Soal UTS MKU Bahasa Indonesia Rombel 3

Ujian Tengah Semester (UTS) MKU Bahasa Indonesia dilakukan untuk mengevaluasi perkuliahan. Melalui UTS ini mahasiswa dapat merefleksikan performa diri selama mengikuti perkuliahan dan dapat merumuskan cara agar performa ke depan lebih baik.

Bagi dosen, UTS ini bermanfaat sebagai bahan evaluasi terhadap mahasiswa agar bisa mengembangkan perkuliahan dengan lebih efektif sebagaimana tujuan perkuliahan. Pada akhirnya, kedua tujuan itu bermuara pada tercapainya tujuan perkuliahan.

Petunjuk:

  1. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan cermat.
  2. Tulislah jawaban Anda pada kolom komentar di bawah artikel ini dengan mencantumkan nama lengkap dan NIM.
  3. Waktu pengerjaan: 20.00 s.d. 21.30 WIB.

Pertanyaan:

  1. Apa manfaat yang Anda peroleh ketika mempelajari materi sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia?
  2. Apa manfaat yang Anda peroleh ketika mempelajari materi kesantunan berbahasa?
  3. Apa manfaat yang Anda peroleh ketika mempelajari ragam bahasa?
  4. Hal apa saja yang harus dipertimbangkan supaya seorang penulis dapat memilih kata dengan tepat saat menulis karya ilmiah?
  5. Bagaimana cara menyusun kalimat supaya menjadi kalimat efektif?
  6. Perbaikilah kalimat di bawah ini sehingga menjadi kalimat yang efektif:
    Pertarungan ekonomi antara Amerika terhadap China akan semakin berlangsung sengit karena Amerika dan China memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan punya rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.
  7. Susunlah sebuah paragraf yang baik tentang bidang keilmuan Anda sesuai dengan kriteria paragraf yang baik!
  8. Apa hal yang akan Anda lakukan agar keterampilan menulis Anda meningkat signifikan?

Selamat mengerjakan.

36 Comments

  1. Cinta Amalia Kasih

    October 20, 2016 at 1:29 pm

    Cinta Amalia Kasih (5401415076)

    1.Dalam mempelajari sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia saya mengehaui tentang asala sejarah bahasa Indonesia mulai dari bahasa melayu sebagai dasar lalu berkembang sebagai sebuah bahasa,mengerti nilai kesatuan yang terjadi dengan adanya bahasa Indonesia dan memperkuat persatuan yang ada.Perkembangan nya sendiri semakin tahu akan banyak kosakata bahasa Indonesia yang selama ini belum saya ketahui.

    2.menjadi dan dapat mengpraktekan bahasa Indonesia yang baik dan benar dan santun kepada teman,dosen maupun orang tua.Mendapatkan kesan yang lebih baik dilihat dari tutur berbahasa saya.

    3.Mengerti dan dapat menganalisa cara penulisan karya sastra,karya jurnalistik,undang-undang,dan karya ilmiah sehingga saya dapat menuliskan artikel-artikel tersebut dengan benar.Mengerti perbedaan ragam bahasa tersebut dan mengetahui diksi yang tepat dalam penulisan artikel tersebut.menerti kooirensi

    4.Orang yang ingin kita sampaikan kepada pembaca.
    Kesesuaian diksi dengan karya ilmiah yang akan dibuat
    Memberi keterangan sedetail mungkin kepada kata yang tidak lazim digunakan
    Bersifat formal dan Objektif
    Menggunakan bahasa yang baku,efektif dan sesuai EYD

    5.memenuhi sediktnya Subyek dan Predikat
    memiliki keutuhan atau kesatuan gagasan
    memiliki kepatutan dan padu
    memiliki pusat perhatian
    memiliki kehematan
    memiliki kevariasian
    sejajar

    6.Pertarungan ekonomi antara Amerika dan Cina akan berlangsung semakin panas karena keduanya memiliki modal yang besar untuk menguasai mayoritas pasar dunia dan masyarakatnya pun besar sebagai basis konsumen

    7.Bubur ayam adalah salah satu jenis makanan bubur dari indonesia. Bubur nasi adalah bubur beras yang dimasak dengan air yang banyak sehingga memiliki tekstur yang lembut dan berair. bubur biasana disajikan dalam suhu panas atau hangat. Bubur ayam disajikan dengan irisan daging ayam dengan beberapa bumbu, seperti kecap asin dan kecap manis, merica, garam, dan kadang-kadang diberi kaldu ayam.

    8.Mulai sering membaca apapun baik itu karya sastra,jurnal,artikel dan makalah sebeagai referensi.Sering menulis beberapa artikel sehingga terbiasa dalam menulis karya yang baik.

  2. Riska Priaditya

    October 20, 2016 at 1:39 pm

    Nama : Riska Priaditya S.
    NIM: 2411415069

    1. Dapat mengetahui dan memahami sejarah dan perkembangan Bahasa Indonesia dengan baik dan benar.

    2. Kita dapat menentukan ragam bahasa apa yang kita gunakan kepada lawan bicara.

    3. Menambah pengetahuan mengenai keragaman bahasa.
    4. Kesamaan inteektual, menggunakan bahasa yang mudah dipahami.
    5. Menempatkan subjek, objek dan predikat dengan benar
    6. Pertarungan ekonomi antara Amerika terhadap China akan semakin berlangsung sengit karena memiliki modal besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan punya rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.
    7. Kesenian adalah warisan budaya yang tumbuh dan berkembag dimasyarakat daerah. Mari kita pikirkan sejenak, jika waisan budaya tersebut luntur, tidak kita pedulikan kita acu bahkan diakui oleh negara lain. Negara kitalah yang dipermalukan oleh dunia.
    8. Sering membaca dan mengikutiperkuliahan bahasa Indonesia dengan baik dan benar.

  3. Zulfikar Dori Ad'ha NIM 8111416264

    October 20, 2016 at 1:50 pm

    1. yang saya dapatkan karna mempelajari sejarah dan perkembangan bahasa indonesia adalah saya mengetahui perkembangan bahasa dan ejaan yang benar yang memenuhi eyd, serta kemampuan dalam berbahasa dan menjadi mengeahui ejaan lama dan ejaan yang telah disempurnakan.

    2. dengan mempelajari kesantunan berbahasa kita dapat berkomunikasi dengan baik dan benar, agar juga tidak terjadi diskomunikasi atau salah pengertian dengan lawan bicara, serta dengan kesantunan bahasa menjadi tau dan mengerti bahasa yang baik dan benar untuk berkomunikasi dengan individu lain

    3. dengan mempelajari bahasa membantu kita dalam membuat sebuah artikel karya ilmiah, menulis undang-undang, menulis sastra, dan karya jurnalistik yang benar penulisan, aturan dan dapat dipahami

    4. bahasa yang mudah dipahami
    menggunakan kalimat yang efektif
    memilih diksi yang tepat
    komunikatif dan obyektif

  4. Muhamad Nur Khoiri

    October 20, 2016 at 1:50 pm

    Nama : Muhamad Nur Khoiri
    NIM : 4301414039

    Jawaban soal UTS Bahasa Indonesia Rombel 3
    1. Manfaat ketika mempelajari materi sejarah dan perkembangan Bahasa Indonesia :
    a.) Saya menjadi paham sejarah lahirnya Bahasa Indonesia dan tahu kapan Bahasa Indonesia mulai diresmikan yaitu pada tanggal 18 Agustus 1945 (satu hari setelah proklamasi).
    b.) Saya menjadi tahu Perkembangan Bahasa Indonesia mulai dari perkembangan ejaan Bahasa Indonesia dan kongres Bahasa Indonesia.
    2. Manfaat mempelajari kesantunan berbahasa :
    a.) Bisa mengerti bagaimana cara berbahasa yang santun.
    b.) Bisa mengerti kaidah-kaidah dalam kesantunan berbahasa.
    3. Manfaat mempelajari ragam bahasa :
    a.) Bisa mengeti perbedaan antara ragam bahasa Undang-undang, ragam bahasa jurnalistik, ragam bahasa ilmiah, dan ragam bahasa sastra.
    b.) Bisa mengerti ciri-ciri ragam bahasa`
    4. Hal yang harus diperhatikan penulis agar dapat memilih kata yang tepat dalam penulisan karya ilmiah yaitu :
    a.) Seharusnya penulis menggunakan diksi yang tepat.
    b.) Seharusnya penulis menggunakan ejaan yang benar.
    5. Cara menyusun kalimat agar menjadi kalimat efektif :
    a.) Harus memiliki keutuhan atau kesatuan gagasan.
    b.) Harus memiliki perpautan atau kepaduan.
    c.) Harus memiliki pemusatan perhatian atau penekanan.
    d.) Harus memiliki kehematan.
    e.) Harus memiliki kevariasian.
    f.) Harus sejajar atau paralelisme.
    6. Perbaikan kalimat :
    Persaingan ekonomi antara Amerika dan China akan berlangsung sengit karena kedua Negara ini memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan punya rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.
    7. Menyusun paragraf yang baik :
    Oksigen (O2) merupakan salah satu unsur kimia yang sangat berperan dalam kehidupan makhluk hidup. Unsur Oksigen terletak di golongan VI A dan periode 2 pada tabel sistem periodik unsur. Oksigen termasuk unsur diatomik dimana unsur O saling berikatan satu sama lain dan membentuk molekul O2. Oksigen termasuk salah satu unsur penyusun udara terbesar setelah Nitrogen yaitu sebesar 21%. Oksigen sangat berperan dalam proses respirasi, dimana makhluk hidup bernapas dengan menghirup oksigen. Jika tidak ada oksigen maka makhluk hidup akan mengalami kesulitan dalam proses respirasi bahkan tidak dapat bertahan hidup.
    8. Hal yang perlu saya lakukan agar kemampuan menulis saya meningkat signifikan :
    a.) Belajar cara menulis yang baik.
    b.) Mencari referensi tulisan yang memiliki kriteria yang baik.
    c.) Mempelajari diksi,ejaan, dan pemilihan kata yang baik dalam menulis.
    d.) Mulai berlatih menulis.

  5. Reza Hafidhudin Ashfa Herdiyanto (1301415073)

    October 20, 2016 at 1:56 pm

    1. Manfaat kita mempelajari sejarah Bahasa Indonesia adalah untuk Kita dapat tahu asal usul dari Bahasa Indonesia itu sendiri berasal dari Bahasa Melayu karena Bahasa yang sederhana mudah dipahami dan terbuka atau dapat menerima masukan dari Bahasa lain. Manfaat mempelajari perkembangan Bahasa adalah agar kita sebagai kaum muda dapat mengetahui tentang bagaimana perubahan yang terjadi dalam penulisan Bahasa dari yang lampau sampai sekarang yang menuju kepada “EYD” Ejaan Yang Disempurnakan.

    2. Manfaat dari mempelajari kesantunan berbahasa adalah bahwa dari kalimat yang kita ucapkan hal tersebut dapat mencirikan bahwa kita itu seperti orang yang seperti apa. kehalusan, kasar atau tidak menyenangkan kita dalam berbicara menunjukan sikap kita, dengan Bahasa yang santun kita dapat berkomunikasi dengan baik dengan lingkungan sekitar kita dapat diterima dengan baik di lingkungan masyarakat.

    3. Manfaat kita mempelajari ragam Bahasa adalah Kita dapat menempatkan dimana kita membuat suatu karya tulis yang formal kita dapat menggunakan Bahasa yang formal menggunakan EYD yang tepat dengan baik dan benar, dan ketika menulis karya ilmiah yang tidak formal seperti jurnalistik Bahasa yang digunakan lebih santai tidak terlalu baku. Bahasa dalam ragam ilmiah harus mudah dipahami serta menggunakan Bahasa yang baku sesuai EYD, Ragam Sastra Bahasanya bebas dan menciptakan keindahan, dalam pembuatan Undang-Undang Bahasa yang digunakan harus baku dan dapat dipertanggung jawabkan secara hokum, dan dalam jurnalistik Bahasa yang digunakan tidak baku harus informative dan mudah dipahami oleh pembaca.

    4. Hal yang harus dipertimbangkan dalam penulisan dengan kalimat yang tepat yaitu
    – Membedakan denotasi dari konotasi
    – Membedakan kata-kata yang bersinonim
    – Tidak menciptakan Bahasa sendiri
    – Waspada kepada penggunaan kalimat akhiran asing
    – Kata kerja menggunakan kata depan harus digunakan secara idiomatic
    – Terjaminya ketepatan diksi
    – Menggunakan kata indria yang menunjukan presepsi khusus
    – Memperhatikan perubahan makna
    – Memperhatikan pemilihan kata

    5. Cara menyusun kalimat efektif adalah dengan :
    – menghindari kata yang tidak tepat dan menimbulkan salah artian,
    – menghindari penggunaan kalimat yang tidak baku,
    – menghindari pengulangan kata yang tidak perlu
    – menghindari kata depan yang tidak perlu

    6. Perebutan perekonomian antara Amerika terhadap China akan semakin sengit karena Amerika dan China memiliki modal yang besar menguasai mayoritas pasar dunia, dan mempunyai konsumen yang banyak.

