Tips Belajar Bahasa Inggris dengan Mudah, Murah dan Berkualitas Tinggi. Oleh Agung Nugroho, S.Pd., M.Ed.

Bahasa Inggris, bukan rahasia lagi, adalah bahasa utama di muka bumi ini dalam kurun waktu puluhan tahun terakhir. Hampir semua manusia di berbagai belahan bumi ini menggunakan bahasa ini untuk melakukan komunikasi antara satu dengan yang lain. Karena pentingnya bahasa ini dalam segi kehidupan manusia, setiap orang berupaya untuk mempelajari bahasa ini dari sejak mereka berada di bangku sekolah hingga setelah mereka menjadi insan profesional.

Namun, terkadang waktu belajar yang lama tersebut tidak berbanding lurus dengan kemampuan bahasa yang mereka miliki. Banyak dari  mereka yang masih menemui kesulitan untuk berkomunikasi dengan menggunakan “Lingua Franca” ini. Beberapa dari mereka bahkan masih tidak bisa sama sekali untuk memahami bahasa tersebut.

Apabila ketidak mampuan berbahasa Inggris itu terus berlangsung, maka mereka akan mengalami kesulitan dalam mengembangkan segi kehidupanya masing masing baik dalam hal pendidikan, profesi maupun pengembangan kinerja. Contoh ringan dari kesulitan dalam hal mengembangkan segi pendidikan adalah banyaknya calon mahasiswa baik S2 maupun S3 di Indonesia yang notabene memiliki kemampuan akademik yang sangat bagus namun tidak bisa melanjutkan mimpi mereka untuk studi lanjut ke luar negeri karena keterbatasan kemampuan bahasa Inggris yang mereka miliki.

Dalam dunia profesi, banyak para pencari kerja di Indonesia yang memiliki kecakapan atau skill yang bagus namun tidak bisa bekerja di perusahaan yang bonafit ataupun internasional karena tidak memiliki kecakapan komunikasi bahasa Inggris yang baik. Ada juga para profesional yang mengalami kendala kenaikan jabatan di suatu institusi atau organisasi karena nilai TOEFL atau IELTS mereka belum memenuhi syarat.

Tak sedikit pula para pengusaha yang memiliki omset tinggi di dalam negeri namun menghadapi masalah untuk melebarkan sayap ke luar negeri karena tidak bisa mengkomunikasikan bisnis mereka ke pelanggan asing.

Dengan latar belakang tersebut, Artikel ini menawarkan cara belajar bahasa Inggris yang mudah dan murah namun dapat menghasilkan kemampuan bahasa Inggris yang berkualitas tinggi.

Walaupun tips-tips ini berasal dari pengalaman pribadi dan pendapat beberapa ahli, tingkat keberhasilan akan bervariasi sesuai dengan kemampuan awal, seberapa sering latihan yang dilakukan dan seberapa tepat pemilihan materi yang dilakukan oleh masing masing orang yang ingin menjalankanya.

1.    Cari buku- buku yang berkaitan dengan bahasa Inggris

Tak dapat dipungkiri bahwa buku adalah sarana utama untuk belajar bagi kebanyakan orang di Indonesia. Walaupun dewasa ini keberadaan buku mulai berkurang karena semakin banyak orang mengguanakan e book, smart phone,  laptop dan note book, namun untuk belajar cara hemat media inilah yang paling disarankan. Adapun buku- buku yang wajib dimiliki oleh oarang yang ingin belajar bahasa Inggris adalah buku English Conversation, Indonesian-English Dictionaries dan English Grammar.

Baca dan artikulasikanlah kosa kata, percakapan dan latihan- latihan dalam buku tersebut beberapa jam dalam satu hari dan rasakan perbedaan kemampuan bahasa Inggri kalian dalam tempo 2 minggu sampai 1 bulan. Jika perkembangan belum terlalu terasa, maka tingkatkanlah jumlah jam dalam sehari dimana anda harus berlatih menggunakan buku- buku tersebut.

