan praktis digunakan. Hanya tinggal dituangkan, seluruh badan sudah penuh dengan busa dan wangi.

Seperti halnya sabun batangan untuk mandi, sabun cair ini berfungsi untuk membersihkan kotoran pada tubuh. Selain itu, sabun ini juga mengandung pelembab seperti petrolatum yang berfungsi untuk menjaga kelembutan kulit. Apalagi jika Anda menggunakan jenis sabun cair dengan label moisturizing, maka akan lebih baik khasiatnya bagi Anda yang memiliki kulit kering dan sensitif.

Shower Gel

Memang secara fisik shower gel sama dengan sabun cair karena berbentuk cair. Namun, kedua sabun ini memiliki perbedaan berupa tekstur shower gel yang lebih kental dan juga lebih banyak mengandung pewangi.

Sayangnya, bagi Anda yang berkulit sensitif tidak disarankan untuk tidak memilih jenis sabun dengan banyak pewangi karena berakibat iritasi maupun radang. Maka, rekomendasi shower gel lebih cocok untuk kulit berminyak.
Nah, itulah tips menentukan sabun mandi bagi kulit sensitif. Sudahkah Anda memutuskan pilihannya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.