Soal UTS Bahasa Indonesia Rombel 39

Ujian Tengah Semester (UTS) MKU Bahasa Indonesia dilakukan untuk mengevaluasi perkuliahan. Melalui UTS ini mahasiswa dapat merefleksikan performa diri selama mengikuti perkuliahan dan dapat merumuskan cara agar performa ke depan lebih baik.

Bagi dosen, UTS ini bermanfaat sebagai bahan evaluasi terhadap mahasiswa agar bisa mengembangkan perkuliahan dengan lebih efektif sebagaimana tujuan perkuliahan. Pada akhirnya, kedua tujuan itu bermuara pada tercapainya tujuan perkuliahan.

Petunjuk:

  1. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan cermat.
  2. Tulislah jawaban Anda pada kolom komentar di bawah artikel ini (bukan Facebook Comment) dengan mencantumkan nama lengkap dan NIM.
  3. Waktu pengerjaan: 07.00 s.d. 08.30 WIB.

Pertanyaan:

  1. Apa manfaat yang Anda peroleh ketika mempelajari materi sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia?
  2. Apa manfaat yang Anda peroleh ketika mempelajari materi kesantunan berbahasa?
  3. Apa manfaat yang Anda peroleh ketika mempelajari ragam bahasa?
  4. Hal apa saja yang harus dipertimbangkan supaya seorang penulis dapat memilih kata dengan tepat saat menulis karya ilmiah?
  5. Bagaimana cara menyusun kalimat supaya menjadi kalimat efektif?
  6. Perbaikilah kalimat di bawah ini sehingga menjadi kalimat yang efektif:
    Pertarungan ekonomi antara Amerika terhadap China akan semakin berlangsung sengit karena Amerika dan China memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan punya rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.
  7. Susunlah sebuah paragraf yang baik tentang bidang keilmuan Anda sesuai dengan kriteria paragraf yang baik!
  8. Apa hal yang akan Anda lakukan agar keterampilan menulis Anda meningkat signifikan?
  9. Beritahulah dosen Anda informasi yang menurut Anda harus diketahui oleh dosen dengan melengkapi kalimat ini: Saya berharap dosen tahu bahwa …..

Selamat mengerjakan.

20 Comments

  1. Sutrio Yulyanto

    October 27, 2016 at 12:55 pm

    Nama : Sutrio Yulyanto
    NIM : 7211415172

    1. Manfaat mempelajari materi sejarah yang saya peroleh, yaitu memperoleh kejadian kejadian atau peristiwa penting yang dialami bangsa indonesia pada saat masa pra kemerdekaan beratus-ratus tahun oleh para penjajah dan mengetahui awal mula kebangkitan bangsa indonesia dari para penjajah dengan dibuktikan oleh kemerdekaan RI pada 17 Agustus 1945 dan dibacakan oleh sang proklamator yaitu Ir. soekarno. serta perkembangan bahasa indonesia yang saya ketahui, yaitu mengetahui asal mula bahasa pemersatu bangsa yang terdiri dari ribuan pulau dan bahasa pemersatu tersebut adalah bahasa melayu. indonesai memilih bahasa melayu sebagai bahasa pemersatu karena bahasa melayu mudah dipahami oleh semua orang dan bahasa melayu juga sudah sering digunakan oleh para pedagang.
    2. Manfaat yang saya peroleh ddari materi Kesantunan berbahasa, yaitu bisa memaksimalkan kemampuan berbahasa yang sopan dan santun. karena hal ini akan memudahkan kita menyampaikkan segala informasi kepada semua orang mulai dari anak-anak sampai kakek nenek.
    3. manfaat mengetaui ragam bahasa, yaitu kita dapat mengetahui keanekaragaman bahasa yang kita pelajari seperti : ragam Hukum, ragam ilmiah, ragam jurnalistik, dan ragam sastra. dan mengamalkannya sesuai dengan penjabaran dari keempat ragam bahsa tersebut.
    4.hal yang harus dipertimbangan dalam menulis karya ilmiah, yaitu a) mengetaui kepada siapa kita akan menyampaikkan informasi tersebur. b)menggunakan pemilihan kata yang bersifat ilmiah. b) memberikan informasi sesuai pada kenyataan.
    5. cara menyusun kalimat menjadi kalimat efektif,
    a. memiliki sekurang-kurangnya subjek dan predikat
    b. pemilihan kata harus tepat
    c. tidak bertele-tele
    d. menggunakan diksi yang tepat
    6. pertarungan ekonomi antara Amerika dengan China akan berlangsung semakin sengit karena kedua negara memiliki modal yang besar dan menguasai sebagian besar pasar dunia serta kedua negara memiliki jumlah penduduk yang banyak sebagai basis konsemen masing-masing negara.
    7. Akuntansi adalah satu bidang keilmuan yang saya tempuh di UNNES. menurut saya akuntansi adalam suatu kegiatan mengolah data keuangan guna memberikan informasi yang bermanfaat mengenai laporan keuangan. Data yang diolah oleh seorang akuntan yaitu hal-hal yang berhubungan dengan transaksi yang mengenai keuangan. Serta informasi yang disampaikkan berupa: Laporan posisi keuangan, laporan laba rugi kompherensif, laporan perubahan ekuitas dan catatan atas laporan keuangan.
    8. Harus perbanyak membaca buku dan karya ilmiah dengan kita memperbanyak membaca akan memberikan banyak pengetahuan dibidang keilmuan dan karya ilmiah. hal ini akan menambah pengetahuan kita didalam menulis sebuah karya ilmiah dengan kententuan yang berlaku.
    9. saya berharap dosen tahu bahwa saya mengerjakan UTS secara mandiri dan dengan sungguh-sungguh.
    Terima Kasih

  2. Slamet Wahyu T

    October 27, 2016 at 1:11 pm

    Nama : Slamet Wahyu T
    NIM : 1301415078

    1. Saya dapat mengetahui bahwa istilah Indoensia berasal dari jurnal internasional JIAEA yang dikemukakan oleh Logan, ia mengadopsi kata “Indonesia” dari kata “Indunesia” yang dikemukakan oleh Earl. hal lain yang saya dapat adalah saya juga mengetahui bahwa bahasa Indonesia diangkat dari bahasa Melayu kerena bahasa melayu merupakan “lingua franca” yaitu bahasa perhubungan dan bahasa perdagangan yang tidak mengenal tingkatan bahasa dan dalam perkembanganya bahasa Indonesia terdapat perkembangan ejaan serta adanya beberapa kali kongres bahasa Indonesia
    2. Manfat yang saya dapat adalah saya dapat mengetahui bahwa dalam berkomunikasi yang santun harus menerapkan prinsip kesopanan dengan ke enam maksimnya. Dengan demikian saya dapat mengkoreksi diri dalam berkomunikasi dengan orang lain apakah saya sudah menerapkan ke 6 prinsip kesopanan beserta maksimnyan atau belum sehingga saya dapat berkomunikasi dengan baik kepada orang lain
    3. Dengan memepelajari materi ragam bahasa saya dapat mengetahui bahwa bahasa Indonesia mengenal 4 ragam bahasa beserta cirinya sehingga dalam menulis saya dapat menggunakan jenis bahasa yang sesuai dengan ragam bahasa apa yang akan saya tulis
    4. Hal yang harus dipertimbangkan dalam pemilihan kata yaitu ketepatan dan kesesuaian kata, dimana penulis dapat memilih kata mana yang akan dipilih dalam kesempatan tertentu sehingga dalam tulisan karya ilmiah tersebut tidak menimbulkan persepsi yang berlainan antar penulis dan pembaca
    5. Cara menyusun kalimat menjadi efektif:
    a. memilih diksi yang tepat
    b. menggunakan ejaan yang tepat sesuai EYD
    c. menggunakan konjugasi yang tepat
    6. Pertarungan ekonomi antara Amerika dan Jepang akan semakin sengit. Hal tersebut dikarenakan kedua negara memiliki modal yang besar, sama-sama menguasai mayoritas pasar dunia dan mempunyai penduduk dalam jumlah yang banyak sebagai basis konsumen.
    7. Konseling merupakan proses pemberian bantuan yang dilakukan melalui wawancara oleh seorang ahli (konselor) kepada klien (konseli) yang mempunyai suatu masalah sehingga masalah tersebut dapat terentaskan. Dalam proses konseling, konselor dapat menjadikan konseli sebagai pusat dalam proses konseling atau dirinya sendiri sebagai pusat apabila konseli tidak bersifat terbuka.
    8. a. membaca, karena semakin banyak membaca maka semakin banyak kosakata yang saya peroleh
    b. melatih diri untuk menulis sesuai EYD dalam berbagai kesempatan seperti dalam membuat makalah, rangkuman materi dll
    c. membiasakan menggunakan kalimat efektif dalam menulis maupun berbicara
    d. menerima kritik dan saran dari orang lain sehinnga tulisan saya dapat menjadi lebih baik
    e. selalu melakukan evaluasi setelah selesai menulis
    9. Saya berharap dosen tahu bahwa dalam penyampaian materi terlalu cepat serta saat pemeberian tugas dosen kurang jelas dalam memberikan penjelasan tugasnya seperti apa

