SNMPTN 2021, Unnes Jadi PTN Terfavorit ke-4 Nasional

Jumlah pendaftar masuk ke Universitas Negeri Semarang (Unnes) melalui jalur SNMPTN mengalami kenaikan signifikan pada tahun 2021. Tercatat, sebanyak 40.778 calon mahasiswa mendaftar di Universitas Berwawasan Konservasi ini.

Dibandingkan dengan tahun 2020 lalu yang berjumlah 24 ribu, jumlah pendaftar naik lebih dari 16 ribu orang.

Secara nasional Unnes berada pada posisi ke-4 sebagai PTN terfavorit nasional. Pada tahun 2020 lalu Unnes berada pada peirngkat ke-5 sebagai PTN terfavorit se-Indonesia.

Rektor Unnes Prof Dr Fathur Rokhman MHum merespons kenaikan pendaftar tersebut sebagai bukti meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap Unnes.

“Alhamdulillah kepercayaan masyarakat terus meningkat. Insya Allah kepercayaan tersebut akan kami terima sebagai amanah dengan memberikan pelayanan akademik yang prima kepada mahasiswa,” katanya.

Menurutnya, baik secara kelembagaan maupun pelayanan Unnes terus mengalami peningkatan performa. Dari segi kelembagaan, misalnya, Unnes telah meraik akreditasi institusi unggul (akreditasi A). Adapun jumlah program studi yang terakreditasi A juga terus bertambah. Sejumlah program studi juga telah diakreditasi secara internasional.

Di sisi lain kualitas layanan akademik Unnes juga terus mengalami peningkatan. Dari sisi ketenagaan misalnya, proporsi jumlah profesor dan doktor terus bertambah.

Pelayanan akademik Unnes juga mengalami peningkatan, salah satunya adalah pengembangan sistem informasi akademik.

Ia berharap Unnes dapat menjadi rumah ilmu bagi civitas academica-nya. Sebagai rumah ilmu, Unnes menjadi tempat lahirnya generasi muda berkarakter unggul dan berprestasi cemerlang.

Data Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) menyebutkan bahwa secara nasional jumlah siswa yang mendaftar SNMPT sebanyak 595.093.

Secara berturut-turut 10 besar universitas dengan jumlah pendaftar terbanyak adalah:
1. Universitas Padjajaran (Unpad)
2. Universitas Brawijaya (UB)
3. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)
4. Universitas Negeri Semarang (Unnes)
5. Universitas Sumatera Utara (USU)
6. Universitas Gadjah Mada (UGM)
7. Universitas Sebelas Maret (UNS)
8. Universitas Negeri Jakarta (UNJ)
9. Universitas Hasanudin (Unhas)
10. Universitas Negeri Yogyakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.