Tangkal Radikalisme, Mahasiswa PPKn Adakan Seminar Pancasila

Mahasiswa Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) angkatan 2012 FIS Unnes menyelenggarakan seminar nasional bertema “Kewaspadaan Nasional: Pancasila dan Radikalisme”.

Menurut Ketua Panitia Ginawan Riyanto, seminar yang diselenggarakan Kamis (4/6) bertempat di C7 lantai 3 FIS dihadiri 359 peserta yang berasal dari berbagai kalangan, seperti mahasiswa Unnes, mahasiswa UPI, guru SMA, organisasi kemasyarakatan, dan masyarakat umum.

Hadir sebagai pembicara, Wakil Gubernur Akademi Militer Brigadir Jenderal Sudirman, S.H. dan Guru Besar Filsafat Pancasila UGM Prof. Dr. H. Kaelan, M.S. Dalam materi yang disampaikan, Brigadir Jenderal Sudirman mengatakan pentingnya kewaspadaan nasional dalam menghadapi fenomena gerakan radikalisme di Indonesia. Kewaspadaan nasional akan mampu mendeteksi, mengantisipasi sejak dini, dan melakukan aksi pencegahan berbagai bentuk dan sifat potensi ancaman terhadap NKRI.

Pemateri lain, Prof. Kaelan menjelaskan saat ini Pancasila ditenggelamkan dan dalam kenyataannya hanya sebatas rumusan verbal dalam Pembukaan UUD 1945, sedangkan realisasi normatif dan praksis justru mengagungkan dan mendasarkan pada filsafat liberal. Bukti kondisi tersebut adalah peranan negara yang semakin minim dan memunculkan radikalisme.

Menurut Prof. Kaelan, ideologi yang saat ini baik yang bersifat normatif maupun praksis sudah mengarah ke paham liberal, perlu sekali diadakan revitalisasi Pancasila. Strategi utama untuk revitalisasi Pancasila adalah dengan melalui pembudayaan kebenaran pengetahuan Pancasila secara objektif terutama di dunia pendidikan Indonesia.

Seminar nasional ini merupakan praktik Mata Kuliah Seminar PKn. Noorochmat Isdaryanto selaku dosen pengampu mengatakan tujuan praktik seminar ini adalah agar mahasiswa dapat mengetahui dan mempraktikkan kegiatan yang bersifat ilmiah. Kegiatan ilmiah yang dimaksud dapat berupa seminar, lokakarya, simposium, sarasehan, dan sebagainya.

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.