  3. Giovanda Ghufronalazuardy / 1301415085

    October 27, 2016 at 1:13 pm

    NAMA : GIOVANDA GHUFRONALAZUARDY
    NIM : 1301415085
    MAKUL : BAHASA INDONESIA

    1. Manfaat :
    a. Saya bisa tahu terbentuk dan berkembangnya bahasa indonesia
    b. Saya bisa berkomunikasi dengan baik sesuai dengan perkembangan zaman yang ada, namun masih tetap memperhatikan norma yang ada.

    2. Manfaat :
    a. Saya dapat berbicara sesuai dengan aturan-aturan yang telah di tetapkan di daerah masing-masing ataupun diluar daerah
    b. Saya dapat memilah kata dengan tepat ketika berbicara agar tidak menyakiti orang lain

    3. Manfaat :
    Saya dapat mengetahui berbagai macam ragam bahasa dan harus dihargai berbagai macam ragam bahasa tersebut meskipun memiliki perbedaan arti atau makna.

    4. Hal-hal yang perlu diperhatikan ketika menulis karya ilmiah :
    a) sistematis,
    b) sesuai dengan EYD ,
    c) objektif

    5. Cara menyusun kalimat agar efektif :
    a) harus ada unsur kata yang telah ditetapkan
    b) tidak berulang-ulang
    c) berkesinambungan
    c) hemat
    d) logis

    6. Pertarungan ekonomi antara Amerika terhadap China akan semakin berlangsung sengit karena kedua negara tersebut memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan punya rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.

    7. Saya adalah mahasiswa dari Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Semarang. Jurusan saya memiliki tujuan yaitu menghasilkan Sarjana Pendidikan di Bidang Bimbingan dan Konseling yang professional. Selain itu juga mampu melaksanakan dan memanfaatkan hasil penelitian, serta melaksanakan pengabdian pada masyarakat yang berbasis pada pendidikan, nilai, dan etika. Oleh karena, itu saya yakin bahwa saya akan menjadi calon lulusan terbaik di jurusan BK UNNES karena adanya tujuan-tujuan yang telah saya ketahui.

    8. Berusaha dan tetap berlatih setiap saat dan dilakukan dalam proses perkuliahan.

    9. Saya berharap dosen tahu bahwa metode pembelajaran yang digunakan dalam proses belajar mengajar harus sesuai dengan karakter mahasiswa. Karena tidak semua mahasiswa dapat menerima materi dengan menggunakan salah satu metode pembelajaran saja.

  4. m syahrul irfani 1301415071

    October 27, 2016 at 1:13 pm

    nama : m syahrul irfani
    nim : 1301415071

    1. dapat mengetahui kelahiran bahasa indonesia, perkembangan ejaan, dan kongres bahasa indonesia
    2. mengetahui prinsip kesantunan berbahasa dan cii kesantunan berbahasa untuk diimplementasikan dalam kehidupan
    3. mengetahui apa itu ragam undang-undang, ragam jurnalistik, ragam ilmiah, ragam sastra, dan ciri ragam bahasa ilmiah
    4. a. menggunakan diksi yang tepat, b. menggunakan ejaan yang benar,c. menggunakan kalimat efektif,d. menggunakan paragraf yang padu dan komprehensif
    5. a. memiliki keutuhan atau kesatuan gagasan, b. memiliki kepautan atau kepaduan, c. memiliki pemusatan perhatian atau penekanan, d. memiliki kehematan, e. memiliki kevariasian, f. kesejajaran atau paralelisme
    6. pertarungan ekonomi antara amerika dengan china akan berlangsung sengit karena mereka punya modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan mempunya rakyat yang besar sebagai basis konsumen.
    7. Konseling merupakan suatu hubungan yang bersifat membantu yaitu adanya interaksi anatara konselor dan konseli dalam suatu kondisi yang membuat konseli terbantu dalam mencapai perubahan dan belajar membuat keputusan sendiri serta bertanggung jawab atas keputusan yang diambil.
    Konseling sebagai cabang ilmu dan praktik pemberian bantuan kepada individu pada dasarnya memiliki pengertian spesifik sejalan dengan konsep yang dikembangkan dalam lingkup ilmu dan profesinya.
    Diantara berbagai ilmu yang memiliki kedekatan dengan konseling adalah psikologi, bahkan secara khusus dapat dikatakan konseling merupakan aplikasi dari psikologi.
    8. belajar mata kuliah bahasa indonesia, banyak membaca karya ilmiah (buku, artikel, jurnal, dll), berlatih menulis
    9. saya berharap dosen tahu bahwa saya kurang paham tentang mata kuliah bahasa indonesia

  5. Sobrun Jamil

    October 27, 2016 at 1:19 pm

    Nama : Sobrun Jamil
    NIM : 1102415043

    1. Mengetahui lebih jelas tentang bahasa indonesia, lahirnya kata indonesia, kosa kata bahsa indonesia, mengerti arti bahasa itu sendiri dan mengetahui manfaat bahasa dalam keseharian.

    2. Manfaat yang saya peroleh dari materi kesantunan berbahasa, membuat saya dalam berbicara berkomunikasi dengan teman sebaya, teman bermain, orang tua, dosen, dan orang yang baru dikenal bisa memilih dan menggunakan kata atau bahasa yang santun dan sopan, pas pada porsinya dan tidak terkesan kaku.

    3. Manfaat yang saya peroleh dari materi ragam bahasa. yang pertama saya lebih tahu dan mengerti ragam atau jenis bahasa, bisa membedakan mana bahasa jurnalisti, hukum, ilmiah, sastra. mengetahui ciri khusus dari setiap ragam bahasa tersebut.

    4. Hal yang menjadi pertimbangan penulis dalam membuat tulisan atau menulis adalah untuk siapa tulisan tersebut ditujukan, kemudian materi apa yang terdapat dalam tulisan tersebut, kemudian suasana yang ingin diwujudkan atau dihadirkan dalam tulisan tesebut.

    5.Cara menyusun kalimat yang efektif yang pertama yaitu menggunakan kata baku, lugas, logis, jelas. kemudian gunakan kata atau diksi yang pas, keterpaduan antar kata atau kalimat.

    6. Persaingan ekonomi antara Amerika dan China akan semakin sengit karena Amerika dan China masing-masing memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan memiliki rakyat dalam jumlah besar sebagai konsumennya.