2.     Cari partner berbahasa Inggris

Belajar bahasa akan sangat effektif apabila kita memiliki partner untuk berbagi dan saling memberikan ilmu. Dengan adanya partner berlatih, kita akan memiliki sarana untuk mempraktekan apa yang kita pelajari dari buku yang kita miliki. Kita juga bisa secara langsung mengartikulasikan dan saling memberikan respon dari setiap kata dan kalimat yang kita buat.

Partner berlatih juga memiliki salah satu fungsi utama dalam belajar bahasa Inggris yaitu adanya seseorang yang selalu mengingatkan kita untuk berlatih dikala kita mengalami suatu kebosanan dan kejenuhan dalam belajar. Satu hal yang harus di ingat ketika kita memilih partner berlatih adalah memastikan bahwa mereka memiliki kesamaan tujuan, kemauan dan ketersediaan untuk sama- sama berlatih berbahasa Inggris.

3.     Pilih tempat kursus yang sesuai dengan budget dan kemampuan awal

Memilih tempat untuk kursus belajar bahasa Inggris harus lebih banyak berdasarkan pada fungsi dan efektifitas, bukan gengsi dan nama besar institusi. Kita harus dengan bijak menilai seberapa jauh kemampuan kita, seberapa butuh kita dengan layanan pengajaran yang mereka ajarkan dan berapa budget yang harus kita keluarkan. Yang dimaksudkan dengan fungsi dan efektifitas adalah sebuah ibarat kemampuan bahasa Inggris kita dari level 1 sampai dengan 10 dengan dibandingkan dengan sebuah kualitas dan harga sebuah bimbingan belajar yang berlabel A sampai D.

Apabila kita dengan jujur menilai kemampuan kita berada di level dibawah 5 maka kita hendaknya memilih sebuah bimbingan belajar yang berkriteria D atau C. Hal ini akan menjadi sia- sia jika kita tetap memaksakan untuk belajar di institusi yang ber label A dan B karena kita belum tentu sanggup mencerna apa yang di ajarkan di institusi itu. Dengan membayar sejumlah uang dengan nilai selangit namun kita tidak bisa memanfaatkanya dengan maksimal, kita akan melakukan tindakan pemborosan yang tidak perlu.

Kita baru akan di anggap effektif apabila secara jujur kita sudah mendapati nilai kemampuan kita berbahasa Inggris di atas level 7 dan kita sengaja memilih institusi yang bonafit dan berlabel A tersebut. Dengan level kemampuan seperti itu, kita akan cenderung mampu untuk berlatih  dan menyerap materi secara maksimal yang akan bermuara pada optimalnya hasil yang kita dapat.

4.    Gunakan media musik dan film

Untuk menambah variasi dalam belajar bahasa Inggris, gunakan lah media music dan film yang berbahasa tersebut. Dua hal itu akan melatih kita untuk menyimak dengan baik dan memberikan kita tambahan pengetahuan mengenai bagaimana harus merespon pertanyaan, pendapat, sindiran, ajakan dan lain sebagainya. Music dan film juga dapat mengusir rasa bosan atau jenuh dalam belajar. Di samping itu, kedua media tersebut memiliki banyak hal yang bisa dijadikan referensi untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris kita.

Beberapa contoh skill atau keahlian bahasa Inggris yang dapat meningkat melalui penggunaan media tersebut adalah Listening (dengan mendengarkan berbagai macam, kata, frase dan kalimat), reading (dengan melihat apapun yang tertulis di dalam music maupun film tersebut) dan Speaking (dengan menyimak percakapan yang terjadi di dalam film). Sedangkan satu skill atau keahlian lain yaitu Writing tidak terlalu terpengaruh dari media tersebut.

5.     Sugestikan ke diri sendiri bahwa anda bisa

Salah satu cara yang mungkin terdengar sepele namun memiliki daya pembeda yang sangat kuat adalah sugesti. Dalam upaya mendapatkan hasil optimal dalam mempraktekan apa yang kita pelajari dalam bahasa asing ini, kita harus pandai meyakinkan diri kita sendiri bahwa kita bisa dan mampu untuk berbicara dan berkomunikasi dengan bahasa tersebut.

