Tim Pendaki Elbrus Sampai di Rusia

TIM pendaki Gunung Elbrush Mahapala Unnes, Selasa (9/8) pukul 14.20, tiba di bandara terbesar Russia, Domodedovo. Tim dijemput staf Dubes RI untuk Russia, Enjay Diana.

foto: elbrusphoto.com

Khaerul mengatakan, ketua panitia  kegiatan, menjelaskan di penginapan tim melakukan tukar informasi keindahan potensi pariwisata dan budaya Indonesia kepada beberapa tamu dari berbagai negara.

“Mas, kita berhasil mempromosikan pariwisata Indonesia kepada turis bule yang ada di hotel,” kata Miftakhul Ulum, salah satu anggota tim  via skype sebagaimana dikutip kembali oleh kepada Khaerul Hamzah

Keesokkan harinya, tim diajak berkeliling melihat-lihat kota Moskow oleh staf Kedubes, Enjay Diana. Setelah itu, mereka mengadakan pertemuan dengan Perhimpunan Mahasiswa Indonesia di Russia (Permira). Hadir ketua perhimpunan itu, Marten dan kawan-kawan.

Tim mendiskusikan kehidupan mahasiswa Indonesia yang menempuh studi di Russia, informasi schoolarship bagi pelajar Indonesia-Russia. Selain itu, digali data tentang konservasi lingkungan, baik di kampus maupun Russia.

“Penduduk Rusia cuma 145 juta, padahal  luasnya 10 kali lipat Indonesia. Jadi, ketersediaan lahan hijau sangat cukup dan mendapat perhatian pemerintah. Contohnya dalam penataan tata ruang kota, tidak ada rumah yang berdekatan dengan jalan raya. Harus berjarak minimal 100 meter dari jalan  dan jarak itu ditumbuhi tanaman-tanaman dan pohon-pohon peredam polusi. Ada juga danau baikal yang seluas Pulau Jawa. Airnya sangat jernih , tidak ada sampah,” tulis Miftakhul Ulum via email.

Pukul 19.30, tim dijamu Nugroho, Kepala Fungsi Politik KBRI Moskow. Tim menjelaskan tujuan mengadakan pendakian yang bertepatan dengan peringatan HUT ke-66 RI.

“Kami bangga menjadi pemuda Indonesia. Kami melakukan pendakian ini untuk menunjukkan rasa itu. Inilah salah satu kegiatan yang bisa kami lakukan sebagai aktivis pencinta alam. Selain mempromosikan potensi budaya dan pariwisata Indonesia , juga mencari informasi tentang pengelolaan SAR dan konservasi salah satu taman nasional yang paling banyak dikunjungi di dunia, Pre Mt. Elbrus Park,” tutur Manikmaya, ketua tim mengulang kata-kata yang disampaikan kepada Wakil Dubes saat jamuan resmi.

Kini tim sedang persiapan untuk terbang dari Moskow menuju Mineralyne Vody, kota terakhir untuk start pendakian. PortalSemarang.Com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.