Tips Agar Lancar Haid

Menstruasi bisa jadi sesuatu yang menegangkan, menyebalkan bagi sebagian wanita. Ada yang merasakan sakit perut, sakit punggung, kram, pegal-pegal hingga linu-linu selama datang bulan. Namun, ada yang lebih menyebalkan lagi, yaitu apabila menstruasi anda tidak lancar datang setiap bulan.

Sebagian wanita memiliki siklus mentruasi 28 hari atau 30 hari. Apabila siklus menstruasi lebih dari ini, maka bisa dikatakan ada masalah. Banyak orang kemudian mencari cara agar menstruasi mereka lancar. Terutama, mereka yang pernah menggunakan alat kontrasepsi. Nah, apa saja tips lancar datang bulan?

Pertama, makan pepaya setengah matang

Pepaya yang masih ranum dianggap bisa memperlancar aliran darah menstruasi sekaligus membantu otot-otot rahim berkontraksi. Minum jus pepaya muda secara teratur selama beberapa bulan sekaligus dan lihat hasilnya pada menstruasi anda. Ini tips melancarkan haid paling mudah, karena pepaya mudah didapatkan.

Kedua, kunyit

Kunyit adalah herbal yang sudah lama dipercaya bisa memperlancar menstruasi dan menyeimbangkan hormon. Kunyit memiliki agen anti-inflamasi dan anti-spasmodik yang bisa meredakan nyeri menstruasi. Konsumsi kunyit yang dicampurkan dengan madu atau susu selama beberapa minggu dan tunggu reaksinya pada tubuh anda.

Ketiga, lidah buaya

Lidah buaya bisa membantu mengatasi gangguan menstruasi tidak lancar secara alami dan memperbaiki ketidakseimbangan hormon. Namun, jangan konsumsi lidah buaya saat anda sedang menstruasi. Untuk hasil terbaik, ambil daging lidah buaya lalu campurkan dengan satu sendok teh madu. Minum di pagi hari sebelum sarapan setiap hari.

Keempat, jahe

Didihkan 2 gelas air, lalu masukkan 1 ruas jahe ke dalamnya. Rebus selama 5 menit dengan api kecil. Tambahkan sedikit gula, dan minum ini 3 kali sehari setelah makan. Jahe bisa membantu melancarkan dan terhindar dari penyebab gangguan menstruasi dan mencegah masalah ketidakseimbangan hormon.

Kelima, kayu manis

Kayu manis tidak hanya berkhasiat membantu menambah rasa makanan, tetapi juga berperan dalam memperlancar siklus menstruasi. Kayu manis juga memiliki efek menghangatkan badan. Ambil segelas susu hangat, tambahkan satu sendok teh kayu manis bubuk dan minumlah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.