    7. Kurikulum dan Teknologi Pendidikan merupakan suatu jurusan yang disiapkan dan diharapkan bisa memfasilitasi, membuat, menciptakan, dan meningkatkan pembelajaran, teknologi pendidikan sendiri mencakup tiga konsetrasi yaitu kurikulum, pengembang teknologi pembelajaran, dan multimedia. Dari ketiga konsentrasi tersebut mengarah kesatu tujuan yaitu untuk menghasilkan pembelajaran yang efektif didalam kelas maupun dalam kegiatan belajar mengajar.

    8. Untuk meningkatkan kemampuan menulis, saya akan lebih banyak membaca buku, jurnal, artikel, dan berbagai sumber yang bisa meningkatkan kemampuan menulis saya. Bisa juga saya akan mengikuti dan gabung dalam komunitas menulis seperti BP2M, belajar dari teman yang pintar menulis.

    9. Saya berharap dosen tahu bahwa saya kagum dengan bapak dosen, saya sangat heran dengan bapak karena dengan usia muda sudah menjadi ketua redaksi. Saya sangat senang dengan pembelajaran yang bapak sajikan, karena kita dalam pembelajaran tidak mengulang-ulang lagi dari buku yang sudah ada.

  6. Anggun Permata Putri

    October 27, 2016 at 1:19 pm

    NAMA : ANGGUN PERMATA PUTRI
    NIM : 3301415031

    1. Dari pelajaran tentang sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia yang saya dapat dari pelajaran ini adalah menambah wawasan tentang bagaimana sejarah bahasa indonesia dari jaman dahulu hingga sekarang. Sehingga saya tahu tentang perkembangan ejaan yang diselenggarakan secara rutin setiap lima tahun sekali kecuali pada awal indonesia merdeka dan kongres bahasa Indonesia.
    2. Saya dapat mengetahui tentang prinsip sopan santun dalam maksim-maksim dan mengetahui juga tentang ciri kesantunan bahasa.
    3. Dapat mengenal empat ragam bahasa yaitu bahasa hukum, ragam bahasa ilmiah, ragam bahasa jurnalistik, dan ragam bahasa sastra.
    4. – Penggunaan ejaan bahasa indonesia yang disempurnakan (EYD)ditetapkan berdasarkan Permendiknas No 46 Tahun 2009 tentang pedoman penggunaan ejaan bahasa indonesia yang disempurnakan
    – Penggunaan tata istilah dalam penulisan karya tulis ilmiah ditetapkan berdasarkan Permendiknas No146/U/2004 tentang pedoman pembentukan istilah.
    – Penggunaan kalimat dan penataan paragraph diatur dalam buku tata bahasa baku bahasa indonesia
    – Penggunaan kata baku dalam penulisan karya ilmiah mengacu pada ketentuan yang tertuang pada kamus besar bahasa indonesia edisi IV
    5. – Kesatuan gagasan
    – Kesejajaran
    – Kehematan
    – Penekanan
    – Kelogisan
    6. Persaingan ekonomi antara Amerika dan China akan berlangsung sengit karena mereka memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia , dan memiliki rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.
    7. PKN adalah salah satu jurusan yang terdapat pada Universitas Negeri Semarang. Jurusan ini memilik dua prodi yaitu prodi ilmu politi dan prodi pendidikan pancasila & kewarganegaraan. Prodi ilmu politik berakreditasi C karena prodi ini bersifat baru dan baru dibentuk pada tahun 2012 tetapi prodi PPKn berakritasi A sehingga prodi ini menjadi prodi unggulan dijurusan PKN. Jurusan PKN mempunyai padepokan karakter yang tidak terdapat pada jurusan lain di Universitas Negeri Semarang. Padepokan karakter ini dibuat untuk ruang diskusi atau ruang pembelajaran tentang karakter sehingga mahasiswa jurusan PKN menjadi mahasiswa yang berpedoman dengan pancasila.
    8. Saya akan belajar dan berlatih untuk terus menulis pada setiap harinya sehingga keterampilan menulis saya dapat meningkat secara signifikan.
    9. Saya berharap dosen tahu bahwa tugas yang diberikan dosen saya terlalu banyak dan pengumpulannya hanya beberapa hari setelah dikasih tugas tersebut sehingga membuat saya kelabakan mengerjakannya karena tugas saya bukan hanya tugas bahasa indonesia saja.

  7. Moh Agus Riawan

    October 27, 2016 at 1:23 pm

    Nama : Moh Agus Riawan
    NIM : 1102415022
    1. Alhamdulillah, hal yang saya dapatkan itu yangat banyak, misal: saya menjadi mengetahui dan faham benar mengenai permulaan perkembangan bahasa indonesia di tanah air. juga saya dapat mengetahu begitu banyaknya pertimbangan untuk menjadikan bahasa indonesia menjadi bahasa nasional.
    2. Saya dapat mengerti dan bisa melaksanakan keterampilan berbahasa dengan santun sesuai dengan kaidah-kaidah berahasa. ya karena itu sangat penting untuk menghormati orang lain atau orang yang lebih tua dari kita dan juga dengan berbahasa santun itu dapat menggambarkan suatu pribadi seseorang.
    3. Saya dapat mengetahui bahwa di Negara Indonesia itu memiliki banyak jenis dan rupa bahasa,menurut kita bahasa tersebut terdengar kasar ditelinga kita, namun jika bahasa itu di terapakan di daerah asal menjadi bahasa yang umum, berbeda orang juga berbeda cara berbahasa
    4. Untuk penulisan karya ilmiah hal yang harus diperhatikan yaitu antara lain
    a. Pemilihan kata dalam setiap kalimat dalam paragraf. pemilihan kata ini penting untuk penulisan karya ilmiah, karena dengan memilih kata yang tepat kita dapat meminimalisir kata yang ambigu.
    b.Kalimat dalam paragraf harus saling mendukung, maksutnya yaitu agar tidak ada kalimat yang sumbang antara kalimat satu dengan kalimat yang lain atau yang tidak mendukung ide pokok dalam paragraf.
    c. Dalam setiap paragraf itu harus mengandung paling tidak satu ide pokok yang kemudian dikembangkan dengan beberapa ide penjelas.
    d. Penggunaan bahasa sesua dengan kaidah yang berlaku.
    e. Ejaan dan tanda baca itu juga harus diperhatikan dari satu paragraf dengan paragraf yang lain itu hrus ada keterpaduan satu sama lain.
    5. Intinya dalam menyusun kalimat yang efektif yaitu pertama harus ada subjek, predikat, objek, atau juga dapat ditambah keterangan, untuk memperkuat suatu kalimat. kedua, memiliki kesamaan imbuhan. ketiga, yaitu singkat, padat dan jelas. keempat penekanan. kelima, dalam menyusun kalimat itu harus logis.
    6. Pertarungan ekonomi antara Amerika dengan China berlangsung sengit, karena dari kedua belah pihak memiliki modal besar, menguasai pasar dunia, dan memiliki konsumen dalam jumlah yang besar.
    7. Kurikulum merupakan rancangan suatu pendidikan yang mempunyai peran dan kedudukan strategis dalam seluruh lingkup pendidikan. Mengingat pentingnya peran pentingnya kurikulum harus menggunakan prinsip-prinsip seperti relevansi, fleksibilitas, kontinuitas, efisiensi,
    efektifitas dan juga prinsip kesatuan.
    8. Dengan sering-sering belajar menulis dan mungkin dapa mengikuti berbagai lomba menulis cerpen, karya ilmiah, puisi, pantun, dan sebagainya.
    9. Mahasiswa juga perlu kebebasan, tidak perlu menyuruh mahasiswa untuk membaca materi terlebih dahulu sebelum perkuliahan dimulai, biarkan mahasiswa mengekspresikan
    mata kuliah sesuai kemampuan masing-masing. mahasiswa juga tahu pentingnya membaca, namun tidak semua mahasiswa suka membaca.

