Terinspirasi Limbah LCD HP, 2Mahasiswa Undip Juara

KEMBALI mahasiswa Undip mengukir prestasi di ajang Inovasi dan Teknologi di acara Polines Inovation Technology Contest (PITC) 2012 dengan Tema “Be better with Inovatioan Technology”. Acara  yang diadakan pada tanggal 25-29 April 2012 mengantar Apriyan Tri Kusuma dan Rahardian Pratama Aji menjadi salah satu pemenang.

PITC adalah suatu kontes karya ilmiah yang terdiri dari 2 kategori yaitu pelajar SMA/SMK/ Sederajat (tingkat Jawa Tengah dan DIY) dan Kategori Mahasiswa (Tingkat NAsional). PITC sendiri salah satu acara dari seluruh rangkaian acara APEC Future Scientist Conference (AFSC) yang diselenggarakan di Gedung Bale Sindoro, PRPP Semarang.

Undip sebagai salah satu peserta dari 15 peserta yang ada mengangkat Judul mengenai “Pemanfaatan Limbah Elektronik (LCD Handphone) dalam Pembuatan DYE Sensitized Solar Cell (DSSC) sebagai Pembangkit Tenaga Listrik Ramah Lingkungan”. Judul inilah yang membawa 2 Mahasiswa Tekim yang masing-masing masih duduk di semester 4 dan semester 2 ini menjuarai ajang tersebut.

Apriyan menyampaikan bahwa tidak menyangka dapat menjuarai ajang ini, karena kompetitornya datang dari Universitas Besar dan bergengsi pula. Pesaing yang paling berat adalah Universitas Indonesia dan Universitas Gadjah Mada. Namun ternyata UI hanya menduduki peringkat ke-2 dan diperingkat ke-3 di peroleh Politeknik Negeri Malang.

“Berangkat dari ajang kompetisi PITC ini, rencananya nanti kami akan mengembangkan penelitian kami ini dengan menambahkan inovasi-inovasi baru lagi untuk ajang kompetisi lain yang lebih menantang,” jelas Rahardian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.