Teknik Mesin Unimus Kembangkan Teknologi Cetak 3D

PROGRAM Studi Teknik Mesin (PSTM) Fakultas Teknik Unimus tengah mengembangkan teknologi cetak 3 Dimensi (3D Printing – 3DP). Teknologi cetak 3DP yang dikembangkan adalah Laminated Object Manufacturing (LOM) atau proses pembuatan obyek yang dilaminasi.

Teknologi 3DP dikelompokkan berdasarkan bahan yang digunakan, yaitu berbasis bahan padat, bahan cair dan serbuk. LOM adalah teknologi 3DP berbasis bahan padat, dimana obyek dibentuk melalui penyusunan bahan yang berbentuk sheet atau lembaran disusun lapis demi lapis atau layer by layer sampai membentuk obyek 3D yang diinginkan.

Proses 3D diawali dari pembuatan model obyek melalui komputer, yaitu program Computer Assisted Design (CAD) seperti AutoCAD, Solidworks, serta program gambar yang memiliki fasilitas pembuatan model 3D dan bahkan Magnetic Resonance Imagery (MRI) yang digunakan untuk keperluan medis dan sebagainya. Kemudian setelah  pembuatan model via komputer selesai, obyek siap dicetak dengan menggunakan mesin cetak 3D.

Teknologi  cetak 3D ini memiliki keuntungan dibandingkan dengan proses produksi konvensional seperti proses pembubutan, frais, dan bahkan CNC yang membutuhkan ketrampilan khusus bagi operator. Pada proses cetak 3D ketrampilan yang dibutuhkan hanyalah pembuatan obyek pada komputer dengan menggunakan program CAD. Selebihnya proses akan ditangani oleh mesin cetak 3D.

Keuntungan  lainnya adalah penghematan waktu dan ketelitian produk yang dihasilkan yang tidak mungkin diperoleh dari teknologi manufaktur konvensional.

Aplikasi hasil cetak 3D ini dapat digunakan sebagai investment casting sampai dengan keperluan medis seperti rekonstruksi jaringan tulang untuk implantasi atau penggantian tulang yang rusak, gigi, sampai dengan komponen mesin yang berukuran sangat kecil tergantung pada resolusi pencetakannya.

Walaupun masih sederhana, PSTM FT Unimus melalui bidang konsentrasi peminatan desain dan manufaktur optimis untuk memulai penerapan teknologi 3D printing ini terutama untuk menambah wawasan dan obyek penelitian bagi mahasiswa dan dosen melalui Tugas Akhir.

Oleh karenanya PSTM FT Unimus sudah  mulai memberikan bekal bagi mahasiswa yang memiliki peminatan ke bidang manufaktur untuk menyambut dan berkompetisi di bidang teknologi manufaktur modern. PortalSemarang.Com

 

3 Comments

  1. Mr. X

    May 29, 2013 at 2:30 am

    Saya benci dengan copy paste posting tanpa mencantumkan sumber aslinya….terkesan tidak profesional…huekk..

    • akida

      June 7, 2013 at 2:26 pm

      emang yg asli sumbernya dr mna? syp dn kapan gan?

  2. akida

    June 7, 2013 at 2:25 pm

    yang nulis syapa ya gan? (MR. X)
    kok tau kalo “copas”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.