    7. Harapan adanya Bimbingan dan Konseling dalam setting sekolah adalah untuk menjadi sahabat siswa disekolah. BK memiliki fungsi layanan BK adalah membantu siswa terkait bidang belajar,karir,pribadi,sosial,bahkan pengembangan bakat sampai aktualisasi diri. Dalam pelaksanaanya di lapangan hal ini masih perlu dikembangkan mengingat citra BK di sekolah seringkali hanya sebatas polisi sekolah.

    8. Hal yang perlu dilakukan adalah harus belajar lebih giat dan memahami setiap materi yang diberikan dalam Bahasa Indonesia agar kita dapat menulis dengan baik dengan tutur kalimat yang baik dan tulisan yang bisa dimengerti oleh oranglain, latihan terus menerus akan membantu dalam kesuksesan dalam menulis

  6. Arung Kunto Kanigoro (1301415052)

    October 20, 2016 at 1:57 pm

    1. Manfaat yang diperoleh mempelajari materi sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia yaitu kita lebih mengetahui sejarah terbentuknya bahasa indonesia yang berasal dari bahasa melayu dan dipilihnya bahasa melayu karena bahasanya sederhana, terbuka dengan bahasa lain. Bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu bangsa dan kita dapat mengenal salah satu budaya Indonesia yaitu budaya berbahasa. Manfaat mempelajari perkembangan bahasa indonesia yaitu mengetahui perkembangan ejaan dan kongres bahasa.
    2. Manfaat mempelajari materi kesantunan berbahasa yaitu kita dapat berhubungan baik dengan sesama karena dapat menciptakan komunikasi yang harmonis, manfaat lainnyadalam menanamkan kesantunan berbahasa bagi anak sejak dini dapat membentuk emosi positif yang lebih matang
    3. Manfaat mempelajari ragam bahasa yaitu dapat mengetahui tatacara penulisan yang baik sesuai dengan kebutuhan misalnya dalam pembuatan UU harus menggunakan bahasa baku dapat dpertanggungjawabkan sesuai hukum, ragam jurnalistik harus informatif dan mudah dipahami, ragam ilmiah pemilihan kata harus baku sesuai EYD, ragam sastra memiliki pemilihan kata yang bebas untuk menciptakan keindahan.
    4. Yang harus dipertimbangkan dalam memilih kata secara tepat yaitu membedakan secara tepat denotasi dari konotasi, membedakan kata yang bersinonim, membedakan kata yang mirip dalam ejaan, hindari kata-kata ciptaan diri, waspada penggunaan akhiran asing, kata kerja yang menggunakan kata depan harus digunakan secara idiomatis, menjamin ketepatan diksi, menggunakan kata-kata indria yang menunjukkan persepsi yang khusus, memperhatikan perubahan makna, memperhatikan kelangsungan pemilihan kata.
    5. Cara menyusun kalimat yang efektif yaitu pemilihan kata yang tepat, menggunakan kata yang baku, hindari pengulangan kata yang tidak perlu, memiliki kehematan kata, memiliki perpaduan, kesejajaran, memiliki kevariasian.
    6. Perekonomian antara Amerika dengan China akan semakin sengit karena keduanya memiliki modal dan konsumen yang banyak.
    7. Salah satu tugas Bimbingan dan Konseling adalah helphing relationship yaitu upaya pemberian bantuan terhadap konseli yang dilakukan oleh konselor dalam upayanya untuk memecahkan apa yang menjadi perhatian atau permasalahan yang sedang dihadapi konseli, dalam HR harus memiliki beberapa ciri yaitu penuh makna, ada manfaat yang diperoleh, adanya afeksi, normatif, terstruktur dan akhir dari hubungan ini diharapkan akan terjadi perubahan yang lebih baik dari sebelumnya.
    8. Yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan ketrampilan menulis yaitu dengan belajar menulis secara rutin walaupun tidak banyak dan asah terus dengan membuat sastra, dibantu dengan belajar kepada yang lebih ahli agar mudah menyerap ilmunya.

  7. MAHDI AL ASRI (6101411171)

    October 20, 2016 at 2:09 pm

    MAHDI AL ASRI (6101411171)

    1. belajar sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia saya mengehaui tentang asalan sejarah bahasa Indonesia mulai dari bahasa melayu sebagai dasar lalu berkembang sebagai sebuah dasar bahasa nasional dan dengan bahasa mampu menyatukan keberagaman suku bahasa yang beragam.

    2.Kegiatan berbahasa sangat kompleks, artinya pada saat kita menggunakan bahasa itu banyak faktor yang harus diperhatikan agar wujud bahasa yang dihasilkan bisa diterima oleh orang lain dan dapat menyampaikan pesan secara efisien dan efektif.

    3. mengerti dan dapat menenempatkan bahasa yang baik dan tepat dan digunakan sesuai keperluan yang saya alami

    4.1. Awalan di- dan ke- atau kata depan ditulis serangkai
    2. Hindari singkatan
    3. Hindari penggunaan istilah atau kata-kata asing
    4. Bentuk dasar berupa gabungan kata
    5. Hindari menulis huruf kapital, di tengah kalimat

    5.1. Berupa kalimat lengkap
    2. Tidak menggunakan kata secara berlebihan
    3. Menggunakan kata secara tepat dan sesuai konteks
    4. Tidak menggunakan kata depan yang berlebihan

    6. Pertarungan ekonomi antara Amerika dan Cina akan berlangsung semakin panas karena keduanya memiliki modal yang besar untuk menguasai mayoritas pasar dunia dan masyarakatnya pun besar sebagai basis konsumen

    7. Sepak bola adalah olahraga yang paling populer di muka bumi ini. Hampir semua usia, tidak peduli pria ataupun wanita menyukai dan memainkan olahraga ini. Namun saat ini sepak bola sudah jarang dimainkan lagi dikarenakan sulitnya menemukan lapangan sepak bola terutama di kota-kota besar akibat banyaknya pembangunan. Di tengah-tengah masalah tersebut, kini muncul sebuah olahraga yang bernama futsal. Olahraga ini sama dengan sepak bola tetapi futsal tidak membutuhkan lapangan yang luas seperti sepak bola. Jumlah pemain futsal pun lebih sedikit jika dibandingkan dengan sepak bola. Futsal bisa dimainkan hanya dengan 5 orang saja sedangkan sepak bola membutuhkan 11 orang pemain. Meskipun begitu olahraga sepak bola tetap digemari oleh masyarakat.

    8. Praktek Menulis Setiap hari, Pilih dan Tulislah Topik yang Menarik, Cari Tempat terbaik untuk Menulis

  8. Ardian Rio S

    October 20, 2016 at 2:18 pm

    Ardian Rio Sulastriyo (6101415064 )
    1. Mengetahui kelahiran bahasa Indonesia, mengetahui bahwa bahasa Indonesia yang kita pakai sekarang adalah bahasa yang diangkat dari bahasa melayu. Bahasa Indonesia sendiri terpikir pada tahun 1928 yaitu saat sumpah pemuda yang berbunyi “Kami putera dan puteri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia” itulah yang menjadikan landasan dibuatnya bahasa persatuan. Kemudian mengalami banyak perubahan sampai sekarang, Yang mencolok yaitu huruf oe diganti dengan u , kata ulang boleh ditulis dengan angka 2 seperti pada kanak2, ber-jalan2, ke-barat2-an , dan awalan di- dan kata depan di kedua-duanya ditulis serangkai dengan kata yang mendampinginya.
    2. Menambah pengetahuan kepada masyarakat tentang pentingnya kesantunan berbahasa dalam kehidupan sehari – hari. Dapat menyampaikan ungkapan dalam bertutur kata yang halus, sopan dan baik dalam berkomunikasi. Saat bersama orang lebih tua kita bisa terbiasa sopan dan santun .
    3, Mengetahui ragam bahasa yang ada di Indonesia serta dapat mengidentifikasikan macam-macam ragam bahasa tersebut. Macam-macam ragam bahasa: 1.Ragam bahasa sastra memiliki sifat atau karakter subjektif, lentur, konotatif, kreatif dan inovatif, 2. Ragam UU hukum adalah penggunaan kalimat yang panjang dengan pola kalimat luas 3. Bahasa Jurnalistik adalah ragam bahasa yang dipergunakan oleh dunia pers. bahasa jurnalistik adalah bahasa yang dipergunakan oleh seluruh media massa. Bahasa ILmiah adalah ragam bahasa yang djgunakan dalam penulisan karya ilmiah. Ragamm ini ditandai dengan menggunakan kata0kata baku seperti aturan ejaan, kalimat atau penggunaannya.
    4. Menurut saya, siswa harus mengetahui kerangka dari karya ilmiah tersebut mulai dari pendahuluan, daftar isi, latar belakang, rumusan masalah. tujuan. isi. serta kesimpulan. Disamping itu kerangka tersebut dibuat acuan agar karya ilmiah menjadi lebih baik. Tidak lupa mencari sumber-sumber terkait agar karya ilmiah lebih dipercaya. Menulis karya ilmiah berdasarkan data yang ada dan tidak boleh memanipulasi. Serta harus ada tanggaung jawab dalam setiap penulisan. Melakukan metode penilitain sesuai dengan ketentuan yang ada dan menjadikannya sebagai pegangan.
    5. Menyusun kaliamat harus tersedia beberapa unsur seperti subjek, predikat objek dan keterangan. Membuat kalimat supaya sejajar yang artinya memiliki kesejajaran dalam kesamman imbuhan contoh ( mencuci = memandikan ). Dalam penyusunan tidak boleh membuat kata-kata yang berlebihan, buatlah kalimat yang seefisien mungkin namun bermakna. Memiliki kevariasian agar pembaca tidak merasa bosan dalam membaca kalimat tersebut. Dalam kaliamat harus ada penenkanan karena pendengar dan pembaca mengerti apa yang ditekankan dalam kalimat tersebut.
    6. Pertarungan ekonomi antara Amerika dan China akan berlangsung sengit karena keduanya memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan mempunyai rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.
    7. Solusi yang paling tepat mendapatkan berat badan ideal adalah dengan menerapkan pola hidup sehat. rajin berolah raga, makan tepat waktu, dan istirahat yang cukup akan membuat asupan kalori menjadi seimbang. Mulailah mengurangi makanan yang digoreng karena dapat menyebabkan kolesterol. Makanlah makanan yang mengandung serat yang tinggi supaya metabolisme tubuh terjaga. Kurungilah bengadang karena akan membuat tubuh menjadi lemah dan kurang bertenaga pada hari berikutnya.
    8. Melakukan banyak latihan misalnya menulis puisi karena puisi bisa melatih agar kosakata kita banyak. Banyak membaca buku ilmiah agar proses berpikir kita semakin kritis. Membaca banyak referensi agar kemampuan kita yang diterepkan tidak melenceng dari aturan yang berlaku.

  9. Astamar Khudri H S

    October 20, 2016 at 2:21 pm

    Nama ; Astamar Khudri Hisbullah Sujud
    NIM ; 6101415087

    1. Kita menjadi tau bahwa bahasa yang sebenarnya digunakan di Indonesia sebenarnya bukan bahasa Indonesia, melainkan bahasa melayu. Kita juga menjadi tau bahwa bangsa Indonesia mengangkat bahasa melayu sebagai bahasa bangsa bukan menggunakan bahasa penjajah seperti yang ada dinegara lain. Bahasa Indonesia sendiri juga sudah disahkan oleh pemuda pemudi bangsa indonesia sendiri yamg sudsh tertuang didalam sumpah pemuda.
    2. Kita menjadi tau kesantunan yang berbahasa digunakan terhadap mitra yang kita ajak bicara dengan memperhatikan pemilihan kata yang baik dan benar. Selain itu dalam berbahasa tulis , kita juga menjadi tau tulisan yang tepat yang digunakan agar tidak menyinggung perasaan pembaca. Kita juga tau tatacara bahasa yang sesuai dengan budaya dan norma dalam berkomunikasi.
    3. Kita menjadi tau ragam bahasa yang digunakan sesuai dengan karyanya. Karena masing-masing karya mempunyai ragam bahasa tersendiri sesuai dengan konteksnya. Disamping menjadi tau tentang ragamnya kita juga menjadi tau tentang ciri-cirinya suatu karyanya juga, karena sebelum kita membuat sebuah karya kita diharuskan mengerti cirinya.
    4. Menurut saya, si penulis harus tau susunan atau kerangka karya tulis yang akan dibuat. Selain itu si penulis juga harus menguasai materi yang akan di tulisnya sehingga akan tau seluk beluk bahasa yang patut digunakan seusai dengan konteks berbahasa yang tepat dan juga karya yang akan dibuatnya. Yang paling penting penulis harus paham tentang tata cara pemilihan kata sesuai dengan kesantunan berbahasa.
    5. Kita harus melakukan pemilihan kata dengan baik atau pemilihan diksinya harus tepat. Selain itu kata-katanya juga harus mudah dipahami oleh pembaca. Singkat padat dan mudah dipahami itu lebih baik untuk menjadikannya kalimat efektif. Dengan memperhatikan ciri- ciri kalimat efektif yang terdiri dari kesatuan gagasan, memiliki keterpautan, memiliki penekanan, memiliki kehematan, memiliki kevariasian, dan paralel.
    6. Pertarungan ekonomi antara Amerika dan Cina akan semakin sengit karena keduanya memiliki modal yang besar, serta menguasai mayoritas pasar didunia. Selain itu keduanya merupakan negara dengan jumalah rakyat terbanyak didunia yang menjadikannya negara berbasis konsumen juga.
    7. Pendidikan luar kelas merupakan pendidkan yang berbasis diluar kelas atau di alam. Denagn diajarkannya pendidikan luar kelas, maka lita dapat beradaptasi dengan lingkungannya, selain itu juga dapat mengetaui ketrampilan yang digunakan sesuai dengan alam yang ditinggalinya juga dapat mengapresiasi keadaan alam sekitar. Pendidikan luar kelas berupa outbound, rekreasi, hiking, ataupun living disuatu lingkungan. Didalamnya juga terdapat ilmu tentang seni, ilmu alam dan pendidikan jasmani. Pendidikan luar kelas pada dasarnya memberikan kesempatan seluas-luasnya untuk memperoleh pengalaman langsung diluar kelas untuk lebih sehat dan produktif.
    8. Dengan lebih sering melatih ketrampilan menulis yang sesuai dengan kesantunan dan keefektifan berbahasa. Selain itu juga sering- sering membaca karya ilmiah dan karya sastra. Dengan sering mambaca karya ilmiah dan karya satra maka kita akan menjadi tau ragam bahasa yang digunakan, sehingga kita menjadi mudah untuk menentukan bahasa yang akan digunakan nantinya.

