Tiga Jalur Masuk Unnes

Terdapat tiga jalur masuk ke Universitas Negeri Semarang (Unnes), yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan SPMU. Rasio kuota masing-masing jalur adalah 55: 35: dan 10. Artinya, pada tahun ajaran tertentu, Unnes akan menerima 55 persen melalui jalur SNMPTN, 35 persen melalui SBMPTN, dan sisanya 10 persen melalu jalur SPMU.

SNMPTN adalah jalur seleksi nasional yang diikuti oleh seluruh perguruan tinggi negeri. Seleksi dilaksanakan secara nasional. Pendaftaran dilakukan siswa melalui sekolah masing-masing.

Pada jalur ini, penilaian didasarkan pada nilai rapor dan nilai Ujian Nasional (UN). Tidak ada tes tertulis pada jalur seleksi ini. Siswa tidak dikenakan biaya pendaftaran sama sekali. Pendaftaran dilakukan melalui laman snmptn.ac.id.

SBMPTN adalah jalur seleksi nasional tertulis. Jalur seleksi ini dilakukan setelah SNMPTN. Calon mahasiswa melakukan pendaftaran secara online melalui website sbmptn.ac.id. Masing-masing peserta dapat memilih dua program studi di universitas berbeda.

SPMU adalah jalur seleksi mandiri yang diadakan Unnes. Pada jalur ini, Unnes melakukan seleksi berdasarkan tes tertulis. Khusus untuk jurusan seni dan olahraga, Unnes juga memberlakukan tes praktik. Pada tahun 2014, tes masuk melalui SPMU dikenai biaya pendaftaran Rp200.000.

Melihat persaingan yang semakin ketat, para pendaftar sebaiknya mengetahui beberapa hal berikut. Pertama, kemungkinan besar Unnes hanya menerima calon mahasiswa dari pilihan pertama,

Kedua, dari tahun ke tahun Jurusan PGSD adalah jurusan yang paling banyak peminatnya. Setelah PGSD, ada Jurusan Matematika, Manajemen, Pendidikan Bahasa Inggris, dan Pendidikan Bahasa Indonesia.

Ketiga, ada beberapa program studi yang pada tahun-tahun lalu sepi peminat, yakni Ilmu Sejarah, Sastra Perancis, dan Sastra Jawa. Peta ketetatan per jurusan sangat menentukan diterimanya peendaftar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.