Dengan kepercayaan diri yang tinggi, segala sesuatu yang kita pelajari akan terasa mudah dan dalam mempraktekan skill berbahasa mulai dari Listening, reading, speaking sampai writing pun akan terasa lancar.

6.    Pelan boleh, berhenti jangan

Dalam belajar bahasa Inggris, setiap orang akan memiliki kecepatan yang berbeda dalam hal memahami dan mempraktekan apa yang mereka pelajari. Namun yang membedakan antara orang yang akhirnya mampu berbahasa Inggris dengan baik dan yang gagal adalah daya tahan mereka dalam menempuh durasi belajar.

Banyak yang akhirnya menyerah dan berhenti berlatih karena merasa tidak mengalami perkembangan selama belajar. Hal tersebut merupakan tantangan utama dalam belajar bahasa asing ini, banyak orang yang mau memulai namun banyak pula yang berhenti di tempat. Dan ketika mereka menyadari betapa pentingnya bahasa Inggris ini untuk kehidupan mereka di masa datang, mereka akan mulai lagi dari awal untuk mempelajarinya. Dan itu akan menjadi boomerang bagi mereka sendiri.

Untuk menghindari rasa ingin menyerah dalam belajar tersebut, kita harus menanamkan slogan “Pelan boleh, Berhenti Jangan”. Apabila slogan itu sudah ada dalam diri kita, keberhasilan untuk mampu berbahasa Inggris hanya tinggal menunggu waktu.

7.     Jika sudah mulai bisa, pertahankan dan tingkatkan

Sebuah istilah yang sangat terkenal dalam bahasa Inggris adalah “If you do not practice it, you will lose it”. Bahasa adalah ilmu ketrampilan sehingga tanpa dilatih, kemampuan akan lambat laun berkurang atau menghilang. Jadi apabila kita sudah sdeikit demi sedikit mampu berkomunikasi dengan bahasa ini, maka tetaplah berlatih untuk mempertahankan dan tetaplah belajar untuk meningkatkanya.

8.    Cari dan bergabunglah dengan organisasi pemuda internasional

Banyak orang datang ke saya untuk menanyakan bagaimana cara untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mereka. Salah satu yang sangat saya sarankan adalah mencari organisasi kepemudaan yang beranggotakan pemuda atau orang dari berbagai negara. Organisasi itu biasanya dapat ditemukan di universitas, institusi sosial dan NGO. Dengan bergabung dengan organisasi tersebut, kita akan mendapatkan banyak kesempatan untuk melatih dan mengembangkan kemampuan bahasa Inggris kita. Hal tersebut karena dengan banyaknya variasi latar belakang negara dari para anggota organisasi tersebut, mereka akan mengguanakan bahasa yang sama yaitu bahasa Inggris.

9.    Jika sudah lancar, pilih aksen atau logat yang standar dan diterima

Tips yang terakhir dalam artikel ini merupakan saran untuk menyempurnakan kemampuan berbahasa Inggris bagi yang sudah terhitung fasih. Secara tidak langsung saya menghimbau siapapun yang berkeinginan untuk belajar bahasa Inggris untuk tidak mempertahankan logat dari negaranya masing masing. Hal tersebut karena dari berbagai pengalaman pribadi dan kolega yang kebetulan belajar di luar negeri logat yang tidak standar akan menyulitkan bagi mereka yang ingin menyatu dengan lingkungan sekitar (negara yang berbahasa Inggris seperti Amerika, Britania Raya dan Australia).

Rekan- rekan yang fasih berbahasa Inggris dan belajar di Australia contohnya, mereka yag masih berbicara dengan logat Indonesia cenderung memiliki lebih sedikit teman atau koneksi dengan orang lokal dibandingkan dengan mereka yang bisa berbicara dengan logat lokal. Walaupun tidak bisa secara gamblang disimpulkan seperti itu, namun beberapa fakta membuktikan orang Australia asli (terutama yang masih muda) lebih memilih untuk berteman dengan orang yang memiliki logat sama, mirip dengan mereka atau setidaknya berkemampuan untuk berbicara bahasa Inggris dengan “Received Pronunciation” atau yang dikenal dengan pelafalan yang terstandar.