  8. Ammar Annas Al Jihad

    October 27, 2016 at 1:25 pm

    NAMA : AMMAR ANNAS ALJIHAD
    NIM : 1102415101

    1. manfaat yang kita peroleh dari mempelajari sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia adalah kita mengerti awal kelahiran dan perkembangan bahasa Indonesia dari ejaan jaman dahulu sampai jaman sekarang, kemudian memotivasi diri untuk melestarikan bahasa Indonesia, dan menumbuhkan semangat kebangsaan dan nilai patriotisme.
    2. manfaatnya adalah kita bisa bertutur bahasa yang baik dan benar, tidak menyinggung atau menyakiti orang lain dengan cara berbahasa kita, dan dengan mempelajari kesantunan bahasa ini kita dapat saling menghormati dan menghargai orang lain.
    3. Manfaatnya adalah kita tahu cara penggunaan bahasa sesuai dengan ragamnya,dan menumbuhkan rasa toleransi karena di Indonesia memiliki keanekaragaman bahasa.
    4. jadi kata yang digunakan mudah di terima oleh pembaca, menggunakan kata yang sederhana, dan apabila menggunakan kata istilah lebih baik disertai dengan artinya.
    5. Adanya kesatuan gagasan, adanya kesejajaran dalam kalimat, tidak bertele-tele, adanya penekanan, dan logis.
    6. Persaingan ekonomi Amerika dengan China semakin sengit, karena keduanya memiliki modal yang besar, menguasai pasar dunia, dan mempunyai penduduk yang banyak sebagai konsumen.
    7. saya kuliah di jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan. Di jurusan saya terdapat mata kuliah yang saya sukai yaitu fotografi. fotografi mempelajari tentang pengenalan dan pengoperasian kamera. karena mata kuliah itu sesuai dengan hobi saya, maka saya merasa senang kuliah di jurusan ini.
    8. yaitu dengan sering-sering membaca buku tentang cara penulisan yang benar dan latihan secara terus menerus, dan menanyakan atau konsultasi dengan orang yang pintar dalam menulis.
    9. saya berharap dosen tahu bahwa dalam memberikan tugas melihat atau mengukur kemampuan dari mahasiswanya bahwasannya kita tau tuhan tidak pernah memberikan cobaan diluar kemampuan yang dicoba.

  9. RIANDIKA ADHI NUGROHO 6301415133

    October 27, 2016 at 1:29 pm

    nama;riandika adhi nugroho

    nim;6301415133

    1.saya jadi mengetahui pentingnya akan bahasa dan juga mengetahui perkembangan bahasa dari dahulu sampai sekarang dan mengetahui sejarah bahasa indonesia itu berkembang di indonesia.

    2.kita dapat membedakan antara bahasa yang baik digunakan dalam kehidupan sehari-hari dan dapat berbicara sopan kepada dosen maupun yang lebih tua dari kita.dan kita bisa mengetahui bahwa bahasa adalah sebagai alat komunikasi buat kita sehari-hari.

    3.mempelajari ragam bahasa kita dapat mempelajari berbagai bahasa yang ada di indonesia ini sendiri dan mengetahui akan bahasa-bahasa yang belom kita ketahui sebelumnya dan berbagai macam bahasa di dunia yang belom kita ketahui sebelumnya.

    4.seorang penulis karya ilmiyah harus mengetahui ragam bahasa yang harus iya ketahui dan harus memikirkan tingkat kesulitan bahasa yang akan ia tulis,dan penulis juga harus bisa menulis,tulisan dan bahasa mudah di mengert oleh pembacai

    5.menggunakan bahasa yang tepat,bahasa yang digunakan harus berstandar EYD yang tepa,kalimanya harus menyambung antara paragraf pertama dan yang lainya dan bahasa yang digunakan juga harus logis.

    6.persaingan ekonomi amerika terhadap china akan berlangsung sengit karena amerika dan chinamemiliki modal besar,menguasai sebagian pasar di dunia dan mempunyai rakyat berjumlah besar sebagai basis konsumen.

    7.saya kuliah di UNNES ini di fakultas ilmu keolahragaan jurusan pendidikan keolahragaan karena saya ingin mengembangkan bakat saya disini dan juga menekuni bidang yang saya kuasai,tidak hara bola voly saja tetapi berbagai bidang olahraga yang saya geluti di fakultas olahraga ini,saya juga menekuni bidang olahraga lain antaranya bola volly,senam alat,futsan volley pantai dan lain sebagainya,saya juga ingin memajukan nama fakultas keolahragaan Universitas negeri semarang kepada masyarakat di manapun berada dan di pendidikan olahraga ini saya mencari sertifikat yang dimana bisa saya gunakan sebagai melatih adik-adik saya dan sekolahan yang membutuhkan saya kelak akan datang.

    8.tentunya saya akan perbanyak membaca dan menulis agar cara menulis saya bisa benar dan meningkat,dan tidaklah lupa juga membaca artikel-artikel yang ada dan menulis ulang untuk latian menulis saya.

    9.saya berharap dosen tahu bahwa sebelum mata kuliah bahasa indonesia berlangsung saya mengajar di MTs AL ASROR semarang pada jam 09.00-10.40,jadi saya kuliahnya terlambat

  10. Ayu Permatasari 2201415063

    October 27, 2016 at 1:33 pm

    1. Manfaat yang saya peroleh ketika mempelajari tentang sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia adalah saya bisa mengetahui bagaimana pejuang kemerdekaan memperjuangkan bahasa Indonesia sebagai bahasa kesatuan yang termuat dalam Sumpah Pemuda. Selain itu bahasa Indonesia juga mengalami perkembangan dan penyempurnaan ejaan itu merupakan bukti bahwa ilmu pengetahuan selalu berkembang begitupun seharusnya dengan ilmu kita. kita juga harus bangga karena bahasa Indonesia menjadi lingua franca yaitu bahasa perhubungan dan perdagangan di kawasan melayu.
    2. manfaat yang saya peroleh ketika mempelajari materi kesantunan berbahasa yaitu saya dapat mengetahui dan lebih memahami penggunaan bahasa yang tepat dimana kita berbicara, dengan siapa kita berbicara, dan dalam situasi apa kita berbicara. Materi kesantunan bahasa juga mengajarkan kita untuk belajar lebih teliti dalam penggunaan bahasa yang lebih sopan dan santun kepada lawan bicara kita.
    3. Manfaat yang saya peroleh ketika mempelajari ragam bahasa yaitu saya bisa memahami penggunaan bahasa yang tepat di setiap karya tulis yang berbeda. Bahasa yang digunakan tergantung pada tujuan untuk siapa kita menyampaikan informasi tersebut.
    4.Hal yang harus dipertimbangkan supaya seorang penulis dapat memilih kata dengan tepat saat menulis karya ilmiah yaitu kesesuaian dengan topik, untuk siapa karya ilmiah itu dibuat, keefektifan kalimat, ejaan yang digunakan, bermakna denotatif.
    5. Cara menyusun kalimat supaya menjadi kalimat efektif yaitu menggunakan penalaran yang jelas, berstruktur ideal, logis, lugas, hemat dan sejajar.
    6. Persaingan ekonomi antara Amerika dan China semakin berlangsung sengit karena Amerika dan China memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan memiliki jumlah penduduk yang besar sebagai basis konsumen.
    7. Belajar bahasa membutuhkan beberapa kemampuan dasar yaitu kemampuan mendenagarkan, berbicara, membaca, dan menulis. kemampuan yang di nilai paling sulit yaitu kemampuan menulis karena dalam menulis kita harus memiliki banyak pengetahuan, memiliki penalaran yang baik dan mampu memahami penggunaan kosakata yang tepat.
    8. yang perlu saya lakukan untuk meningkatkan kemampuan menulis saya secara signifikan yaitu dengan banyak membaca dan memahami penalaran berbahasa. Selain itu mengkritisi bacaan yang kita baca juga sangat dibutuhkan agar tulisan kita lebih baik.
    9. Saya berharap dosen tahu bahwa mahasiswa sangat membutuhkan feedback (timbal balik) untuk setiap tugas yang mereka kerjakan. Jadi bukan hanya mengerjakan tugas dan dikumpulkan tanpa mengerti dimana kesalahan pekerjaan mahasiswa.

