Taruna PIP Ikuti Seleksi Kadet PT Wintermar

SEBANYAK 15 taruna Jurusan Nautika dan 15 taruna jurusan Teknika Semester IV Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang mengikuti seleksi cadet perusahaan perminyakan nasional PT. Wintermar Offshore Marine, Tbk di Ruang Sidang Besar, PIP Semarang, Jum’at (24/6) tadi pagi.

Menurut Associate Director, Head of Crewing Department PT. Wintermar Offshore Marine, Tbk. Arif Budi Sayoga, seleksi cadet ini dilakukan dalam rangka mengembangkan sumber daya manusia pelaut untuk masa depan. Selain di PIP Semarang, seleksi cadet juga dilakukan di Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta dan PIP Makassar.

Dari seluruh peserta yang mengikuti seleksi, perusahaan akan mengambil 40 orang kadet, yang terdiri dari 20 orang taruna jurusan Nautika dan 20 orang jurusan Teknika. Tahapan seleksi dibagi menjadi 2 (dua). Pada Tahap I, materi yang diujikan meliputi tes tertulis pengetahuan dasar pelayaran, tes intelegensia (IQ) dan psiko test polas sikap. Tahap II di Jakarta, tes meliputi wawancara dan kesehatan.

Setelah mengikuti seluruh tahapan seleksi, kadet yang lolos seleksi akan mengikuti prola (project laut) selama 12 bulan.

“Rinciannya, mereka akan berlayar selama 6 bulan di salah satu kapal perusahaan, dievaluasi, lalu libur selama 2 minggu, kemudian berlayar lagi selama 6 bulan di kapal lain, setelah itu dilaksanakan evaluasi akhir. Bagi cadet yang hasil evaluasinya dinilai baik dan memenuhi kriteria akan mendapatkan ikatan dinas dari perusahaan,” kata Arif.

Arif menambahkan, para cadet yang lolos seleksi akan dibagi oleh perusahaan untuk tugas berlayar di wilayah Indonesia, Thailand, Vietnam dan Kakinada – India. Oleh perusahaan yang memiliki lebih dari enam puluh kapal ini para kadet juga akan mendapat fasilitas seperti halnya pelaut, termasuk asuransi dan juga diberikan uang saku. Para cadet yang  lolos seleksi akhir akan berlayar akhir Juli atau awal Agustus 2011 dan menyelesaikan program kerja pada akhir Juli atau awal Agustus 2012.  PortalSemarang.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.