  10. Muhammad farid aljazal (6101415069)

    October 20, 2016 at 2:27 pm

    Muhammad farid aljazal (6101415069)
    1. Kita bisa memahami bagaimana bahasa indonesia itu berperan bagi kemerdekaan bangsa kita. Karena karya sastra bahasa indonesia ikut berperan serta didalamnya, seperti pada sumpah pemuda, pidato, dll. Didalamnya juga kita belajar ejaan bahasa indonesia yg baik dan benar.
    2. Manfaatnya saya dapat mengerti bagaimana cara berbahasa yg baik dan santun seauai norma norma yg berlaku dengan berpegangan pada maksim dan prinsip kesantunan berbahasa.
    3. Saya dapat menggunakan bahasa dan pilihan kata yg tepat sesuai ragamnya seperti sastra, jurnalistik, ilmiah, undang-undang . Jadi saya tidak salah dalam menggunakan bahasa yg di gunakan dan juga dalam pemilihan katanya karena masing masing ragam bahasa memiliki ciriciri bahasa dan diksi .
    4. ejaan eyd yg baik dan benar, pengembangan paragraf, menggunakan istilah bahasa khusus bidang keilmuwan, kata yg digunakan bersifat resmi, menghindari katakata yg mubadzir, bersifat moderat, penggunaan majas dibatasi, penggunaan lambang dan singkatan yang tepat.
    5. Memiliki keutuhan atau satu gagasan , memiliki perpaduan dan pertautan , memiliki pemusatan atau penekanan ,memiliki kehematan, memiliki kevariasian, kesejajaran atau paralelisme, jika sudah memenuhi aspek aspek tersebut kita dapat menyusun kalimat efektif.
    6. Pertarungan ekonomi antara amerika- china akan semakin sengit karena keduanya memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan mempunyai rakyat berjumlah besar sebagai konsumen.
    7. Olahraga merupakan suatu gerakan olah tubuh yang memberikan efek pada tubuh secara keseluruhan. Olahraga membantu merangsang otot-otot dan bagian tubuh lainnya untuk bergerak. Pentingnya olahraga bagi tubuh dapat diibaratkan seperti mesin yang tidak pernah digunakan. Lambat laun, bagian-bagian dari mesin akan rusak karena tidak terlatih untuk terus bergerak.
    8. Lebih giat lagi mengikuti perkuliahan dengan baik dan mengaplikasikan dengan latihan dirumah maulun dikos dengan membuat karangan karya karya sastra maupun ilmiah.

  11. Novalinda Tria Damayanti

    October 20, 2016 at 2:28 pm

    Novalinda Tria Damayanti (2411414019)
    1. manfaat yang saya peroleh ketika mempelajari materi sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia adalah saya menjadi paham dan mengerti tentang sejarah dan perkembangan bahasa indonesia. sehingga dapat tahu lebih dalam bagaimana awal mula bahasa indonesia muncul.
    2. manfaat yang saya peroleh ketika mempelajari materi kesantunan berbahasa adalah saya menjadi tahu bagaiamana berbahasa yang baik dan benar sehingga dapat mempraktikan pada dunia nyatanya.
    3. manfaat yang saya peroleh ketika mempelajari ragam bahasa adalah saya menjadi mengerti bahwa bahasa indonesia memiliki berbagai bahasa yang berbeda-beda dan dapat membedakan berbagai bahasa yang dipakai.
    4. yang harus dipertimbangkan supaya seorang penulis dapat memilih kata dengan tepat saat menulis karya ilmiah adalah hindari singkatan dalam penulisan karya ilmiah, memperhatikan pemilihan kata, menggunakan diksi yang tepat, memiliki subjek dan predikat, memperhatikan EYD.
    5. cara menyusun kalimat efektif : tidak menggunakan kata secara berlebihan, pemilihan kata yang sesuai, menggunakan unsur yang paralel/sejenis, menggunakan kata-kata baku.
    6.Persaingan ekonomi anatara Amerika dan China akan semakin sengit karena keduanya memiliki modal yang besar untuk mengusai mayoritas pasar dunia, dan mempunyai rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.
    7. Desain web adalah sekumpulan keterampilan dan disiplin ilmu yang digunakan dalam membangun dan memelihara sebuah website. Disiplin ilmu dan keterampilan dalam bidang desain web meliputi 5 hal yaitu desain grafis, desain tatap muka/interface, penyusunan konten, penulisan kode, dan optimalisai mesin pencari atau yang sering disebut dengan SEO (Search Engine Optimization).
    8. hal yang akan Anda lakukan agar keterampilan menulis saya meningkat signifikan adalah dengan sering membaca buku, belajar menulis dengan berbagai ragam bahasa, dan mempelajari EYD.

  12. Dea Farah Aisy

    October 20, 2016 at 2:28 pm

    Dea Farah Aisy
    1301415036

    1. Manfaat yang saya dapatkan ketika mempelajari materi sejarah dan perkembangan bahasa indonesia adalah saya lebih memahami sejarah perkembangan bahasa indonesia lebih rinci, dapat menggunakan bahasa indonesia dengan baik, menumbuhkan nasionalisme dalam diri, meningkatkan komunikasi secara formal maupun nonformal, dan menghargai berbagai karya sastra bahasa indonesia.
    2. Manfaat yang saya dapatkan ketika mempelajari kesantunan berbahasa adalah saya dapat memperbaiki cara berkomunikasi lebih baik lagi, memahami bagaimana berkomunikasi dengan bahasa yang rendah hati, membangun rasa percaya diri dalam berbahasa, dan meningkatkan kreativitas dalam berbahasa yang benar.
    3. Manfaat yang saya dapatkan dalam mempelajari ragam bahasa adalah lebih memahami pemilihan bahasa dalam berbagai bidang, mengetahui macam-macam ragam bahasa seperti ragam bahasa undang-undang, ragam bahasa jurnalistik, ragam bahasa ilmiah, dan ragam bahasa sastra. Dari sini kemampuan saya dalam memahami macam-macam ragam bahasa lebih terlatih lebih baik lagi.
    4. Hal-hal yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan kata dalam penulisan karya ilmiah adalah dengan membedakan denotasi dan konotasi, membedakan kata yang bersinonim, membedakan kata yang mirip dalam ejaannya, tidak menciptakan kata-kata sendiri, mewaspadai penggunaan akhiran asing, kata kerja yang menggunakan kata depan harus idiomatis, membedakan kata umum dan khusus, menggunakan kata-kata yang menunjukkan persepsi yang khusus, memperhatikan perubahan maknayang terjadi pada kata-kata yang dikenal, dan memperhatikan kelangsungan pilihan kata.
    5. Cara menyusun kalimat efektif adalah memperhatikan keutuhan gagasan, memperhatikan kepaduan antara unsur-unsur di dalam kalimat, memperhatikan penekanan atau pemusatan perhatian dalam kalimat sesuai dengan kebutuhan, memperhatikan kehematan dalam sebuah kalimat atau menghilangkan kata-kata dalam kalimat tanpa mengubah makna, memperhatikan kevariasian agar pembaca terhindar dari kebosanan, dan memperhatikan penggunaan bentuk-bentuk bahasa atau berkonstruksi bahasa yang sama yang digunakan dalam susunan serial.
    6. Persaingan ekonomi antara Amerika dan China semakin sengit karena keduanya mempunyai rakyat yang berjumlah banyak sebagai konsumen untuk menguasai mayoritas pasar dunia.
    7. Hubungan dalam konseling bersifat membantu atau biasa disebut dengan helping. Hubungan membantu berbeda dengan memberi atau mengambil alih pekerjaan orang lain. membantu disini dimaksudkan tetap memberi kepercayaan kepada klien untuk bertanggung jawab dan menyelesaikan masalah yang dihadapinya. Hubungan konseling tidak bermaksud mengalihkan pekerjaan klien kepada konselor, tetapi memotivasi klien untuk lebih bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri dalam menyelesaikan masalahnya.
    8. Hal-hal yang akan saya lakukan untuk meningkatkan keterampilan menulis dengan membaca berbagai macam buku untuk mengetahui pilihan-pilihan katanya, memperhatikan makna dalam setiap kalimat, belajar menulis apa yang dipikirkan, belajar menulis paragraf, dan memperbanyak referensi buku-buku untuk memperluas wawasan.

  13. Anggi Dian Permatasari

    October 20, 2016 at 2:29 pm

    1. Untuk memahami perkembangan sastra indonesia, untuk mengatahui perkembangan, perbedaan, persamaan sastra dari tahun ke tahun, uintuk menghargai karya-karya sastra
    2. Manfaat yang saya dapatkan adalah agar kita bisa berbahsa santun ketika sedang berbicara atau berkomunikasi melalui media apapun, agar kita mengetahui pemilihan kata yang baik dengan memperhatikan di mana, kapan, kepada siapa, dan dengan tujuan apa kita berbicara secara santun
    3. Manfaat yang saya dapatkan adalah lebih memahami pemilihan bahasa dalam berbagai bidang, mengetahui macam-macam ragam bahasa
    4. Menurut keraf (2002:88-89), yang perlu diperhatikan dalam pemilihan kata adalah
    • Membedakan secara cermat denotasi dari konotasi
    • Membedakan dengan cermat kata-kata yang bersinonim
    • Membedakan kata-kata yang mirip dalam ejaannya
    • Menghindari kata-kata ciptaan sendiri
    • Kata kerja yang menggunakan kata depan harus digunakan secara idiomatis
    • Membedakan kata umum dan kata khusus
    • Mempergunakan kata-kata indria yang menunjukkan persepsi yang khusus
    • Memperhatikan perubahan makna yang terjadi pada kata-kata yang sudah dikenal
    • Memperhatikan kelangsungan pilihan kata
    5. Cara menyusun kalimat efektif
    • Kalimat harus memiliki struktur gramatikal yang utuh
    • Mempunyai hubungan yang logis diantara unsur-unsur didalam kalimat
    • Menonjolkan salah satu bagia dalam kalimat sesuai dengan kebutuhan
    • Menghindari penggunaan kata yang mubazir
    • Memiliki kevariasian
    • Menggunakan bentuk-bentuk bahasa atau konstruksi bahasa yang sama
    • Menggunakan bentuk bahasa yang sama yang digunakan dalam susunan serial
    6. Persaingan ekonomi antara Amerika dan China semakin sengit karena keduanya memiliki modal yang besar untuk menguasai mayoritas pasar dunia, dan mempunyai banyak rakyat sebagai basis konsumen.
    7. Sugesti merupakan pengaruh psikis baik yang berasal dari diri sendiri (auto-sugesti) maupun orang lain (hetero-sugesti), yang pada umumnya diterima tanpa adanya kritik dari individu tersebut. Didalam bidang psikologi sosial yang lebih sering berperan adalah hetero-sugesti. Hal ini terlibat dalam kehidupan sehari-hari individu banyak menerima suatu cara, pandangan, atau norma tanpa adanya kritik terlebih dahulu.
    8. Banyak membaca agar dapat menuangkan ide-ide; memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan; menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa

  14. Arya Firmanu Jendra

    October 20, 2016 at 2:29 pm

    Nama : Arya Firmanu Jendra
    NIM : 1301415003

    1. Manfaat mempelajari sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia menurut saya adalah kita sebagai warga negara Indonesia dapat mengetahui asal mula bahasa Indonesia yang berkembang di Indonesia. Kemudian dengan begitu kita diharapkan dapat mengimplementasikan melalui berkomunikasi dengan baik menggunakan bahasa yang baik dan benar baik secara verbal maupun non verbal. Selain itu bahasa Indonesia dapat sebagai penghubung antar suku yang mana Indonesia adalah negara multikultural, jadi sangat memerlukan suatu bahasa persatuan untuk menyatukan perbedaan kultur yang ada dalam menjalin interaksi.
    2. manfaat mempelajari kesantunan berbahasa adalah kita dapat menggunakan kalimat yang baik,santun, beretika, dan sopan dalam berkomunikasi. Hal ini untuk mengurangi kesalahpahaman makna ketika berinteraksi dengan orang lain agar tidak terjadi kesenjangan persepsi dari bahasa yang kita gunakan.
    3. manfaat mempelajari ragam bahasa menurut saya adalah kita akan mengenali berbagai ragam bahasa yang ada. dengan begitu saya akan dapat membedakan bagaimana penggunaan bahasa sesuai dengan konteksnya. maksudnya adalah ketika saya menjadi seorang jurnalistik, maka ketika saya ingin menyebarkan suatu informasi kepada orang lain saya menggunakan tata bahasa jurnalistik. dimana bahasa jurnalistik ini memiliki sifat bahasa yang informatif. Isinya mudah dipahami, penggunaan diksi tepat dan memudahkan pembaca untuk memahami informasi.
    4. hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan karya ilmiah adalah kita harus memilih diksi yang tepat. Syaratnya yaitu kita harus cermat mebedakan makna konotatif dan denotatif, membedakan dengan cermat kata yang bersinonim,tidak menggunakan akhiran yang asing dimengerti orang lain,tidak menggunakan bahasa yang diciptakan sendir, dan membedakan kata-kata yang mirip dengan ejaannya, misal korporasi menjadi koperasi.
    5. Cara menyusun kalimat menjadi efektif yaitu dalam penulisan harus memiliki keutuhan gagasan artinya kalimat harus memiliki struktur kalimat yang jelas yang mana subjek, predikat, dan objeknya harus saling berkaitan untuk membentuk suatu gagasan. Kemudian adanya kepaduan hubungan yang logis antara unsur kalimat. Kemudian menghindri penggunan kata yang tidak penting. Kemudian menggunakan pola kalimat yang bervariasi. Dan yang terakhir yaitu memiliki penekanan yang artinya ketika menulis kita menonjolkan satu bagian yang penting dalam kalimat sesuai konteks atau kebutuhan.
    6. Persaingan ekonomi antara Amerika dan Cina berlangsung semakin sengit karena keduanya memiliki jumlah penduduk yang banyak sebagai konsumen untuk menguasai mayoritas pasar dunia.
    7. dalam perkembangan dan proses kehidupannya, individu pasti akan menghadapi suatu permasalahan. Permasalahn yang dihadapi setiap individu dimungkinkan selain berpengaruh pada dirinya sendiri juga dapat berpengaruh terhadap orang lain atau lingkungan sekitar. Hal itu menuntut individu untuk segera mengambil keputusan dan menyelesaikan masalahnya agar dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Namun pada kenyataannya tidak semua individu dapat menyelesaikan masalah yang sedang dihadapinya. Dengan demikian perlu adanya upaya oleh seorang konselor untuk membantu individu dalam menyelesaikan masalahnya, salah satunya melalui layanan konseling.
    8. Yang perlu saya lakukan untuk meningkatkan keterampilan menulis yaitu saya harus suka membaca baik membaca literatur keilmuan maupun berbagai informasi. Kemudian saya harus menguasai isi bacaan dan saya kembangkan isinya. Setelah itu saya implementasikan melalui suatu karya tulis yang mana sebelum menulis, saya harus mempelajari dan menguasai tata cara penulisan karya tulis yang baik dan benar sesuai EYD. Kemudian secara verbal saya juga harus melatih cara berbhasa atau berkomunikasi yang baik dan benar, sehingga karya yang tulis dapat saya sajikan kepada orang lain baik secara tulisan maupun lisan

  15. maulia rizka 2411414025

    October 20, 2016 at 2:29 pm

    Nama: Maulia Rizka
    NIM:2411414025
    Rombel:3
    UAS Bahasa Indonesia
    1. Ketika mempelajari materi tentang sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia, yang saya dapat adalah pengetahuan berupa sejarah bahasa sendiri dari awal pembentukannya sampai perkrmbangan ejaan yang terakhir dikenal dengan ejaan yang disempurnakan (EYD). Selain itu sebagai mahasiswa saya lebih mengetahui mengenai bagaimana ejaan yang seharusnya digunakan sesuai dengan era sekarang.
    2. Manfaat mempelajari kesantunan bahasa adalah memiliki kesantunan,kesopanan, dan tata karma ketika berbicara dengan lawan bicara terlebih jika yang menjadi lawan bicara adalah orang yang lebih tua.
    3. Manfaat yang diperoleh dengan mempelajari ragam bahasa antara lain dapat menggunakan bahasa yang berbeda-beda menurut topik yang dibicarakan, menurut hubungan pembicara, kawan bicara, orang yang dibicarakan, serta menurut medium pembicara. Dalam bahasa Indonesia terdapat 4 ragam bahasa, ragam hokum, ragam jurnalistik, ragam ilmiah, ragam sastra. Dalam 4 jenis ragam bahasa ini memiliki ciri khusus yang membedakan satu dengan yang lainnya.
    4. hal yang harus dipertimbangkan dalam memilik kata dalam karya ilmiah adalah ketepatan dan kesesuaian diksi. Ketepatan pilihan kata mempersoalkan kesanggupan sebuah kata untuk menimbulkan gagasan yang tepat pada imajinasi pembaca seperti apa yang dipikirkan penulis. Tetelapan pemilihan kata yang dapat membentuk makna sebuah kata. Kedua adalah kesesuaian kata, kata mana yang akan digunakan pada kesempatan tertentu serta memastikan bahwa kata yang digunakan tidak menyinggung perasan orang lain.
    5. Beberapa cara yang dapat digunakan untuk menyusun kalimat sehingga menjadi kalimat yang efektif . Dalam menyusun kalimat harus ada beberapa unsur seperti subjek, predikat objek dan keterangan yang dapat membentuk suatu kalimat. Menggunakan kesejajaran yaitu penggunaan kata imbuhan yang sama. Kalimat harus ada penenkanan karena pendenagr dan pembaca mengerti apa yang ditekankan dalam kalimat tersebut. Hemat dalam memilih kata dan bersifat logis.
    6. Pertarungan ekonomi antara Amerika dan China semakin berlangsung sengit karena kedua Negara memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan mempunyai rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.
    7. Ornamern Nusantara dengan motif hias manusia telah ada sejak kebudayaan prasejarah. Motif hias yang menggambarkan manusia ini sebagian dapat dilihat pada nekara. Dalam nekara itu dapat dijumpai ornamen motif manusia yang digambarkan dengan mengendarai kuda. Beberapa nekara itu kebanyakan didatangkan dari daerah Annam berikut kebudayaan Dongson.
    8. Untuk meningkatkan kemampuan menulis hal yang akan saya lakukan adalah meningkatkan intensitas membaca guna memperkaya pengetahuan serta sering berlatih menulis. Selain itu melakukan interaksi dengan sesama yang berfungsi untuk saling memahami dan sarana bertukar pendapat.

  16. Arya Firmanu Jendra

    October 20, 2016 at 2:29 pm

    Nama : Arya Firmanu Jendra
    NIM : 1301415003

    1. Manfaat mempelajari sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia menurut saya adalah kita sebagai warga negara Indonesia dapat mengetahui asal mula bahasa Indonesia yang berkembang di Indonesia. Kemudian dengan begitu kita diharapkan dapat mengimplementasikan melalui berkomunikasi dengan baik menggunakan bahasa yang baik dan benar baik secara verbal maupun non verbal. Selain itu bahasa Indonesia dapat sebagai penghubung antar suku yang mana Indonesia adalah negara multikultural, jadi sangat memerlukan suatu bahasa persatuan untuk menyatukan perbedaan kultur yang ada dalam menjalin interaksi.
    2. manfaat mempelajari kesantunan berbahasa adalah kita dapat menggunakan kalimat yang baik,santun, beretika, dan sopan dalam berkomunikasi. Hal ini untuk mengurangi kesalahpahaman makna ketika berinteraksi dengan orang lain agar tidak terjadi kesenjangan persepsi dari bahasa yang kita gunakan.
    3. manfaat mempelajari ragam bahasa menurut saya adalah kita akan mengenali berbagai ragam bahasa yang ada. dengan begitu saya akan dapat membedakan bagaimana penggunaan bahasa sesuai dengan konteksnya. maksudnya adalah ketika saya menjadi seorang jurnalistik, maka ketika saya ingin menyebarkan suatu informasi kepada orang lain saya menggunakan tata bahasa jurnalistik. dimana bahasa jurnalistik ini memiliki sifat bahasa yang informatif. Isinya mudah dipahami, penggunaan diksi tepat dan memudahkan pembaca untuk memahami informasi.
    4. hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan karya ilmiah adalah kita harus memilih diksi yang tepat. Syaratnya yaitu kita harus cermat mebedakan makna konotatif dan denotatif, membedakan dengan cermat kata yang bersinonim,tidak menggunakan akhiran yang asing dimengerti orang lain,tidak menggunakan bahasa yang diciptakan sendir, dan membedakan kata-kata yang mirip dengan ejaannya, misal korporasi menjadi koperasi.
    5. Cara menyusun kalimat menjadi efektif yaitu dalam penulisan harus memiliki keutuhan gagasan artinya kalimat harus memiliki struktur kalimat yang jelas yang mana subjek, predikat, dan objeknya harus saling berkaitan untuk membentuk suatu gagasan. Kemudian adanya kepaduan hubungan yang logis antara unsur kalimat. Kemudian menghindri penggunan kata yang tidak penting. Kemudian menggunakan pola kalimat yang bervariasi. Dan yang terakhir yaitu memiliki penekanan yang artinya ketika menulis kita menonjolkan satu bagian yang penting dalam kalimat sesuai konteks atau kebutuhan.
    6. Persaingan ekonomi antara Amerika dan Cina berlangsung semakin sengit karena keduanya memiliki jumlah penduduk yang banyak sebagai konsumen untuk menguasai mayoritas pasar dunia.
    7. dalam perkembangan dan proses kehidupannya, individu pasti akan menghadapi suatu permasalahan. Permasalahn yang dihadapi setiap individu dimungkinkan selain berpengaruh pada dirinya sendiri juga dapat berpengaruh terhadap orang lain atau lingkungan sekitar. Hal itu menuntut individu untuk segera mengambil keputusan dan menyelesaikan masalahnya agar dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Namun pada kenyataannya tidak semua individu dapat menyelesaikan masalah yang sedang dihadapinya. Dengan demikian perlu adanya upaya oleh seorang konselor untuk membantu individu dalam menyelesaikan masalahnya, salah satunya melalui layanan konseling.
    8. Yang perlu saya lakukan untuk meningkatkan keterampilan menulis yaitu saya harus suka membaca baik membaca literatur keilmuan maupun berbagai informasi. Kemudian saya harus menguasai isi bacaan dan saya kembangkan isinya. Setelah itu saya implementasikan melalui suatu karya tulis yang mana sebelum menulis, saya harus mempelajari dan menguasai tata cara penulisan karya tulis yang baik dan benar sesuai EYD. Kemudian secara verbal saya juga harus melatih cara berbhasa atau berkomunikasi yang baik dan benar, sehingga karya yang tulis dapat saya sajikan kepada orang lain baik secara tulisan maupun lisan.

  17. addina nur luthfiani

    October 20, 2016 at 2:29 pm

    Nama : Addina Nur Luthfiani
    Nim : 4411414030

    1. Manfaat yang diperoleh ketika mempelajari sejarah dan perkembangan bahasa indonesia yaitu saya jadi tahu asal usul lahir dan terbentuknya Bahasa Indonesia dari zaman masih menggunakan bahasa melayu sampai diadakannya kongres bahasa indonesia secara berturut-turut untuk menyempurnakan bahasa indonesia agar menjadi lebih baik lagi.

    2. Manfaat yang dipelajari kesantunan berbahasa yaitu kita jadi lebih baik dalam menggunakan kesantunan bahasa agar dapat berkomunikasi dengan lancar tanpa menimbulkan kesalah pahamanan. karena kesantunan dalam berbahasa itu sangat dibutuhkan. salah satu penyebab kekerasan ataupun pertengkaran dimulai dari ketidak santunan bahasa yang digunakan oleh seseorang. Sering kali orang merasa tersinggung karena bahasa yang digunakan oleh seseorang kurang santun.

    3. manfaat yang diperoleh dalam mempelajari ragam bahasa yaitu kita jadi mengerti penempatan ragam bahasa yang digunakan untuk ragam undang-undang, ragam jurnalistik dan ragam ilmiah itu berbeda-beda. jadi jika ingin membuat karya jurnalistik ataupun karya ilmiah misalnya kita jadi tahu bahasa yang digunakan sesuai ragam bahasa yang digunakan.

    4. Hal yang harus dipertimbangkan dalam pemilihan kata saat menulis karya ilmiah yaitu:
    – penulis harus menggunakan kalimat efektif agar dapat dipahami pembaca dan menghindari kata-kata yang mubadzir
    – Dalam karya ilmiah, penulis dapat menggunakan istilah khusus dalam bidang keilmuan yang sesuai
    – penulis harus memperhatikan unsur-unsur mekanis secara tepat. seperti, ejaan, lambang, singkatan, dan rujukan.
    -Penulis harus konsisten dalam penggunaan istilah, tanda baca dan kata ganti.
    – penulis harus membatas penggunaan majas.