  11. affan asy'ary

    October 27, 2016 at 1:35 pm

    1.Dapat mengetahui perkembangan sejarah bahasa indonesia dari masa kw masa mulai dari sejarah perkambangan bahasaindonesia pada zaman pra kemerdekaan zaman kmerdekaan dan zaman demokrasi \

    2.Semua orang berbahasa secara sanrun setiap orang wajib menjaga etika dalam berkomunikasi agar tujuan komunikasi dapat tercapai

    3.bisa mengerti pokok pembicaraan yang ada dalam ragam-ragam bahasa

    4.membadakan makna denotasi dan konotasi
    .membedakan secara cermat makna kata yang hampir bersinonim
    .membedakan makna secra cermat kata yg mirip ejaan nya
    .tidak mennafsirkan makna lkata secara subjektif berdasarkan pendapat sendiri jika pemahamannya blm dpat dipastikan ,pemakai kata harus menemukan makna yang tepat
    .mengunkani imbuhan asing(jika di perlukan) harus memahami maknanya secara tepat

    5.kalimat tersebut harus memenuhikaidah bahasa yang benar seperti
    .kesatuan gagasan
    .kesejajaran
    .kehematan
    .penekanan
    .kelogisan

    6.persaingan ekonomi antara amerika dan china akan berlangsung sengit karena amerika dan china mempunyai modal yang besar mempunya i masyarakat dalam jumlah besar sebagai besar konsumen

    7. sepak takraw adalah olahraga yang mengandalkan fisik dan teknik kaki.fsik sepak takraw harus ideal dan kuat yang paling utama adalah teknik kaki dalam sepak takraw teknik kaki yang di andalkan karena sepak takraw mengandalkan kaki dan skil yang bagus.

    8.berlatih menulis karya ilmiah
    .membaca
    .mendengarkan
    .menjabarkan

    9.Saya berharap dosen tahu bahwa saya mengerjakan uts bahasa indonesia dengan jujur .

  12. ANIS NUR HIDAYAH 6301415164

    October 27, 2016 at 1:35 pm

    Nama : Anis Nur Hidayah
    Nim : 6301415164

    1.dapat mengetahui asal usul b.indonesia itu sendiri, mengetahui perkembangan bahasa indonesia dari kelahirannya..dan pentingnya penggunaan b.indonesia dari dahulu sampai sekarang
    2.dari kesantunan berbahasa kita dapat mengambil bahwa bahasa sebagai alat komunikasi menggunakan bahasa yang baik dan benar, kesopan santunan, bahasa indonesia sebagai bahasa nasional di negara kita sendiri.
    3.ragam bahasa mengenal empat ragam bahasa yaitu ragam bahasa hukum,ragam bahasa ilmiah, ragam bahasa jurnalistik, dan ragam bahasa sastra. Dari masing-masing menggunakan bahasa yg berbeda pula..Seperti bahasa yg di gunakan dalam sastra berbeda dengan undang-undang. Menggunakan ragam bahasa tentu harus menggunakan diksi yg tepat
    4.saat penulis akan membuat karya ilmiah maka bisa di bantu dengan menggunakan EYD , membuat berdasarkan penelitian yg akan di tulis, saat membuat karya ilmiah seperti skripsi membutuhkan bimbingan dan tanggyng jawab dari orang yg lebih profesional.Dan karya ilmiah tentu memiliki ciri masing-masing
    5.untuk membuat kalimat yg efektif menggunakan diksi yg tepat, penggunaan kata yg cocok, menggunakan kata yg sudah tepat
    6.Antara Amerika dan China semakin bersaing dalam dunia ekonomi khususnya dalam bidang pemasaran karena keduanya saling bersaing dan masing-masing mempunyai modal yg besar pula untuk menguasai pasar dunia dan banyak masyarakat sebagai konsumen semakin banyak
    7. Saya kuliah di UNNES di Fakultas Keolahragaan jurusan PKLO, cabang olahraga saya adalah karate. Sudah lama saya menekuni kegiatan karate, dan saya ingin mempelajari lebih dalam dengan sekolah di FIK ini, dan saya mulai tertarik di bidang olahraga tidak hanya cabang olahraga yg saya tekuni gaitu karate, saya mulai tertarik dengan olahraga yg lainnya, karena jurusan saya mengajarkan berbagai macam olahraga dan sebagai calon pelatih perlu banyak latihan latihan juga sebagai calon guru olahraga, perlu mendalami berbagai macam olahraga.
    8. Tentunya perbanyak membaca buku khusunya bahasa indonesia dan mempelajari kamus bahasa indonesia juga penting karena juga berguna di masa depan, banyak berkomunikasi menggunakan bahasa indonesia secara benar, untuk menulis sudah di buat seperti saat kuliah ada tugas membuat makalah, penelitian, karya ilmiah, itu salah satu apakah penggunaan bahasa kita benar ataukah tidak, sudah menguasai keterampilan menuliskah, keterampilan menulis tidak hanya yg seperti membuat surat surat yg formal saja tetapi juga bisa membuat cerpen,novel, dan banyak lagi
    9.Saya berharap bahwa dosen tahu jika mengikuti perkuliahan bahasa indonesia harus sesuai dengan pertemuan awal yg harus di ikuti tetapi terkadang saat mempelajari bahasa indonesia juga mengalami kesulitan seperti kurang paham dan takut jika mau bertanya, dan bukan bidang saya dalam penguasaan bahasa indonesia..tetali disini untuk berusaha mengenal bahasa indonesia, karena bahasa indonesia penting dalam berbagai hal

  13. M. Eka Jaya nugraha Putra

    October 27, 2016 at 1:36 pm

    1. Sangat bermanfaat bagi saya, karena mendapat banyak pelajaran yang sebelumnya belum saya ketahui.
    2. Mengetahui bagaimana cara berkomunikasi yang baik. Yang tidak menyinggung sebelah pihak dan dan maksud juga tersampaikan.
    3.mengetahui ragam budaya bahasa Indonesia

  14. Alfian Nuke A

    October 27, 2016 at 1:36 pm

    nama alfian nuke andrianto
    nim 6301415143

    1.menurut saya manfaat mempeljari sejarah bahasa indonesia sangat lah penting,karena bahasa indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik untuk berkomuniasi dalam bahasa indonesian dengan baik dan benar,baik secara lisan maupun tulis,serta menumbuhkan apresiasi terhadap hasil karya kesastraan manusia indonesia.

    2.menurut saya manfaat mempelajari kesantunan berbahasa yaitu kita bisa mengetahui berbicara yang santun kepada teman dan kepada orang lebih tua dari kita, karena sekarang sudah banyak anak kecil berbicara kepada orang lebih tua itu sama seperti berbicara teman sebayanya.

    3.manfaat mempelajari ragam bahasa menurut saya yaitu kita bisa mengetahui ragam bahasa di indonesia,karena kita mempunyai ragam budaya dan bahasa yang beranekaragam.

