SMP Al Ishlah, Datang Guru dri Jepang dan Jerman

“Di Jepang, orang memberi salam dengan ucapan yang sesuai dengan waktu, seperti selamat pagi, selamat siang, dan selamat malam dalam bahasa Indonesia. Tidak ada jawaban selamat pagi juga dalam bahasa Jepang. Selamat pagi, atau ohayo gozaimas(u), dijawab dengan ohayo gozaimas(u) juga,” demikian penuturan dari Saori Namba dari Sophia University of Japan, kepada siswa kelas III SMP Al Ishlah Tembalang Semarang.

Shaori berada di Al Ishlah selama tiga bulan, terhitung semenjak awal Oktober  dan berakhir Desember 2012. Menurut Muhammad Masrur, Kepala SMP Al Ishlah, keberadaan maori sangat membantu minat dan kemampuan siswa dalam belajar bahasa inggris dan bahasa Jepang. “Siswa kami lebih mantap dan lebih tertarik dengan cara belajar bahasa kepada orang yang kesehariannya menggunakan Bahasa Inggris dan Jepang, kini siswa kamimn fasih cap cus menggunakan bahasa inggris dan bahasa Jepang untuk percakapan sederhana,” katanya.

Masih menurut Masrur (panggilan akrab Muhammad Masrur) Shaori berada di SMP yang beralamat di Jl Bukit Kencana Jaya No 2 Tembalang Semarang dalam rangka pertukaran budaya nusantara, SMP Al Ishlah terpilih menjadi salah satu pilot project program ini. Selain Shaori Namba dari Jepang, saat ini masih mengajar secara rutin yaitu Nora Brohan dari Jerman.  Didin/Merah Putih

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.