    5. cara menyusun agar kalimat menjadi efektif yaitu harus memperhatikan unsur-unsur yang digunakan seperti :
    – unsur keutuhan yaitu kalimat yang digunakan harus memiliki struktur gramatikal yang utuh. seperti memperhatikan subjek, objek dan predikatnya agar kalimat yang ditulis membentuk satu kesatuan gagasan.
    -unsur kepaduan yaitu kepaduan yang logis antara unsur-unsur di dalam kalimat agar tidak mengakibatkan kerancuan informasi
    – unsur penekanan yaitu penulis harus menonjolkan salah satu bagian dalam kalimat sesuai dengan kebutuhan tidak bertele-tele dalam menulis kalimat.
    – unsur kehematan yaitu menghindari kata-kata yang mubadzir.Jika kata-kata yang tidak memiliki arti dihilangkan, kalimat akan mudah dibaca dan dipahami.
    – unsur kevariasian yaitu unsur ini untuk menghindari pembaca dari kebosanan karena kalimat yang digunakan memiliki pola dan bentuk yang sama. Paragraf memerlukan pola dan jenis kalimat yang bervariasi.
    unsur kesejajaran yaitu penggunaan bentuk-bentuk bahasa yang sama.

    6. Persaingan ekonomi antara Amerika dan China semakin sengit karena Amerika dan China memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan punya rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.

    7.Dunia tumbuhan secara umum dibagi mejadi 5 kelompok besar dalam
    divisio. Kelima divisio tersebut dari yang paling sederhana ke yang paling
    komplek yaitu Divisio Schyzophyta yaitu tumbuhan belah; yang menjadi anggota
    Schizophyta adalah semua tumbuhan yang cara reproduksinya dengan membelah
    diri, inti sel belum berdinding dan secara umum bersifat uniseluler. Contoh dari
    Diviso Schizophyta adalah bakteri dan alga biru. Divisio berikutnya adalah
    Divisio Thallophyta, yaitu kelompok tumbuhan yang dapat multiseluler ataupun
    uniseluler namun sudah memiliki inti yang sesungguhnya. Contoh dari Divisio
    Thallophyta adalah alga dan jamur. Meningkat pada kelompok tumbuhan lain
    yang struktur akar dan batangnya belum ada, namun sel telah mengalami
    diferensiasi dan spesialisasi adalah kelompok Bryophyta. Pteridophyta adalah
    divisio yang semua anggotanya telah memiliki akar, batang dan daun yang sudah
    jelas. Perkembangbiakan secara generatif dilakukan dengan menggunakan spora.

    8. Hal yang perlu dilakukan agar keterampilan menulis meningkat yaitu harus sering berlatih menulis dan membaca yang teratur serta memperhatikan kata-kata yang sesuai dan EYD

  18. Yolanda Puspita Dewi (1301415010)

    October 20, 2016 at 2:32 pm

    Nama : Yolanda Puspita Dewi
    NIM : 1301415010

    1. a. agar jika kita berkomunikasi dengan orang lain menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar, baik secara lisan maupun tulis
    b. Menghargai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara.
    c. Memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan

    2. Dengan mempelajari kesantunan bahasa, kesantunan memperlihatkan sikap yang mengandung nilai sopan santun atau etika dalam pergaulan sehari-hari. Dengan menerapkan prinsip kesopanan, orang tidak lagi menggunakan ungkapan-ungkapan yang merendahkan oranglain sehingga komunikasi akan berjalan dalam situasi yang kondusif.

    3. saya dapat mengetahui berbagai macam ragam bahasa.
    Saya lebih memahami pemilihan bahasa di berbagai bidang.

    4. a. Membedakan secara cermat denotasi dari konotasi
    b. membedakan dengan cermat kata-kata yang bersinonim
    c. membedakan kata-kata yang mirip dalam ejaannya
    d. hindarilah kata-kata sendiri
    e. waspada terhadap penggunaan ankhiran asing
    f. kata kerja yang menggunakan kata depan harus digunakan secara idiomatis
    g. mempergunakan kata-kata indria yang menunjukan persepsi yang khusus
    h. penulis atau pembicara harus membedakan kata umum
    i. memperhatikan perubahan makna yang terjadi pada kata-kata yang sudah dikenal
    j. memperhatikan kelangsungan pilihan kata

    5. a. harus memiliki keutuan atau kesatuan gagasan
    b. harus memiliki perpautan atau kepaduan
    c. harus memiliki pemusatan perhatian atau penekanan
    d. harus memiliki kehematan
    e. harus memiliki kevariasian
    f. kesejajaran atau paralelisme

    6. Pertarungan ekonomi antara Amerika terhadap China akan semakin berlangsung sengit karena Amerika dan China memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan punya rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.
    Perbaikan: persaingan ekonomi antara Amerika dan China berlangsung semakin sengit karena keduanya mempunyai rakyat yang jumlahnya banyak sebagai konsumen untuk menguasai mayoritas pasar dunia

    7. mengembangkan hubungan konseling adalah upaya konselor untuk meningkatkan keterlibatan dan keterbukaan klien, sehingga akan memperlancar proses konseling, dan segera memncapai tujuan konseling yang diinginkan klien atas bantuan konselor. Bentuk utama hubungan konseling adalah pertemuan individu dengan individu (klien-konselor) yang dilatarbelakangi oleh lingkungan (internal-eksternal). Hubungan konseling dimulai pertemuan konselor-klien dan fokus perhatian adalah pada kepedulian klien. Kepedulian tersebut berbentuk isu, gejala atau masalah. Disinilah pentingnya peranan skill seorang konselor untuk mendudukkan masalah itu sehingga klien mampu mengatasinya.

    8. a. harus banyak membaca. Karena dengan membaca kita dapat menuangkan ide-ide yang kita miliki ke dalam sebuah karya.
    b. Melatih kemampuan menulis agar dapat menghasilkan karya yang baik dan benar.
    c. Mempelajari kaidah-kaidah penulisan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Dengan mempelajari kaidah-kaidah penulisan tersebut kita dapat memahaminya dan bisa langsung mempraktekannya ke dalam tulisan yang kita buat.
    d. Mempublikasikan hasil tulisan yang kita buat, seperti media elektronik dan cetak. Agar kita dapat mengetahui seberapa besar kemampuan kita.
    e. Selalu percaya diri dengan apa yang kita tulis. Jika kita tidak percaya dengan apa yang kita tulis maka kita tidak akan puas dengan hasilnya.

  19. Padilah popilaya

    October 20, 2016 at 2:32 pm

    Nama : Padilah popilaya
    NIM : 4201415023
    prodi : pendidikan fisika

    1. Dengan mempelajari sejarah dan perkembangan bahasa indonesia , saya menjadi paham bahwa bahasa indonesia diambil dari bahasa melayu. karena bahasa melayu yang mudah di pahami dan tidak mengenal tingkatan. bahasa melayu juga sudah dikenal oleh masyarakat dahulu sebagai lingua franca yaitu bahasa perhubungan dan perdagangan. bahasa melayu juga dapat menerima pengaruh dari bahasa lain.
    2. Dengan mempelajari kesantunan berbahasa saya bisa menerapkan berbagai maksim-maksim yang ada seperti maksim kebijaksanaan,kedermawanan,penghargaan,kemufakatan,simpati,dan maksim kesederhanaan. saya jadi bisa menerapkan apa yang sudah saya pelajari ketika saya berbicara dengan siapa yang saya ajak bicara. dan dengan mempelajari kesantunan berbahasa saya juga menjadi lebih sopan dan takut salah dalam berbicaradengan orang lain.
    3. Dengan mempelajari berbagai ragam bahasa berupa tulisan, saya menjadi lebih memahami perbedaan berbagai ragam bahasa hukum,jurnalistik,karya sastra,dan karya ilmiah.sehingga saya bisa membedakan keempat ragam bahasa tulisan itu berdasarkan tujuannya, sehingga memudahkan saya menentukan diksi dan kata yang tepat dalam menulis berbagai ragam bahasa tulisan.
    4. a. tujuan menulis
    b. pemilihan diksi yang tepat
    c. dibatasi menggunakan majas kalau bisa jangan menggunakan majas
    f. menggunakan kalimat efektif yang harus mengandung kesatuan,kepaduan,penekanan,kesederhanaan,kevariasian,dan paralelisme
    g. menggunakan kata baku dan kata yang disampaikan harus jelas dan logis

    5. a. harus mengandung ciri kesatuan (harus megandung predikat dan objek didalam suatu kalimat )
    b. harus mengandung unsur keterpaduan ( menggunakan preposisi dan konjungsi yang tepat).
    c. harus mengandung penekanan,
    d. harus mengandung kesederhanaan( tidak berbelit,belit)
    e. kevariasian
    f. paralelisme
    6. Pertarungan ekonomi antara Amerika dan Cina akan berlangsung semakin sengit karena Amerika dan Cina memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan mempunyai rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.
    7. Fisika adalah bagian dari ilmu alam yang mempelajari tentang fenomena-fenomena alam yang sangat menarik untuk dipelajari. Jika seseorang akan memperlajari sebuah gerak jatuh bebas ke bawah, maka fenomena-fenomena fisikanya bisa dipelajari dengan menggunakan hukum-hukum yang terdapat dalam fisika. Hukum-hukum yang terdapat dalam fisika mempelajari semua fenomena-fenomena alam yang tidak hanya mempelajari gerak jatuh bebas melainkan semua gejala-gejala yang ada di alam dapat dibahas dengan mempelajari fisika. Jadi fisika sangat bermanfaat bagi kita yang tertarik mempelajari fenomena-fenomena alam sekitar.

    8. Yang harus saya lakukan adalah dengan latihan atau praktik menulis sebuah karya tulis setiap hari, entah itu karya tulis ilmiah, sastra, atau jurnalistik. agar kemampuan menulis saya dapat meningkat walaupun dalam sehari mungkin saya hanya menulis satu paragraf atau setengahnya.

  20. SISKA DWI LESTARI / 4101415121

    October 20, 2016 at 2:33 pm

    1. Manfaat yang saya peroleh ketika mempelajari sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia adalah saya bisa mengetahui kalau bahasa Indonesia itu diangkat dari bahasa Melayu beserta alasan-alasan mengapa diangkat dari bahasa Melayu. Selain itu saya bisa mengetahui perkembangan bahasa Indonesia mulai dari ejaan dan kongres bahasa Indonesia yang dilakukan setiap lima tahun sekali.

    2. Ketika mempelajari materi Kesantunan Berbahasa saya mendapatkan pengetahuan baru, yaitu di dalam berbahasa ada 6 maksim sopan santun. Adapaun 6 maksim tersebut adalah maksim kebijaksanaan, maksim kedermawanan, maksim penghargaan, maksim kesederhanaan,maksim kemufakatan, dan maksim simpati.

    3. Manfaat yang saya peroleh ketika mempelajari materi Ragam Bahasa yaitu saya bisa mengetahui bahwa Bahasa Indonesia itu memiliki 4 ragam bahasa, yaitu ragam Undang-Undang, ragam jurnalistik, ragam ilmiah, dan ragam sastra. Dan saya bisa mengetahui bahasa yang bagaimana yang harus saya gunakan ketika saya akan menulis. Seperti contoh saya akan menulis sebuah puisi, berarti saya akan memfokuskan pada Ragam Sastra, yang berarti saya lebih mengutamakan keindahan. Dan penulisan karya lain berdasarkan ragam yang harus digunakan.

    4. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan penulis saat menulis karya ilmiah, yakni :
    * menggunakan sudut pandang orang ketiga
    * bahasa bersifat resmi atau formal
    * bentuk wacana yang digunakan adalah eksposisi, bukan argumentasi, narasi, dan deskripsi.
    * gagasan diungkapkan dengan lengkap, jelas, ringkas, dan tepat.
    * menghindari kata-kata yang mubadzir.
    * penggunaan majas dibatasi.
    * menghindari ungkapan yan bersifat ekstrem dan emosional.

    5. Cara menyusun kalimat agar menjadi kalimat efektif kita harus memperhatikan bagaimana ciri-ciri kalimat efektif itu sendiri. Adapun ciri-ciri kalimat efektif tersebut yaitu :
    * memiliki keutuhan atau kesatuan gagasan, yakni harus memiliki struktur gramatikal yang utuh. Subjek, Predikat, dan Objek harus jelas dan saling mendukung membentuk satu kesatuan gagasan.
    * memiliki perpautan atau kepaduan, yakni adanya hubungan yang logis di antara unsur-unsur di dalam kalimat.
    * memiliki pemusatan perhatian atau penekanan, yakni adanya upaya penulis untuk menonjolkan salah satu bagian dalam kalimat sesuai dengan kebutuhan.
    * memiliki kehematan, yakni harus menghindari penggunaan kata yang mubadzir.
    * memiliki kevariasian, yakni bertujuan untuk menghindarkan pembaca pada kebosanan.
    * memiliki kesejajaran, yakni penggunaan bentuk-bentuk bahasa yang sama atau berkonstruksi bahasa yang sama yang digunakan dalam susunan serial.

    6. Pertarungan antara Amerika dan China semakin sengit karena keduanya memiliki modal yang besar, menguasai pasar dunia, dan mempunyai rakyat dalam jumlah besar sebagai konsumen.

    7. Matematika mempunyai segudang manfaat untuk kehidupan kita sehari-hari. Secara umum matematika digunakan dalam transaksi perdagangan, pengukuran, dan mengetahui struktur serta bentuk dari suatu benda.

    8. Ada beberapa hal yang akan saya lakukan agar keterampilan menulis saya meningkat signifikan, yaitu :
    * saya akan mempelajari lebih dalam macam-macam Ragam Bahasa.
    * mempelajari pendayagunaan Diksi.
    * mempelajari penggunaan kalimat efektif.
    * dan yang terakhir mempelajari penalaran dan pengembangan bahasa.