    4.menurut saya kita harus memilih kata kata yang lazim,karena sebagaian penyampai pesan,penulis harus menghubungkan pikiranya dengan pengalaman orang lain.kata-kata pendek, sederhana yang lajim bagi setiap orang adalah yang terbaik
    5. 1. Kesatuan gagasan, seperti subjek, predikat, objek, keterangan
    2. Kesejajaran, memiliki kesamaan imbuhan
    3. Kehematan kata
    4. Penekanan
    5. Kelogisan

    6. Perselisihan ekonomi antara Amerika dengan China semakin bersitegang karena Amerika dan China memiliki modal yang besar, menguasai pasar dunia, dan mempunyai penduduk yang banyak sebagai konsumen terbesar.

    7. Olahraga yang teratur adalah cara yang paling baik dan murah dalam menjaga kesehatan tubuh kita. Tubuh yang tetap bergerak akan menghasilkan energi yang cukup hasil dari pembakaran atau oksidasi makanan yang ada di dalam tubuh. Energi ini akan dipakai untuk menunjang aktifitas kita sehari – hari. Selain menghasilkan energy, proses pembakaran tersebut juga akan menghasilkan glukosa yang merupakan cadangan energy. Glukosa ini akan disimpan dalam bentuk otot sehingga tubuh kita akan menjadi proposioanal. Disamping menghasilkan energi dan membentuk massa otot, olahraga juga bisa membakara lemak yang menumpuk di badan sehingga tubuh kita akan memiliki berat badan yang proposional. Namun, berolahragalah dengan teratur dan jangan sampai berlebihan karena malah akan merusak tubuh kita.

    8. Menurut saya, dengan rajin menulis dengan melihat referensi dari internet, buku, dll.

    9. Saya berharap dosen tahu bahwa, saat mengajar sedikit kurang jelas, terkadang ada mahasiswa yang belum jelas, namun malu untuk bertanya.

  15. April Lianita Sari

    October 27, 2016 at 1:38 pm

    Nama : April Lianita Sari
    NIM : 5201415007

    1. Manfaat yang diperoleh ketika mempelajari materi sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia yaitu dapat mengetahui asal-usul atau sejarah lahirnya bahasa Indonesia beserta alasan mengapa bahasa Indonesia digunakan sebagai bahasa nasional di Indonesia. Dan juga dapat mengetahui sejarah perkembangan ejaan yang digunakan dalam bahasa Indonesia dari waktu ke waktu.
    2. Manfaat yang diperoleh ketika mempelajari materi kesantunan berbahasa yaitu menjadi lebih sopan ketika berbicara dengan orang lain dan menggunakan kata-kata yang halus untuk menjaga perasaan lawan bicara agar tidak terganggu dengan bahasa atau ucapan yang disampaikan.
    3. Manfaat yang diperoleh ketika mempelajari ragam bahasa yaitu dapat mengetahui ciri-ciri dari berbagai jenis ragam bahasa, seperti ragam bahasa ilmiah, jurnalistik, hukum, dan sastra. Setelah mengetahui ciri-cirinya dapat mengidentifikasi sebuah tulisan termasuk dalam jenis ragam bahasa apa dan dapat membuat atau menyusun tulisan dengan jenis ragam bahasa yang sudah dipelajari di kelas.
    4. Hal yang harus dipertimbangkan penulis supaya yaitu ketepatan makna, penulis harus mengetahui hubungan antara bentuk kata yang akan digunakan dengan referensinya, bentuk kata yang dipilih harus cukup jelas dan lengkap serta mendukung apa yang dipikirkan oleh penulis. Pemilihan kata dalam penulisan karya ilmiah harus menggunakan kata yang baku. Kedua, kata yang digunakan harus cocok atau sesuai. pilihan kata yang digunakan harus tepat supaya tidak menimbulkan salah penafsiran oleh pembaca dengan apa yang dipikirkan oleh penulis.
    5. Cara menyusun kalimat supaya menjadi kalimat efektif adalah dengan menggunakan diksi yang tepat. Kalimat harus memiliki subjek dan predikat yang jelas dan predikat tidak didahului degan preposisi. kalimat harus memiliki kepaduan atau ketepatan dalam menggunakan konjungsi, kalimat harus memiliki pemusatan perhatian atau penekanan, menghindari penggunaan kata yang mubazir, kalimat memiliki pola dan bentuk atau jenis yang bervariasi, kalimat menggunakan bentuk-bentuk bahasa yang sama atau kesejajaran.
    6. Pertarungan ekonomi Amerika terhadap China semakin sengit, karena Amerika dan China memiliki modal besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan mempunyai rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.
    7. Mesin bubut adalah mesin perkakas yang banyak digunakan dalam bidang teknik mesin. Mesin bubut bekerja dengan cara benda kerja berputar atau berotasi sedangkan pahat bergerak maju untuk mengurangi bagian benda kerja. Fungsi dari mesin bubut adalah untuk mengurangi ketebalan benda kerja yang akan dibuat menjadi sebuah produk. Mesin bubut digunakan untuk membuat kompenen-komponen yang terdapat dalam mesin, seperti roda gigi, poros, mur dan baut. Mesin bubut terdiri dari beberapa komponen, seperti kepala lepas dan kepala tetap.
    8. Hal yang dapat dilakukan supaya kemampuan menulis meningkat signifikan yaitu dengan cara meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia, kemudian memahami ciri-ciri berbagai jenis tulisan atau karangan, dan kemudian berlatih membuat karangan atau tulisan secara berulang-ulang sampai kemampuan menulis menjadi meningkat dan lebih baik dibandingkan sebelumnya.
    9. Saya berharap dosen tahu bahwa kemampuan menulis yang dimiliki mahasiswa masih sangat terbatas dan belum dapat membuat sebuah karangan atau tulisan dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah berbahasa Indonesia benar.

  16. Arisca Rose Rosalina

    October 27, 2016 at 1:42 pm

    Nama : Arisca Rose Rosalina
    NIM :5201415009

    1. Manfaat yang saya peroleh ketika mempelajari materi sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia yaitu dapat mengetahui asal-usul atau kelahiran bahasa Indonesia dan perkembangan bahasa Indonesia termasuk perkembangan ejaan bahasa Indonesia.
    2. Manfaat yang saya peroleh ketika mempelajari materi kesantunan berbahasa yaitu saya dapat mengetahui bagaimana bahasa yang santun yang dapat saya terapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk berkomunikasi dengan orang lain.
    3. Manfaat yang saya peroleh ketika mempelajari ragam bahasa yaitu dapat mengetahui jenis-jenis ragam bahasa, ciri-cirinya, dan penggunaanya.
    4. Hal yang harus dipertimbangkan supaya seorang penulis dapat memilih kata dengan tepat saat menulis karya ilmiah yatu ketepatan dan kecocokan atau kesesuaian diksi. Ketepatan diksi mempersoalkan kesanggupan sebuah kata untuk menimbulkan gagasan-gagasaan yang tepat pada imajinasi pembaca, seperti apa yang dipikirkan atau dirasakan oleh penulis. Sedangkan kecocokan diksi maksudnya apakah pilihan kata dan gaya bahasa yang digunakan tidak merusak suasana atau menyinggung perasaan.
    5. Cara menyusun kalimat supaya menjadi kalimat efektif yaitu membuat struktur gramatikal yang utuh, membuatnya memiliki kepaduan, pemusatan perhatian, menghindari kata mubazir, memvariasikan kalimat, dan mensejajarkan kalimat.
    6. Pertarungan ekonomi Amerika dan China akan semakin sengit karena keduanya memiliki kekuasaan yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan mempunyai rakyat dalam jumlah yang besar sebagai basis konsumennya.
    7. Mesin bubut merupakat mesin yang sangat penting dalam proses pemesinan. Mesin bubut dapat digunakan untuk menyayat permukaan, mengebor dan membuat ulir. Mesin bubut dapat digunakan untuk membuat komponen-komponen mesin seperti baut dan poros.
    8. Hal yang akan saya lakukan agar keterampilan menulis saya meningkat signifikan adalah dengan mempelajari materi-meteri pada mata kuliah bahasa Indonesia seperti penalaran dan pengembangan paragraf, kalimat efektif, pemilihan diksi, kesantunan bahasa dan lain-lain.
    9. Saya berharap dosen tahu bahwa kadang mahasiswa kurang paham terhadap materi yang dosen sampaikan dalam proses perkuliahan.

