STIFAR – Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi Semarang

Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi (STIFAR) Semarang adalah perguruan tinggi bidang faramasi di bawah Yayasan Pharmasi. Stifar didirikan pada tanggal 10 Agustus 2000 dengan SK Dirjen DIKTI No. 154/D/O/2000.

Saat didirikan Stifar Semarang mempunyai 3 program studi dan 1 program profesi yaitu:
a. Program D-3 Analis Farmasi dan Makanan.
b. Program D-3 Farmasi
c. Program S-1 Farmasi
d. Program Pendidikan Profesi Apoteker.

Program Studi D-3 Analis Farmasi dan Makanan merupakan penyebutan lain dari Akademi Analis Farmasi dan Makanan yang telah berdiri sejak tahun 1966.Sedangkan Program D-3 Farmasi penyebutan lain dari Akademi Farmasi yang didirikan tahun 1998.

Program pendidikan profesi Apoteker merupakan kelanjutan dari program S-1 Farmasi yang akan bekerja pada bidang kefarmasian. Program ini berdiri pada 19 Januari 2004, yang ditandai dengan penandatangan perjanjian kerja sama Stifar Semarang dengan Universitas Gajah Mada sebagai universitas Pembina dan Ikatan Sarjana Farmasi Indonesia (ISFI)

Sesuai tujuan pengembangan lembaga di atas, Stifar berhak menyelenggarakan dua model pendidikan sekaligus, yakni pendidikan akadmik dan pendidikan profesional.

Pendidikan Akademik

Program pendidikan akademik yang diselenggarakan oleh Stifar Semarang terdiri atas Program Sarjana Farmasi, yang merupakan jenjang pertama program akademik. Program ini mempunyai beban studi 144 160 sks. Peserta didik dijadwalkan dapat menempuh dalam waktu sekurang-kurangnya 8 semester dan selama-lamanya 16 semester setelah pendididkan menengah atau transfer dari D III Kefarmasian.

Pendidikan Profesional

Program pendidikan professional yang diselenggarakan oleh Stifar Yayasan Pharmasi terdiri atas Program Diploma III dan Program Profesi

Program Diploma, mempunyai beban studi 110 – 120 sks, dijadwalkan sekurang-kurangnya 6 semester clan dapat ditempuh dalam 6 – 10 semester. Program Diploma yang ada di lingkungan Stifar Yayasan Pharmasi adalah Diploma III Analis Farmasi clan Makanan clan Diploma III Farmasi.

Program Pendidikan Profesi Apoteker, mempunyai beban studi kumulatif 20 – 40 sks, dijadwalkan sekurang-kurangnya 2 semester clan dapat ditempuh dalam 2-4 semester.

Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi (STIFAR) Semarang
Jl. Letjen. Sarwo Edhie Wibowo, Km1, Plamongansari, Semarang 50193
Telp.: 024- 6706147/6725272, | Website: www.stifar.ac.id

SEJARAH PROGRAM STUDI | KEUNGGULAN| PRESTASI | BIAYA KULIAH ARSIP BERITA

11 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.