Untuk itu, saya sarankan agar anda memilih satu logat bahasa Inggris dari salah satu dari ketiga negera tersebut (Amerika, Inggris atau Australia) dan berusaha untuk membiasakan diri memakainya. Jika anda berhasil mempelajari logat tersebut dan mampu mempraktekan kemampuan bahasa Inggris anda, maka anda dapat dengan bangga mangatakan bahwa kemampuan bahasa Inggris anda berkualitas tinggi.

Demikian beberapa tips yang bisa dilakukan untuk belajar bahasa Inggris dengan mudah dan murah. Apabila tips- tips tersebut dilakukan dengan penuh komitmen dan kemauan yang tinggi, maka hasilnya pun akan sangat memuaskan. Dengan tingginya kualitas bahasa Inggris yang dimiliki seseorang, pintu dunia akan terasa sangat terbuka untuk mengembangkan diri dan meraih kesuksesan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi semua yang berkeinginan untuk memiliki kemampuan bahasa Inggris yang tinggi.

Selamat Mencoba dan Mempraktekan,

Agung Nugroho, S.Pd., M.Ed
Graduate of Master of education University of Canberra
Private English Lecturer
Manager of Make It Happen English Course
International Office
Semarang State University

12 Comments

  1. Ulum

    December 30, 2014 at 12:06 pm

    Thank you Mr. Nugroho
    You’re the best english trainer when I was having preparation to go to Russia and Argentina.
    Let’s try them.

  2. Udin

    December 30, 2014 at 12:09 pm

    My dream to be a super hero

  3. dwi harjono

    December 30, 2014 at 12:14 pm

    “If you do not practice it, you will lose it” …….i like this

  4. Ilham Hartono

    December 30, 2014 at 12:17 pm

    Luar biasa pak Agung. tipsnya akan saya coba praktekan.
    Saya yakin kalau saya belajar langsung dari anda, saya akan bisa berbahasa Inggris dengan baik.

    Terima kasih.

  5. Cyntia Kusumawati

    December 30, 2014 at 12:21 pm

    Thanks Mr Nugroho. Tipsnya masuk akal sekali.

  6. Muhammad Hafiz maulana

    December 30, 2014 at 12:23 pm

    Assalamualaikum pak Agung,
    Terima Kasih tipsnya.
    Besok kalau ada waktu ngajar di pesantren saya pak. biar kakang kakang disini juga bisa bahasa Inggris

    Wassalam

  7. Aris Tiyanto

    December 30, 2014 at 12:35 pm

    Amazing,,,, Mas Agung
    Make dream come true,,,,

  8. A.L.

    December 30, 2014 at 6:37 pm

    Ini hasil tulisan kemarin mas?? 😮
    Wow..
    Semoga banyak manfaatnya ya termasuk aku. Hihihi..
    Lanjutkan~ 😀

  9. Rudi Salam

    January 2, 2015 at 3:35 am

    Anak muda yang cerdas, yang mampu memberi inspirasi bagi anak muda seusianya, yang sudah berpaengalaman sampai negeri kanguru dalam menimba ilmu…sukses selalu untuk mas agung semoga akan muncul Agung-Agung selanjutnya yang akan mengguncang dunia

  10. Agung Nugroho

    January 2, 2015 at 3:52 am

    Luar Biasa Mas Mas dan mbak mbak. Saya sangat senang dapat response, masukan dan feedback ini.
    Silahkan segera anda praktekan. Cheers

  11. Jack Sada

    August 16, 2015 at 1:29 pm

    Luar biasa tips, yang mudah utk diterpakan. Maturnuwun sangat Mas!

  12. oktisa

    August 11, 2016 at 2:01 am

    Saya menyukai artikel anda, terima kasih

    ST3 Telkom

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.