  17. Titi Arifah

    October 27, 2016 at 1:42 pm

    Nama : Titi Arifah
    NIM : 3301415044
    Jawaban soal UTS
    1. Saya dapat mengetahui dengan benar bagaimana asal mula bahasa Indonesia dan bangaimanya perkembangan bahasa Indonesia sampai saat ini.

    2. Dengan mempelajari materi kesantunan berbahasa, saya dapat menerapkan dalam tata cara berkomunikasi yang baik dan santun dengan orang lain dengan bahasa yang benar.

    3. Dengan mempelajari materi ragam bahasa, saya dapat membedakan ragam bahasa yang digunakan dalam karya-karya seperti karya sastra, karya ilmiah, jurnalistik dan lain sebagainya. Selain itu, dapat menggunakan diksi yang benar dan kalimat yang efektif dalam menulis suatu karya.

    4. Hal-hal yang perlu dipertimbangkan:
    -Ketepatan dan kesesuaian diksi
    -Menggunakan kata yang baku
    -Menggunakan kata yang lazim
    -Menggunakan kata yang sesuai dengan EYD

    5. -Menggunakan diksi yang tepat
    -Menggunakan ejaan yang benar
    -Menggunakan kata yang sesuai dengan EYD
    -Memperhatikan subyek, predikat dan objek yang harus jelas
    -Menggunakan kata yang mudah dipahami

    6. Persaingan ekonomi antara Amerika dan China semakin berlangsung sengit karena Amerika dan China memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan memiliki rakyat dalam jumlah yang banyak sebagai basis konsumen.

    7. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan merupakan pendidikan yang sangat penting bagi generasi muda agar tercipta generasi penerus yang berjiwa nasionalisme. Pendidikan Pancasila akan menjadi dasar terbentuknya karakter bangsa yang baik. Dengan demikian, maka tugas guru PPKn adalah memberikan pengetahuan yang tepat kepada siswa tentang Pancasila dan Kewarganegaraan agar siswa tidak memiliki perbedaan persepsi tentang Pancasila. Guru PPKn juga memiliki kewajiban untuk memberikan pendidikan moral kepada siswa agar dapat tebentuk generasi muda yang bermoral baik.

    8. Agar dapat meningkatkan keterampilan menulis, saya harus terus berlatih serta membaca karya-karya tulis yang sudah ada untuk dijadikan sumber saat belajar menulis. Ketika kita sudah terbiasa membaca, maka akan memudahkan kita dalam menulis.

    9. Saya berharap dosen tahu bahwa saya bersungguh-sungguh belajar Bahasa Indonesia agar dapat berbicara dan menulis dengan baik dan benar.

  18. Zulva Fitri Hanidyatna

    October 27, 2016 at 1:43 pm

    Nama :Zulva Fitri Hanidyatna
    NIM : 3301415029

    1. Manfaat dari mempelajari sejarah bahasa indonesia adalah kita dapat mengetahui alasan digunakannya bahasa indonesia dan awal digunakannya bahasa indonesia.

    2. dalam mempelajari kesantunan berbahasa kita dapat memperoleh banyak manfaat, salah satunya adalah kita dapat mengetahui bagaimana cara berkomunikasi yang baik dan santun dengan orang lain.

    3. Manfaat yang diperoleh ketika mempelajari ragam bahasa adalah kita dapat membedakan macam-macam ragam bahasa indonesia dan kita juga dapat menuliskan sesuai dengan ragam bahasa yang tepat.

    4. Saat penulis menulis karya ilmiah yang perlu dipahami adalah: menggunakan kata yang baku, memperhatikan kata yang sesuai dengan EYD, menggunakan diksi yang tepat.

    5. Cara menyusun kalimat agar menjadi kalimat yang efektif adalah:
    yang terpenting adalah terdapat subyek dan predikatnya.memiliki perpaduan, memiliki kehematan, memiliki kevariasian, kesejajaran atau paralelisme.

    6. Persaingan ekonomi antara Amerika dan China akan berlangsung sengit karena mereka memiliki modal yang besar,menguasai pasar dunia, dan mempunyai rakyat dengan jumlah besar sebagai basis konsumen.

    7. UNNES adalah salah satu perguruan tinggi negeri yang terdapat di Indonesia. UNNES memiliki banyak jurusan dalam delapan fakultas. PKN adalah salah satu jurusan yang terdapat di UNNES. Dalam PKN terdapat progam study Ilmu Politik dan PPKn. PPKn adalah program study yang mempelajari tentang Pancasila dan Kewarganegaraan, sehingga mahasiswa PPKn di tuntut untuk dapat mengamalkan nilai-nilai yang terdapat dalam Pancasila. Sedangkan Ilmu Politik adalah program study yang mempelajari tentang politik, sehingga mahasiswa dibentuk untuk menjadi calon pemimpin yang baik.
    Dalam PPKn siswa diberikan bekal pengetahuan tentang moral, pemerintahan, warganegara dan berbagai ilmu yang berhubungan dengan Pancasila. Mahasiswa juga dituntut dapat berperan aktrif dalam bela negara.Seperti halnya dalam membentuk manusia yang memiliki jiwa patriotisme dan memiliki moral yang baik.
    Dalam PPKn mahasiswa dibentuk untuk menjadi guru yang dapat mengajarkan niali-nilai Pancasila kepada siswanya kelak. membentuk moral yang baik bagi generasi selanjutnya. Sehungga mahasiswa harus memiliki moral yang baik sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

    8. Agar kemampuan menulis saya dapat meningkat signifikan, saya harus selalu melatih kemampuan saya dalam menulis, saya harus sering membaca sehingga wawasan saya semakin luas khususnya pengetahuan tenatang kata yang asing.

    9. Saya harap dosen tahu bahwa banyak kendala dalam UTS ini khususnya jaringan bagi saya, sehingga saya kurang waktu dalam mengerjakan. namun saya juga serius dalam mengerjakan UTS ini.

  19. annisa bany zakaria

    October 27, 2016 at 1:46 pm

    NAMA : ANNISA BANY ZAKARIA
    NIM : 6301415125
    JURUSAN : PKLO

    1)Setelah saya mempelajari materi sejarah dan perembangan bahasa indonesia saya jadi bisa meningkatkan kemampuan untuk berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tulis, serta menumbuhkan apresiasi terhadap hasil karya kesastraan manusia Indonesia.Serta saya lebih mudah berbicara dengan orang yang tidak saya kenal.

    2)Setelah saya mempelajari kesantunan berbahasa saya bisa berbicara secara benar,halus,baik dan sopan dengan orang yang saya ajak berkomunikasi. sehingga orang yang saya ajak berkomunikasi pun menghargai saya dan berbali membalas dengan bahasa yang santun.

    3)Semenjak saya mempelajari ragam bahasa saya sekarang lebih gampang mengaplikasikannya dengan baik dan benar. Serta lebih menghormati lawan bicara dalam berkomuniasi,apalagi dengan orang yang lebih tua dan memiliki peran penting di kehidupan kita.

    4) Pertama yaitu pemilihan Topik/ Masalah untuk Karya Ilmiah.Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan pada saat menentukan topik untuk karya ilmiah yaitu Merumuskan tujuan,Menentukan Topik, dan Menelusuri Topik.
    Kedua yaitu Mengidentifikasi Pembaca Karya Ilmiah.
    dan yang ketiga yaitu Menentukan Cakupan Isi Materi Karya Ilmiah.

