Tips Ampuh Jaga Lingkungan Bersih dan Sehat

Lingkungan bersih dan sehat merupakan idaman setiap orang. Oleh karena itu, kebersihan lingkungan harus selalu dijaga kapan pun dan dimana pun. Pasalnya, jika lingkungan ini bersih maka Anda pun yang tinggal di lingkungan itu akan merasa nyaman. Terlebih, juga lingkungan ini akan menyehatkan Anda. Lingkungan bersih dan sehat memang menjadi faktor utama dalam setiap aspek kehidupan manusia setiap hari.

Bukan tanpa alasan, lingkungan sendiri adalah faktor utama dari kenyamanan dan kesehatan tempat tinggal. Jika lingkungan bersih, sudah dipastikan lingkungan juga sehat. Maka dari itu, baik orang dewasa atau anak-anak maupun mereka yang tinggal di kota atau desa wajib untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan tak hanya lingkungan rumah tapi juga sekitar.

Jaga Lingkungan Sekitar Anda

Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk menjaga agar lingkungan bersih dan sehat. Tentunya, lingkungan yang bersih ini akan menunjang segala aktivitas Anda dan membuat Anda akan senantiasa merasa betah. Maka dari itu, menyimak cara menjaga lingkungan agar tetap bersih dan sehat ini wajib untuk Anda perhatikan dengan sangat baik dan diterapkan.

1. Kebersihan Rumah

Hal paling utama yang bisa Anda lakukan untuk selalu menjaga lingkungan adalah dengan memerhatikan kebersihan rumah dan halaman Anda. Hal ini karena kebersihan rumah adalah hal yang penting untuk selalu dijaga. Anda pun bisa membersihkan rumah sebanyak dua kali sehari setiap pagi dan sore dengan cara menyapu area rumah dan halaman secara rutin.

2. Kelola Sampah

Selanjutnya yang bisa Anda lakukan agar lingkungan bersih dan sehat adalah mengelola sampah. Anda bisa mulai untuk memisahkan mana sampah organik dan anorganik yanga ada di rumah Anda. Dengan memisahkan sampah ini, dapat membantu Anda untuk mengurangi polusi dan penumpukan sampah yang ada di rumah.

Untuk sampah organik seperti daun atau sampah dari tanaman dapat Anda timbun di dalam tanah atau dijadikan kompos. Berikutnya, untuk sampah anorganik dapat Anda pilah kembali menjadi sampah yang dapat didaur ulang atau tidak. Dengan demikian, Anda pun dapat mendaur ulang sampah tersebut menjadi barang yang dapat dipakai kembali.

Anda pun juga dianjurkan untuk tidak menimbun sampah anorganik ke dalam tanah karena dapat mencemari tanah dan membuat lingkungan tidak sehat. Hal lain yang dapat Anda lakukan agar lingkungan bersih dan sehat adalah dengan memerhatikan saluran air yang ada di lingkungan tempat tinggal Anda saat ini.

3. Bersihkan Saluran Air

Mulailah untuk rajin membersihkan saluran air dan jangan buang sampah pada saluran air. Pasalnya, saluran air juga menjadi salah satu faktor penting dari lingkungan bersih dan sehat. Jika saluran air Anda bersih, maka kuman dan bakteri penyebab penyakit seperti diare dan nyamuk demam berdarah pun tidak akan ada di dalam saluran air lingkungan Anda.

4. Kurangi Pemakaian Plastik

Namun yang terpenting saat ini, Anda wajib untuk memulai mengurangi penggunaan sampah plastik. Sampah plastik sendiri merupakan kategori sampah yang sulit terurai. Dengan mengurangi sampah plastik, maka Anda pun sudah melakukan cara menjaga agar lingkungan bersih dan sehat. Hal ini pun juga yang saat ini tengah digalakkan oleh Rinso.

Mengapa tidak? Rinso kini aktif mengajak seluruh masyarakat Indonesia dalam inisiatif Yuk Mulai Bijak Plastik. Kampanye ini adalah untuk mengurangi penggunaan plastik yang dapat nantinya akan menjadi sampah plastik yang sulit terurai. Mulai sekarang, gunakan bahan yang dapat didaur ulang untuk kembali untuk mengurangi penumpukkan sampah plastik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.