Tips Membeli Apartemen untuk Investasi

Kebutuhan akan hunian memang semakin tinggi, seiring dengan pertambahan populasi penduduk dan peningkatan pendapatan. Salah satunya adalah permintaan besar atas apartemen, belakangan minat pencarian untuk membeli apartemen dijual semakin meningkat. Apalagi bagi mereka masyarakat yang tinggal di perkotaan.

Karena minat pencarian yang tinggi, tak heran supply atau pasokan apartemen di kota-kota besar cukup besar, berdasarkan data dari Colliers Indonesia diperkirakan nanti pasokan apartemen di Jakarta hingga tahun 2020 nanti mencapai 59.968 unit, yang terdiri atas 25.410 unit pada tahun 2018 kemudian 20.234 unit tahun 2019 dan 14.324 unit pada tahun 2020.

Namun, bagi Anda yang tertarik untuk membeli apartemen, tentu ada banyak hal yang harus diperhatikan, apalagi bagi mereka para investor yang mencoba peruntungan mendapatkan keuntungan dari apartemen.

Nah, bagi Anda yang berencana untuk membeli apartemen untuk investasi, berikut ini adalah beberapa tipsnya.

Mengetahui reputasi pengembang apartemen

Hal ini penting guna mendapatkan apartemen terbaik. Karena pengembang yang baik pasti telah mendapat kepercayan masyarakat. Terbukti dari pelayanan prima dan apartemen yang banyak diminati orang.

Fasilitas Pendukung yang Memadai

Fasilitas yang memadai tentunya menjadi orang, ketika memilih apartemen. Apalagi memilih apartemen di kawasan premium atau kawasan segitiga emas apartemen. Fasilitas yang diberikan tak hanya di dalam apartemen, tapi juga di luar apartemen. Fasilitas di dalam apartemen, seperti kolam renang, laundry, salon, minimarket, fitness centre dan sebagainya. Sistem keamanan juga tersedia, seperti CCTV, satpam, alat pemadam kebakaran, tangga darurat, lift dan sebagainya. Tentunya berbagai fasilitas tersebut disesuaikan dengan banyaknya menara dan unit apartemen. Jika terdapat lima menara, tapi hanya ada satu kolam renang pasti kurang nyaman.

Fasilitas pendukung di luar apartemen juga tak kalah penting. Seperti tempat hiburan, rumah sakit, rumah sakit, perkantoran atau tempat usaha,dan sarana pendidikan dan olahraga. Semakin komplit fasilitas dan kemudahan dalam mengaksesnya akan membuat Anda semakin nyaman dan betah. Karena semua kebutuhan telah tersedia. Lebih dekat, jadi tak perlu menghabiskan banyak waktu dan tenaga.

Perhatikan Jumlah Unit Apartemen dan Menara

Semakin banyak unit dan menara kecil dalam satu lantai, besar kemungkinan akan diborong investor. Jadi buka end user yang akan tinggal disana. Karena investor bisa memborong dua hingga tiga unit sekaligus. Jika bangunan apartemen belum selesai, tapi banyak unit yang yang dijual lagi. Kemungkinan besar pembelinya adalah seorang spekulan.

Pilih Apartemen yang Digemari Ekspatriat

Apartemen yang digemari ekspatriat biasanya tingkat hunian sangat tinggi. Kebanyakan bule memilih apartemen yang berfasilitas memadai, bangunan yang bagus dan pelayanan seperti hotel bintang lima. Selain itu mereka lebih menyukai yang unit apartemennya sedikit, bebas bau asap makanan, bersih, tenaga dan bangunan tidak menyatu dengan mal.

Kebanyakan ekspatriat yang telah menikah lebih memilih apartemen dengan dua atau tiga kamar. Selain itu, lokasinya dekat dengan tempat kerja, rumah sakit dan sekolah. Sedangkan ekspatriat yang masih single, biasanya lebih nyaman tinggal di dekat tempat kerja dan pusat hiburan. Bagi ekspatriat yang berasal dari Taiwan, Korea dan India biasanya nyaman tinggal di apartemen yang menyatu dengan mal. Selain itu, dekat dengan gerai makanan, tempat karaoke, bar dan bioskop.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.