  21. Zulfikar Dori Ad'ha

    October 20, 2016 at 2:34 pm

    Zulfikar Dori Ad’ha
    NIM: 8111416264

    1. yang saya dapatkan karna mempelajari sejarah dan perkembangan bahasa indonesia adalah saya mengetahui perkembangan bahasa dan ejaan yang benar yang memenuhi eyd, serta kemampuan dalam berbahasa dan menjadi mengeahui ejaan lama dan ejaan yang telah disempurnakan.

    2. dengan mempelajari kesantunan berbahasa kita dapat berkomunikasi dengan baik dan benar, agar juga tidak terjadi diskomunikasi atau salah pengertian dengan lawan bicara, serta dengan kesantunan bahasa menjadi tau dan mengerti bahasa yang baik dan benar untuk berkomunikasi dengan individu lain

    3. dengan mempelajari bahasa membantu kita dalam membuat sebuah artikel karya ilmiah, menulis undang-undang, menulis sastra, dan karya jurnalistik yang benar penulisan, aturan dan dapat dipahami

    4. bahasa yang mudah dipahami
    menggunakan kalimat yang efektif
    memilih diksi yang tepat
    komunikatif dan obyektif
    menggunakan EYD yang benar

    5. memenuhi persyaratan kalimat yang baik yaitu minimal memiliki subyek dan predikat serta bisa juga ditambah dengan obyek dan keterangan waktu atau tempat agar lebih jelas, memiliki perpautan atau kepaduan, memiliki persatuan, unsur kehematan, kevariasian dan kesejajaran

    6. Persaingan ekonomi antara Amerika dan China semakin berlangsung sengit karena keduanya memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan punya rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.

    7. Hukum di Indonesia semakin memprihatinkan karena hukum saat ini belum bisa dikatakan adil. Hukum di Indonesia bisa dibeli oleh mereka yang memiliki status sosial yang tinggi. Dengan kata lain mereka yang memiliki cukup uang dapat membeli hukum agar dapat bebas dari jeratan hukum akibat perbuatannya yang melanggar aturan hukum. Tetapi mereka yang memiliki status sosial rendah hanya dapat dan pasrah menerima hukuman. Pada hakikatnya hukum merupakan aturan yang mengatur bersifat memaksa dan bila dilanggar mendapatkan sanksi atau hukuman. Tapi saat ini ketidakadilan hukum terlihat dan jelas masih belum dikatakan sebagai hukum yang adil.

    8. hal yang saya lakukan yaitu membaca karna dapat menambah pengetahuan serta wawasan, mempelajari diksi dan EYD yang baik, berlatih menulis, sering membuat karya sastra dan mengetahui kaidah dan aturan dalam penulisan suatu karya.

  22. Andika Tri Prasetyo

    October 20, 2016 at 2:43 pm

    Andika Tri Prasetyo
    2411414042
    1. Manfaaat yang saya peroleh adalah saya mampu mengerti materi sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia bahwa pada awalnya bahasa Indonesia berasal dari bahasa melayu yang sederhana dan mudah dipahami.
    2. Manfaat yang saya peroleh adalah saya dapat menjadi pribadi yang lebih baik dalam hal kesantunan berbahasa.
    3. Manfaat yang saya peroleh saya mampu membedakan ragam bahasa, menganalisis serta mengerti perbedaan, ciri- ciri, dan ketepatan penggunaannya.
    4. Pemilihan kata dalam karya tulis ilmiah harus memperhatikan faktor faktor berikut, yaitu mencerminkan sikap ilmiah, lugas, membatasi pemakaian majas, menyebut diri sendiri sebagai orang ketiga (penulis), konsisten.
    5. Setidaknya terdapat subjek dan predikat, memiliki kesatuan gagasan, memiliki kepaduan, memiliki pokok perhatian, memiliki kehematan kata, dan memiliki kevariasian yang sejajar.
    6. Persaingan ekonomi antara Amerika dan China akan berlangsung sengit karena kedua negara ini memiliki modal yang besar untuk menguasai mayoritas pasar dunia, dan mempunyai rakyat dalam jumlah banyak sebagai basis konsumen.
    7. Digital painting menjadi teknik yang populer di kalangan ilustrator masa kini. Hal ini disebabkan oleh perkembangan teknologi yang pesat, sehingga ragam teknik melukis pun semakin beragam, tidak hanya terpatok pada teknik manual saja. Selain itu, kebutuhan industri yang menginginkan serba cepat dan efisien juga menjadi salah satu faktor yang mendorong kepopuleran digital painting.
    8. Mempelajari tata cara menulis, memperbanyak membaca referensi tulisan, serta terus belajar menulis.

  23. Fandy Akhmad (2411414032)

    October 20, 2016 at 2:43 pm

    1.Mengetahui asal mula bahasa Indonesia yaitu dari ragam bahasa melayu,karena bahasa melayu sudah merupakan lingua franca,sudah dikenal oleh banyak masyarakat,sederhana,memiliki sifat terbuka,banyak suku di Indonesia dengan sukarela menerima bahasa Melayu,mempunyai kesanggupan untuk dipakai sebagai bahasa kebudayaan dalam arti yang luas.Selain itu menambah pengetahuan tentang perkembangaan ejaan di Indonesia.

    2.Membantu dalam berkomunikasi dengan orang lain,kita mengetahui tentang pilihan kata apa yang sesuai dan efektif jika sedang berkomunikasi dengan orang,contohnya ketika kita berkomunikasi dengan teman sebaya dan orang tua tentunya menggunakan pemilihan kata dan bahasa yang berbeda.

    3.Mengetahui berbagai macam ragam bahasa seperti ragam hukum,ragam jurnalistik,ragam ilmiah dan ragam sastra,penggunaannya,cara menganalisis ragam bahasa tersebut serta pemilihan kata/kalimat yang sesuai dengan topik.Contoh,ketika membuat karya ilmiah maka kita merujuk pada ragam ilmiah.

    4.Hal yang harus diperhatikan dalam penulisan karya ilmiah adalah :
    -menggunakan kata yang menunjukkan persepsi khusus.
    -tidak mempergunakan kata,aku,anda,kita,mereka dst.
    -menggunakan bahas baku sesuai dengan EYD.
    -bersifat formal dan objektif.
    -menggunakan kalimat pasif.
    -penggunaan majas sangat dibatasi.
    -menggunakan istilah khusus dalam bidang keilmuan yang sesuai.

    5.Dalam menyusun kalimat efektif harus memperhatikan beberapa aspek yaitu :
    -memperhatikan kehematan kata.
    -kesepadaan struktur.
    -kepaduan gagasan.
    -kesejajan atau pararelisme.
    -memiliki pemusatan perhatian.

    6.Persaingan ekonomi antara Amerika dan China akan semakin sengit karena keduanya memiliki modal yang besar,menguasai mayoritas pasar dunia,dan memiliki rakyat dalam jumlah yang besar sebagai basis konsumen.

    7.Ilustrasi adalah gambar yang memperjelas ide dari cerita ataupun narasi. Tujuan dari gambar ilustrasi ini untuk memperkuat, memperindah, mempertegas,memperjelas dan memperkaya cerita maupun narasi.

    8.Belajar tentang tata cara menulis yang baik kemudian mengevaluasi tulisan – tulisan lama,entah itu dari tugas maupun non tugas kemudian memperbaikinya dengan menyesuaikan aspek – aspek serta tata cara menulis yang baik.

  24. reza puji riyanto

    October 20, 2016 at 2:49 pm

    Reza Puji Riyanto (6101415012)

    1.Saya dapat mengetahui sejarah bahasa indonesia serta perkembangan bahasa Indonesia.Karena dengan mengetahui sejarah bahasa Indonesia saya juga bisa mengetahui fungsi dari bahasa sebagai komunikasi,identitas dan ideologi.Kemudian semakin mengetahui penggunaan bahasa Indonesia secara baik dan benar.
    2. Saya dapat mengetahui penggunaan bahasa Indonesia yang santun serta dapat menggunakannya dalam situasi yang tepat.
    3. Saya dapat mengetahui ragam bahasa hukum,ilmiah,jurnalistik dan bahasa sastra serta mengetahui cara menulis dalam menggunakan diksi dan ejaan yang benar sesuai ragam bahasa yang digunakan serta dapat menggunakan kalimat efektif sesuai dengan diksi yang tepat kemudian digunakan menjadi suatu paragraf yang padu.
    4. Menentukan tema yang akan dibahas dalam karya ilmiah, menggunakan diksi yang sesuai dengan tema, kalimat dirangkai saling berhubungan, bersifat obyektif dan formal, menggunakan bahasa yang baku sesuai EYD.
    5. Mempunyai kesatuan gagasan,terdapat subjek dan predikat,kehematan dalam penggunaan diksi,memiiki pusat perhatian yang dijelaskan,variasi diksi dan kesejajaran konjungsi.
    6. Pertarungan ekonomi antara Amerika dan China akan berlangsung semakin sengit, karena kedua Negara tersebut memiliki modal yang besar,menguasai mayoritas pasar dunia dan mempunyai rakyat sebagai basis konsumen dalam jumlah besar.
    7. Pencak silat adalah suatu olahraga beladiri asli dari Indonesia. Beladiri pencak silat digunakan oleh para pahlawan ketika melawan penjajah. Para pahlawan menggunakan gerakan pencak silat sebagai usaha mempertahankan diri. Gerakan pencak silat berasal dari alam maupun meniru gerakan hewan namun mematikan.
    8. Hal yang akan saya lakukan adalah dengan banyak membaca buku serta membiasakan menulis dan menuangkan gagasan atau ide dalam bentuk karya tulis.

  25. Alinie Nurhayati (2411414022)

    October 20, 2016 at 2:55 pm

    Alinie Nurhayati (2411414022)

    1. Dapat mengetahui sejarah perkembangan bahasa Indonesia dari sebelum merdeka sampai sesudah merdeka. Mengetahui Bahasa melayu yang menyebar ke pelosok Nusantara sampai Peresmian Nama Bahasa Indonesia di resmikan penggunaannya setelah Proklamasi Kemerekaan Indonesia.
    2. Menjadi pedoman bagi mahasiswa agar berbahasa secara santun serta menangani kasus ketidaksantunan berbicara, berpidato, dan ber sms yang dilakukan oleh mahasiswa.
    3. Sebagai acuan dalam bahasa indonesia yang baik dan benar dalam berbahasa indonesia. memeberikan pedoman untuk memperoleh kemahiran berbahasa, baik dalam penggunaan bahasa secara lisan maupun tulisan agar dapat berkomunikasi dengan baik , baik yang mendengar atau diajak berbicara dengan mudah dan memahami apa yang dimaksud. Mengerti keanekaragaman dan perbedaan dalam ragam bahasa agar saling mengenal satu sama lain. Selain itu, dapat memperkaya nilai-nilai budaya bangsa.
    4. Diksi harus tepat dan sesuai apa yang ingin diungkapkan dalam sebuah gagasan, terutama melalui tulisan. ungkapan harus dapat dipahami oleh pembaca dengan tepat artinya, tafsiran pembaca sesuai dengan apa yang dimaksudkan. ketepatan dan kesesuaian di dalam pemilihan kata, perlu diperhatikan kaidah makna ,kaidah kalimat,kaidah sosial.
    5. Berupa Kalimat lengkap yang memiliki unsur subjek dan predikat, memeliki kesamaan imbuhan, tidak diperlu menggunakan kata-kata yang yang tidak diperlukan yang berlebihan., harus ada penenkanan karena pendenagr dan pembaca mengerti apa yang ditekankan dalam kalimat tersebut, penyusunan kalimat unsur-unsurnya harus berhubungan
    6. Pertarungan ekonomi antara Amerika dan Cina akan berlangsung semakin panas karena keduanya memiliki modal yang besar untuk menguasai mayoritas pasar dunia dan masyarakatnya pun besar sebagai basis konsumen
    7. Bubur ayam adalah salah satu jenis makanan bubur dari indonesia. Bubur nasi adalah bubur beras yang dimasak dengan air yang banyak sehingga memiliki tekstur yang lembut dan berair. bubur biasana disajikan dalam suhu panas atau hangat. Bubur ayam disajikan dengan irisan daging ayam dengan beberapa bumbu, seperti kecap asin dan kecap manis, merica, garam, dan kadang-kadang diberi kaldu ayam.
    8. Banyak membaca berbagai buku agar dapat digunakan sebagai referensi atau acuan dalam menulis karya ilmiah, sastra, atau artikel.