    5)-Pertama dalam menyusun kalimat efektif harus ada beberapa unsur seperti subjek, predikat objek dan keterangan yang dapat membentuk suatu kalimat.
    -Kedua didalam kalimat memeliki kesamaan imbuhan.
    -Ketiga dalam penyusunan kalimat efektif tidak diperlu menggunakan kata-kata yang tidak diperlukan yang berlebihan.
    -Keempat Penyusunan kalimat efekti harus ada penenkanan karena pendenagr dan pembaca mengerti apa yang ditekankan dalam kalimat tersebut.
    -Kelima Logis atau masuk akal, jadi dalam penyusunan kalimat unsur-unsurnya harus berhubungan.

    6)Persaingan ekonomi antara Amerika dengan China akan berlangsung sengit karena kedua negara memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan punya rakyat dalam jumlah besar yang berbasis konsumen.

    7) Sepak bola adalah olahraga yang paling populer di muka bumi ini. Hampir semua usia, tidak peduli pria ataupun wanita menyukai dan memainkan olahraga ini. Namun saat ini sepak bola sudah jarang dimainkan lagi dikarenakan sulitnya menemukan lapangan sepak bola terutama di kota-kota besar akibat banyaknya pembangunan.
    Di tengah-tengah masalah tersebut, kini muncul sebuah olahraga yang bernama futsal. Olahraga ini sama dengan sepak bola tetapi futsal tidak membutuhkan lapangan yang luas seperti sepak bola. Jumlah pemain futsal pun lebih sedikit jika dibandingkan dengan sepak bola. Futsal bisa dimainkan hanya dengan 5 orang saja sedangkan sepak bola membutuhkan 11 orang pemain.
    Meskipun begitu olahraga sepak bola tetap digemari oleh masyarakat dan sampai sekarang pun masih sangat di gemari oleh semua kalangan pecinta sepa bola.Dan mudah mudahan aan selalu begitu sampai anak cucu kita besar nanti.

    8)Cara saya dalam meningkatkan ketrampilan menulis adalah dengan cara lebih banyak membaca. Karena dengan membaca kita dapat menuangkan ide-ide yang kita miliki ke dalam sebuah karya. Selnjutnya melatih kemampuan menulis agar dapat menghasilkan karya yang baik dan benar.

    9)Saya berharap dosen tau bahwa setip mahasiswa memiliki kepandaian yang berbeda-beda,jadi jangan sama ratakan dalam mengajar semua mahasiswa.Ajar dengan pelan pelan agar semua mahasiswa bisa paham.

  20. Herdiyan Agung Prakoso

    October 27, 2016 at 1:53 pm

    Nama: Herdiyan Agung Prakoso
    Nim : 6301415032
    Fak : FIK/PKLO

    1.Manfaat yang saya peroleh ketika mempelajari materi sejarah dan perkembangan bahasa indonesia yaitu membantu peserta didik mengenal dirinya, budayanya, dan budaya orang lain, mengemukakan gagasan dan perasaan, berpatisipasi dalam masyarakat yang menggunakan bahasa tersebut dan menemukan serta menggunakan kemampuan analitis dan imaginatif yang ada dalam dirinya. Dan juga meningkatkan kemampuan kita sebagai peserta didik untuk berkomunikasi dalam bahasa indonesia dengan baik dan benar.

    2.Manfaat yang saya peoleh ketika mempelajari materi kesantunan berbahasa yaitu kita bisa mengetahui bahasa yang baik dan benar maupun pantas saat kita berbicara atau berkomunikasi dengan seseorang seumuran kita ataupun yang lebih tua dari kita. Kita jadi bisa berbahasa yang sopan dan lembut

    3.Manfaat yang saya peroleh ketika mempelajari ragam bahasa yaitu kita menjadi lebih saling memahami satu sama lain atau lawan bicara kita saat sedang berkomunikasi. Kita juga jadi mengerti situasi yang dihadapi, masalah yang hendak disampaikan, latar belakang pendengar dan pembaca yang dituju, dan media atau sarana yang hendak digunakan.

    4.Hal yang harus dipertimbangkan supaya seorang penulis dapat memilih kata dengan tepat saat menulis karya ilmiah yaitu :
    1.Pemilihan Topik/ Masalah untuk Karya Ilmiah
    Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan pada saat menentukan topik untuk karya ilmiah. Dalam penulisannya harus mengikuti kaidah kebenaran isi, metode kajian, serta tata cara penulisannya yang bersifat keilmuan.
    a.Merumuskan tujuan
    Rumusan tujuan yang jelas dan tepat menjadi sangat penting untuk dapat menghasilkan karya tulis ilmiah yang terfokus bahasannya.
    b.Menentukan Topik
    c. Menelusuri Topik
    Bila topik telah ditentukan, kita masih harus memfokuskan topik tersebut agar dalam penulisannya tepat sasaran.

    5.Cara menyusun kalimat supaya menjadi kalimat efektif yaitu :
    1.Kesepadanan
    Kesepadanan adalah keseimbangan antara pikiran (gagasan) dan struktur bahasa yang dipakai.
    2.Keparalelan
    Keparalelan adalah kesamaan bentuk kata yang digunakan dalam kalimat itu. Artinya, jika bentuk pertama menggunakan nomina, maka bentuk kedua dan selanjutnya juga menggunakan nomina. Begitu pun dengan verba.
    3.Ketegasan
    Ketegasan atau penekanan adalah suatu perlakukan menonjol pada ide pokok kalimat. Dalam sebuah kalimat ada ide yang perlu ditonjolkan
    4.Kehematan
    Kehematan adalah hemat mempergunakan kata, frasa, atau bentuk lain yang dianggap tidak perlu. Kehematan tidak berarti harus menghilangkan kata-kata yang dapat menambah kejelasan kalimat.
    5.Kecermatan
    Kecermatan adalah bahwa kalimat itu tidak menimbulkan tafsir ganda, dan tepat dalam pilihan kata.
    6.Kepaduan
    Yang dimaksud kepaduan di sini ialah kepaduan pernyataan dalam suatu kalimat sehingga informasi yang disampaikan tidak terpecah-pecah.

    6.Perbaikan kata yang efektif adalah Persaingan ekonomi antara Amerika dan China berlangsung sengit karena Amerika dan China memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan mempunyai rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.

    7. Basket merupakan salah satu olahraga terbesar di dunia. Olahraga yang terlahir di Amerika serikat ini sekarang sudah mulai banyak di geluti oleh orang Indonesia, baik kalangan kaum pria dan wanita. Akan tetapi untuk NBL(National Basketball League) di Indonesia masih sangat memprihatinkan soal gaji para pemainnya.
    Untuk kedepannya harapan dari kita yaitu supaya olahraga seperti basket ini lebih diperhatikan lagi oleh pemerintah, supaya olahraga ini bisa tetap berjalan dengan baik dan menjadi salah satu olahraga favorit di Indonesia.

    8.Hal yang saya lakukan agar keterampilan menulis saya meningkat signifikan yaitu saya akan lebih sering membaca, bukan hanya sekedar membaca tetapi juga memahami makna dari bacaan tersebut setelah itu saya juga akan lebih sering mencatat atau menulis kesimpulan atau pengetahuan baru yang saya dapat dan itu saya lakukan rutin supaya keterampilan menulis saya dapat meningkat signifikan.

    9.Saya berharap bahwa dosen mengetahui kalau setiap peserta didik memiliki karakter yang berbeda dan juga kemampuan yang berbeda pula, karena itu saya berharap supaya dosen juga dapat memahami situasi dan kondisi saat mengajar dikelas. Terima Kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.