  26. Kiki Ariska Ulfa Marfiana 2411414020

    October 20, 2016 at 2:58 pm

    Kiki Ariska Ulfa Marfiana (2411414020)

    1. perkembangan bahasa indonesia, bahasa indonesia lahir dari ejaan bahasa melayu, dengan mempelajari sejarah bahasa indonesia
    2. mengetahui tentang maksim maksim dan mengetahui kegunaanya, maksim kebijaksanaan, maksim kedermawanan, maksim penghargaan, maksim kesederhanaan, maksim pemufakatan, maksim kesimpatian
    3. ketika mempejari ragam bahasa manfaat yang diperoleh adalah dalam penulisan sebuah artikel adalah penggunaan diksi yang tepat, ejaan yang benar, menggunakan kalimat yang efektif dan penggunaan paragraf yang padu dan efektif
    4. menggunakan diksi yang tepat, menggunakan ejaan yang benar, menggunakan kalimat efektif, penggunakan paragraf yang padu dan kohesif.
    5. memiliki keutuhan atau kesatuan gagasaan
    memiliki perpautan atau kepaduan
    memiliki pemusatan perhatian
    memiliki hematan
    memiliki kevariasian
    kesejajaran atau paralelisme
    6. Pertarungan ekonomi antara Amerika terhadap China akan semakin sengit karena keduanya memilikia modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan memiliki rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.
    7. Motif merupakan unsur pokok dalam ornamen.Dengan motif,suatu ornamen dapat mencerminkan suatu daerah.Motif merupakan bentuk representasi dari alam dan ada pula yang berdasarkan khayalan bersifat imajinatif.
    8. membaca buku tentang cara cara penulisan yang baik dan benar, membaca buku buku tentang bahsa indonesia, mempelajari tentang malah makalh atau artikel orang lain.

  27. siti rizqiyah putri dwi ani /4001415030

    October 20, 2016 at 2:59 pm

    Nama : Siti Rizqiyah Putri Dwi Ani
    NIM : 4001415030
    1. Dapat mengetahui seharah asal dan perkembangan bahasa indonesia
    2. Dapat membuat kata, kalimat dan paragraf yang santun dalam karya tulis maupun dalam kehidupan sehari hari.
    Dapat membedakan mana bahasa yang santun dan tidak.
    3. Mengetahui tata cara dalam menulis ragam bahasa, ragam jurnalistik, ragam undang undang maupun ragam ilmiah dan sastra.
    Dapat membuat ragam bahasa dengan benar
    4. Hal yang di perhatikan penulis dalam pemilihan kata yang tepat
    1. Ketepatan makna kaya, mengetahui bagaimana hubungan bentuk bahasa dan referensinya
    2. Kecocokan kata
    5. cara menyusun kalimat efektif :ide gagasan perlu di uraikan secara terperinci dalam bentuk kalimat, bila kalimat dapat membuat pembaca berimajinasi sperti yang di imajinasikan penulis maka dapat di katakan bahwa kalimat tersebut mempunyai gagasan efektif. Sebagai alat komunikasi kalimat efektif harus dapat memnyampaikan pesan kepada sasaran atau pembaca.
    6. Persaingan ekonomi amerika dengan china akan berlangsung menegangkan, karena amerika dan china memiliki modal yang besar .
    7.Merokok sangatlah berbahaya bagi manusia. Merokok bisa menyebabkan gangguan pernafasan, seperti bronkitis, asma, dan lainnya. Hal ini dikarenakan asap yang masuk ke dalam tubuh sangatlah berbahaya. Selain menyebabkan gangguan pada pernafasan, merokok juga bisa menyebabkan kanker paru paru. Kandungan tar yang ada pada rokok akan memicu sel sel kanker pada paru paru untuk berkembang. Terlebih lagi, merokok juga bisa menyebabkan kecanduan. Nikotin yang ada pada rokok akan mempengaruhi otak untuk terus mengkonsumsi rokok, sehingga membuat perokok susah untuk menghentikannya.
    8. 1. Berlatih menulis yang baik
    Seperti menulis PKM, isai, laporan, makalah dan karya tulis lainnya.
    2. Menerapkan ilmu yang sudah dibketahui dengan kehidupan sehari hari

  28. Rian Kurniawan

    October 20, 2016 at 2:59 pm

    RIAN KURNIAWAN ( 6101415067 )

    1. Manfaat yang saya peroleh ketika mempelajari materi sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia yaitu saya menjadi tahu asal mula bahasa Indonesia yang sekarang menjadi bahasa perstuan rakyat indonesia yang awal mulanya terbentuk dari bahasa melayu kemudian berkembang menjadi bahasa. seiring berkembangnya bahasa Indonesia diikuti pula dengan banyak perkembangan kosakata di dalam bahasa Indonesia tersebut dan mungkin banyak orang yang belum mengetahui.

    2. Saya menjadi tahu penulisan atau berkomunikasi dengan bahasa Indonesia yang santun, baik, dan benar terhadap sesama teman, dosen/guru, dan orang tua dalam kehidupan sehari hari. Dan setelah mempelajari kesantunan berbahasa saya bisa menggunakan bahasa yang sesuai dengan lawan bicara saya.

    3. Saya menjadi tahu dan memahami perbedaan antara karya ilmiah, jurnalistik, karya sastra, dan Undang Undang. Dimana didalam nya terdapat pemilihan kata yang harus sesuai untuk menyampaikan informasi kepada si pembaca, agar si pembaca dapat dengan mudah memahami isi dari artikel tersebut.

    4. Si pembaca karya ilmiah, waktu, suasana, keadaan, tujuan penulisan karya ilmiah.

    5. Memenuhi persyaratan minimal harus ada subjek dan predikat, memiliki kepaduan, tidak bertele tele, memiliki keutuhan atau kesatuan gagasan, memiliki kejelasan dalam kalimat tersebut.

    6. Persaingan ekonomi antara Amerika dan China semakin memanas karena keduanya memiliki modal besar untuk menguasai mayoritas pasar dunia dan memiliki rakayat sebagai konsumen dalam jumlah besar.

    7. Olahraga yang teratur adalah cara yang paling baik dan murah untuk menjaga kesehatan tubuh kita. tubuh yang melakukan aktivitas akan menghasilkan energi yang cukup dari hasil pembakaran atau oksidasi makanan yang terjadi di dalam tubuh. energi digunakan untuk menunjang aktivitas kita dalam kehidupan sehari hari. selain menghasilkan energi, olahraga juga dapat membentuk massa otot dan membakar lemak yang menumpuk di dalam tubuh kita, sehingga kita akan memiliki postur tubuh ideal jika kita rajin berolahraga dan diimbangi dengan pola makan teratur mencakup gizi 4 sehat 5 sempurna.

    8. Giat belajar dan berlatih, banyak membaca buku, mengumpulkan banyak referensi, meresume materi yang telah diberikan, banyak mencoba dan berlatih menulis artikel.

  29. Rista Dwi Nurazis

    October 20, 2016 at 3:01 pm

    Rista Dwi Nurazis (2411414014)
    1. Setelah mempelajari materi sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia, saya mendapatkan wawasan baru mengenai sejarah bahasa Indonesia dan perkembangannya yang sebelumnya saya tidak tahu. Wawasan tersebut membuat saya lebih memperkaya pengetahuan tentang bahasa Indonesia.
    2. setelah mempelajari maksim-maksim, saya dapat menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan santun untuk berkomunikasi secara formal maupun untuk sehari-hari. Selain itu, saya dapat berkomunikasi dengan santun kepada orang yang lebih tua atau dewasa sebagai wujud rasa hormat.
    3. Saya dapat mempelajari dan menerapkan penulisan ragam bahasa dalam karya sastra, karya ilmiah, jurnalistik dan hukum. Mengetahui ciri-ciri, cara penulisan dan perbedan berbagai ragam bahasa. selain itu dapat mengetahui penggunaan diksi yang tepat dan ejaan yang benar.
    4.bersifat formal dan objektif
    menggunakan diksi yang tepat
    menggunakan kata baku dan mudah dipadami
    menggunakan ejaan yang benar
    menggunakan kalimat efektif
    menggunakan paragraf yang padu dan koherensif
    5. kalimat harus memiliki struktur gramatikal yang utuh yaitu subjek, predikat dan objeknya harus jelas
    kalimat harus memiliki perpautan atau kepaduan yaitu adanya hubungan yang logis
    memiliki pemusatan perhatian dan penekanan
    kalimat harus hemat
    memiliki kevariasian
    memiliki kesejajaran dan paralelisme
    6. Pertarungan ekonomi antara Amerika terhadap China akan semakin sengit karena keduanya memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan memiliki rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.
    7. Digital painting merupakan seni digital dalam melukis. Dalam dunia digital grafis terdapat perbedaan yang jelas antara painting dan drawing. Teknik painting lebih mengacu pada pengubahan warna piksel yang biasanya dilakukan dengan menggunakan painting tool. Sebagai contoh dalam menerapkan teknik painting, warna piksel bisa dimani-pulasi maupun dibuat gradasi.

    8. Membaca berbagai karya ilmiah, mempelajari kalimat efektif, diksi, ejaan yang benar, setelah itu diterapkan dengan berlatih menulis.

  30. Alinie Nurhayati (2411414022)

    October 20, 2016 at 3:12 pm

    Alinie Nurhayati (2411414022)

    1. Dapat mengetahui sejarah perkembangan bahasa Indonesia dari sebelum merdeka sampai sesudah merdeka. Mengetahui Bahasa melayu yang menyebar ke pelosok Nusantara sampai Peresmian Nama Bahasa Indonesia di resmikan penggunaannya setelah Proklamasi Kemerekaan Indonesia.
    2. Menjadi pedoman bagi mahasiswa agar berbahasa secara santun serta menangani kasus ketidaksantunan berbicara, berpidato, dan ber sms yang dilakukan oleh mahasiswa.
    3. Sebagai acuan dalam bahasa indonesia yang baik dan benar dalam berbahasa indonesia. memeberikan pedoman untuk memperoleh kemahiran berbahasa, baik dalam penggunaan bahasa secara lisan maupun tulisan agar dapat berkomunikasi dengan baik , baik yang mendengar atau diajak berbicara dengan mudah dan memahami apa yang dimaksud. Mengerti keanekaragaman dan perbedaan dalam ragam bahasa agar saling mengenal satu sama lain. Selain itu, dapat memperkaya nilai-nilai budaya bangsa.
    4. Diksi harus tepat dan sesuai apa yang ingin diungkapkan dalam sebuah gagasan, terutama melalui tulisan. ungkapan harus dapat dipahami oleh pembaca dengan tepat artinya, tafsiran pembaca sesuai dengan apa yang dimaksudkan. ketepatan dan kesesuaian di dalam pemilihan kata, perlu diperhatikan kaidah makna ,kaidah kalimat,kaidah sosial.
    5. Berupa Kalimat lengkap yang memiliki unsur subjek dan predikat, memeliki kesamaan imbuhan, tidak diperlu menggunakan kata-kata yang yang tidak diperlukan yang berlebihan., harus ada penenkanan karena pendenagr dan pembaca mengerti apa yang ditekankan dalam kalimat tersebut, penyusunan kalimat unsur-unsurnya harus berhubungan
    6. Pertarungan ekonomi antara Amerika dan Cina akan berlangsung semakin panas karena keduanya memiliki modal yang besar untuk menguasai mayoritas pasar dunia dan masyarakatnya pun besar sebagai basis konsumen
    7. Fotografi Fashion adalah genre fotografi yang ditujukan untuk menampilkan pakaian dan barang-barang fashion. Fotografi fashion yang sering dilakukan untuk iklan atau majalah fashion seperti Vogue, Vanity Fair, atau Allure. Seiring waktu, fotografi fashion telah mengembangkan estetika sendiri dimana pakaian dan mode diperkuat dengan adanya lokasi eksotis atau aksesoris..
    8. Banyak membaca berbagai buku agar dapat digunakan sebagai referensi atau acuan dalam menulis karya ilmiah, sastra, atau artikel.

  31. Ridho Hakiki Prasetyo

    October 20, 2016 at 3:13 pm

    Ridho Hakiki Prasetyo (2411414018) Seni Rupa (DKV)

    1. Dengan mempelajari sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia saya dapat mengetahui asaldari bahasa bahasa indonesia yaitu dari bahasa melayu.karena pada saat itu bahasa melayu digunakan sebagai bahasa penghubung antar suku di indonesia. dan saya juga dapat mengetahui sejarah ejaan bahasa indonesia.

    2. Saya dapat berkomunikasi lebih sopan santun dengan baik kepada lawan bicara agar tujuan komunikasi dapat tercapai dengan baik.

    3. Saya dapat mengetahui pentingnya mnempelajari ragam bahasa indonesia secara menyeluruh yang akhirnya bisa diterapkan dan dapat digunakan dengan baik dan benar sehinggaidentitas kita sebagai bahasa indonesiatidak akan hilang.

    4. seorang penulis dapat memilih kata dengan tepat saat menulis karya ilmiah dengan cara ketepatan pilihankata,persyaratan ketepatan diksi,kata umu dankata khusus,perubahan makna,dan kelangsungan pilihankata.

    5. Cara menyusun kalimat menjadi kalimat efektif yaitu dengan cara kalimat tersebut memenuhi kaidah bahasa yang benar sebagai berikut : kesatuan gagasan,kesejajaran,kehematan,penekanan,dan kelogisan.

    6. Persaingan ekonomi antara Amerika dan Cina akan berlangsung semakin panas, karena keduanya memiliki modal yang besar untuk menguasai mayoritas pasar dunia dan memiliki jumlah masyarakat yang besar sebagai basis konsumen.

    7.Tipografi merupakan seni dalam merancang, menyusun dan memodifikasi huruf. Tipografi melibatkan beberapa pengaturan pada huruf seperti ukuran huruf, jenis huruf, tracking (jarak antar huruf secara umum), kerning (jarak antar dua huruf yang spesifik), dan leading (jarak antar baris).

    8. hal yang akan saya lakukan agar keterampilan menulis saya meningkat signifikan yaitu dengan cara banyak membaca,menulis secara teratur dan terstuktur, belajar cara menulis yang baik dan benar,memperhatikan mood , kebiasaan melalukan evaluasi, dan minta pendapat orang lain.

  32. Surya Feby Adianto (2411414001)

    October 20, 2016 at 3:16 pm

    1.Mengetahui asal mula bahasa Indonesia diangkat dari ragam bahasa melayu, karena bahasa melayu sudah dikenal oleh banyak masyarakat di Indonesia sehinggaSelain itu juga menambah pengetahuan saya tentang penggunaan bahasa indonesia pada masa perjuangan, contohnya sebagai pidato perjuangan yang dilakukan oleh bung karno, bung tomo, dan tokoh-tokoh perjuangan lainnya.
    2. jujur saat materi tersebut saya tidak berangkat, tetapi saya berinisiatif untuk bertanya kepada teman saya tentang materi yang telah dipelajari di kelas. Materi tersebut membantu saya dalam mengetahui cara berkomunikasi yangbbaik dengan lawan bicara, mengetahui tentang pilihan kata apa yang sesuai dan efektif jika sedang berkomunikasi
    3.Mengetahui berbagai macam ragam bahasa yakni ragam hukum,ragam jurnalistik,ragam ilmiah dan ragam sastra,penggunaannya,menggunakan diksi yang tepat dan menggunakan ejaan yang sesuai.
    4.Hal yang harus dipetimbangkandalam penulisan karya ilmiah adalah :
    -menggunakan kata yang baku dan mudah dipahami
    -tidak mempergunakan kata ganti seperti :,aku,anda,kita,mereka dst.
    -bersifat formal dan objektif.
    -menghindari kata yang mubadzir
    -menggunakan istilah khusus dalam bidang keilmuan yang sesuai.
    -tingkat formalitas ragam bahasa bersifat resmi.
    5.Dalam menyusun kalimat efektif harus memperhatikan beberapa aspek yaitu :
    -mememiliki keutuhan gagasan
    -memiliki kepaduan antar unsur-unsur yang ada di dalam kalimat
    -memiliki pemusatan perhatian salah satu bagian dalam kalimat sesuai dengan kebutuhan
    -tidak menggunakan kata yang tidak perlu
    -memiliki kevariasian kata agar pembaca tidak bosan
    -kesejajaran dalam kalimat
    6.Persaingan ekonomi antara Amerika dan China akan semakin sengit karena keduanya memiliki modal yang sama besar, menguasai mayoritas pasar dunia,dan memiliki rakyat dalam jumlah yang besar sebagai basis konsumen.
    7. Samsung selalu konsisten dalam menciptakan produk smartphone Flagship tiap tahunnya, dan mayoritas produknya berhasil bertahan di empat kuartal dalam kurun waktu satu tahun. Namun pada tahun 2016, dalam rangka peluncuran produk barunya yakni Galaxy Note 7, Samsung mengalami berbagai macam permasalahan sehingga harus menarik produknya kembali dari pasaran. Fenomena tersebut tentunya berdampak kerugian bagi pihak Samsung Electronics. Dampak yang lain yakni menurunnya kepercayaan user smartphone terhadap produk Samsung.
    8.lebih sering membaca literatur, jurnal dan buku ilmiah. kemudian mulai membuat karya tulis ilmiah dari hasil belajar tersebut.

  33. isna rahmayanti ulfa

    October 20, 2016 at 4:22 pm

    1. Manfaat yang Saya peroleh ketika mempelajari materi sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia adalah Saya dapat mengetahui beberapa alasan mengapa bahasa Indonesia diambil dari bahasa Melayu, salah satunya adalah karena bahasa Indonesia tidak memiliki tingkatan bahasa seperti pada bahasa Jawa.
    2. Manfaat yang Saya peroleh ketika mempelajari materi kesantunan berbahasa adalah Saya dapat mengetahui bagaimana cara mengirim pesan baik tertulis maupun secara langsung kepada orang lain terutama dosen dengan menggunakan bahasa yang santun.
    3. Manfaat yang Saya peroleh ketika mempelajari ragam bahasa adalah Saya dapat mengetahui macam-macam dari ramgam bahasa selain itu Saya juga dapat mengetahui bagaimana karakteristik yang digunakan pada tiap-tiap ragam bahasa.
    4. Hal yang harus dipertimbangkan supaya seorang penulis dapat memilih kata dengan tepat saat menulis karya ilmiah adalah diksi yang digunakan harus sesuai, kata yang digunakan harus menggunakan kata baku, kalimat yang digunakan tidak boleh mubadjir, kalimat yang digunakan harus bersifat objektif, selain itu dalam penulisan harus sesuai dengan EYD.
    5. Cara menyusun kalimat supaya menjadi kalimat efektif adalah dengan memperhatikan kesatuan, kepaduan, penekanan, penghematan, kevariasian, dan paralel( memiliki, menguasai, dan mempunyai. Kata kerja semua).
    6. Pertarungan ekonomi antara Amerika dan Cina semakin sengit karena Amerika dan Cina memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan mempunyai rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.
    7. Hukum Newton dibedakan menjadi 3 yaitu Hukum I Newton, Hukum II Newton, dan Hukum III Newton. Contoh penerapan dari Hukum I Newton adalah sebuah bola yang awalnya diam akan cenderung diam apabila tidak diberikan gaya pada bola tersebut. Penerapan dari Hukum II Newton adalah sebuah meja yang didorong dengan gaya tertentu akan mengalami perpindahan posisi. Sedangkan penerapan dari Hukum III Newton adalah aksi yang kita berikan pada sebuah bola akan menimbulkan reaksi dari bola tersebut.
    8. Hal yang akan Saya lakukan agar keterampilan menulis Saya meningkat signifikan adalah dengan senantiasa mengikuti perkuliahan bahasa Indonesia dengan baik dan menerapkan materi yang Saya dapatkan diperkuliahan dalam karya tulis yang Saya buat.

    NAMA: ISNA RAHMAYANTI ULFA
    NIM : 4201415012

  34. ALEK ROIGUSTA

    October 20, 2016 at 4:27 pm

    Nama : Alek Roigusta
    NIM : 531414038

    Manfaat yang saya peroleh setelah mempelajari sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia adalah saya jadi mengetahui bagaimana proses lahirmya bahasa Indonesia dan dari mana bahasa Indonesia berasal serta perkembangan ejaan hingga akhirnya diresmikannya Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan.
    Manfaat yang saya peroleh setelah mempelajari kesantunan berbahasa adalah bagaimana menggunakan ejaan bahasa yang benar dan penggunaan tanda baca.
    Manfaat yang saya peroleh setelah mempelajari ragam bahasa adalah saya jadi mengetahui ternyata ragam bahasa ada 4 macam(ragam Undang-Undang, ragam Jurnalistik, ragam Ilmiah dan ragam Sastra) dimana pada setiap ragam bahasa, penggunaan bahasa yang digunakan berbeda.
    Hal yang harus dipertimbangkan seorang penulis agar dapat memiilih kata yang tepat saat menulis karya tulis ilmiah antara lain : menggunakan diksi yang tepat(menggunakan idiom yang baku), menggunakan ejaan yang benar, menggunakan kalimat efektif dan menggunakan paragraf yang padu dan komprehensif.
    Cara menyusun kalimat menjadi kalimat efektif adalah dengan memenuhi ciri-ciri sebagai berikut: memiliki keutuhan atau kesatuan gagasan, memiliki perpautan atau kepaduan, memiliki pemusatan perhatian atau penekanan, memiliki kehematan , memiliki kevariasian, kesejajaran atau paralelisme.
    Pertarungan ekonomi antara Amerika dan China semakin sengit karena Amerika dan China memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan punya rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.
    Sensor proximity merupakan sensor atau saklar yang dapat mendeteksi adanya target jenis logam dengan tanpa adanya kontak fisik. Biasanya sensor ini tediri dari alat elektronis solid-state yang terbungkus rapat untuk melindungi dari pengaruh getaran, cairan, kimiawi, dan korosif yang berlebihan. Sensor proximity dapat diaplikasikan pada kondisi penginderaan pada objek yang dianggap terlalu kecil atau lunak untuk menggerakkan suatu mekanis saklar.
    Hal yang saya lakukan adalah : (1) terus berlatih menulis (2) menghadapi tantangan baru dalam hal menulis (3) selalu merasa kemampuan menulis masih rendah.

  35. anik maghfiroh

    October 20, 2016 at 4:39 pm

    1. Manfaat mempelajari sejarah dan perkembangan Bahasa Indonesia bagi saya adalah menjadikan saya lebih cinta pada Bahasa Indonesia dar termotivasi untuk meningkatkan kualitas berbahasa saya mengingat perjuangan orang-orang yang telah menjadikan Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan.
    2. Manfaat mempelajari materi kesantunan berbahasa adalah memudahkan saya dalam praktik komunikasi dengan orang-orang yang saya hormati (seperti dosen) sehingga kesalah pahaman akibat bahasa antara saya dengan beliau dapat terminimalisir.
    3. Manfaat mempelajari ragam bahasa antara lain membantu saya dalam memilih kata yang tepat dan sesuai dengan ragam bahasanya untuk tulisan/ karangan saya, seperti ketika membuat PKM atau cerpen.
    4. Hal yang harus dipertimbangkan penulis dalam memilih kata yang tepat untuk Karya Ilmiah adalah tujuan penulisan karya tersebut, siapa pembacanya, dan ragam bahasa untuk Karya Ilmiah.
    5. Untuk menyusun kalimat agar menjadi efektif kita harus tahu dahulu syarat-syarat keefektifan kalimat. Kemudian kita identifikasi apakah ada syarat yang belum terpenuhi, jika ada maka bagian itulah yang harus kita perbaiki. Misalnya syarat yang belum terpenuhi adalah kehematan, maka kita hanya perlu membuang kata-kata yang kita anggap mubazir atau tidak diperlukan.
    6. Pertarungan ekonomi antara Amerika terhadap Cina akan semakin sengit karena keduanya memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan mempunyai rakyat berjumlah besar sebagai basis konsumen.
    7. Gerak parabola adalah perpaduan antara gerak arah x dan y. Gerak yang searah x merupakan GLB (Gerak Lurus Beraturan) karena tidak memiliki komponen percepatan (a=0), sedangkan yang searah y adalah GLBB (Berak Lurus Berubah Beraturan) dengan komponen percepatannya sebesar percepatan grafitasi bumi yang berlawanan dengan arah geraknya (a=-g).
    8. Agar kemampuan menulis saya meningkat signifikan, maka saya harus mempraktikkan teori-teori tentang menulis yang baik dalam sebuah karangan, seperti berlatih membuat Karya Ilmiah ataupun cerpen.

    Nama Anik Maghfiroh
    NIM 4201415005

  36. Isna Rahmayanti Ulfa

    October 20, 2016 at 4:48 pm

    1. Manfaat yang Saya peroleh ketika mempelajari materi sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia adalah Saya dapat mengetahui beberapa alasan mengapa bahasa Indonesia diambil dari bahasa Melayu, salah satunya adalah karena bahasa Indonesia tidak memiliki tingkatan bahasa seperti pada bahasa Jawa.
    2. Manfaat yang Saya peroleh ketika mempelajari materi kesantunan berbahasa adalah Saya dapat mengetahui bagaimana cara mengirim pesan baik tertulis maupun secara langsung kepada orang lain terutama dosen dengan menggunakan bahasa yang santun.
    3. Manfaat yang Saya peroleh ketika mempelajari ragam bahasa adalah Saya dapat mengetahui macam-macam dari ramgam bahasa selain itu Saya juga dapat mengetahui bagaimana karakteristik yang digunakan pada tiap-tiap ragam bahasa.
    4. Hal yang harus dipertimbangkan supaya seorang penulis dapat memilih kata dengan tepat saat menulis karya ilmiah adalah diksi yang digunakan harus sesuai, kata yang digunakan harus menggunakan kata baku, kalimat yang digunakan tidak boleh mubadjir, kalimat yang digunakan harus bersifat objektif, selain itu dalam penulisan harus sesuai dengan EYD.
    5. Cara menyusun kalimat supaya menjadi kalimat efektif adalah dengan memperhatikan kesatuan, kepaduan, penekanan, penghematan, kevariasian, dan paralel( memiliki, menguasai, dan mempunyai. Kata kerja semua).
    6. Pertarungan ekonomi antara Amerika dan Cina semakin sengit karena Amerika dan Cina memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan mempunyai rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.
    7. Hukum Newton dibedakan menjadi 3 yaitu Hukum I Newton, Hukum II Newton, dan Hukum III Newton. Contoh penerapan dari Hukum I Newton adalah sebuah bola yang awalnya diam akan cenderung diam apabila tidak diberikan gaya pada bola tersebut. Penerapan dari Hukum II Newton adalah sebuah meja yang didorong dengan gaya tertentu akan mengalami perpindahan posisi. Sedangkan penerapan dari Hukum III Newton adalah aksi yang kita berikan pada sebuah bola akan menimbulkan reaksi dari bola tersebut.
    8. Hal yang akan Saya lakukan agar keterampilan menulis Saya meningkat signifikan adalah dengan senantiasa mengikuti perkuliahan bahasa Indonesia dengan baik dan menerapkan materi yang Saya dapatkan diperkuliahan dalam karya tulis yang Saya buat.

    NAMA: ISNA RAHMAYANTI ULFA (4201415012)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.