SMK Nawa Kartika, Setahun Berdiri Tapi Penuh Prestasi

Bermula dari belajar di rumah warga (Rumah Alm. Mbah Ismail) pendidikan berbasis diniyah dikelola dengan penuh ketalatenan. Belajar yang dimulai setelah aktivitas pendidikan formal memang tidaklah mudah, akan tetapi semangat tokoh masyarakat desa Sekuro terus tekun melakukan pembinanaan pendidikan agama.

Untuk keberlangsungan pendidikan jangka panjang tokoh masyarakat desa Sekuro membentuk Yayasan Pendidikan Islam Darul Falah. Yayasan ini terletak di desa Sekuro kecamatan Mlonggo, didirikan pada tahun 1990. Pendidikan yang dikelola oleh yayasan awal mula Madrasah Diniyah (Madin) Awwaliyah, kemudian TK Tarbiyatul Athfal Darul Falah dan Pondok Pesantren Darul Falah Al Hidayah.

Diawali Salat Dhuha

Berbekal semangat untuk berjuang dan memberikan pendidikan yang terbaik bagi generasi bangsa. Yayasan Islam Darul Falah pada tahun 2012 mendirikan SMK Swasta. SMK akhirnya berdiri dengan program keahlian awal yaitu program studi Teknik Bangunan dengan kompetensi keahlian Teknik Gambar Bangunan (004) dan program studi Teknik Komputer dan Informatika dengan kompetensi keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (071).

Pengelolaan Pendidikan Formal SMK Nawa Kartika ini mengedepankan pada pendidikan agama baik itu teoritis dan aplikatif. Salah satu kegiatan rutin sebelum pelajaran dimulai Sholat sunat dhuha dan Sholat Wajib berjama’ah Sholat Dhuhur. Meskipun SMK, tetapi kajian pembejaran agama tidak mau ketinggal dengan sekolah Madrasah Aliyah. Tidak hanya itu juga pembacaan surat waqiah, dan almaul husna juga menjadi kewajiban siswa setiap harinya. SMK Nawa Kartika juga mengajarkan pembelajaran Al Qur’an. Harapan akhir setelah lulus. Siswa SMK Nawa Kartika bisa membaca Al Qur’an dengan fasih dan tartil.

Kejutan Prestasi

Dalam usia yang terbilang belia, SMK Nawa Kartika terbilang produktif mencetak berbagai prestasi baik akademik maupun nonakademik. Salah satu yang baru diperoleh adalah Juara 1 Lomba Inovasi Teknologi Konstruksi Tingkat SMA/ SMK sederajat se- DIY & Jateng tahun 2013.

Karya tulis berjudul “Evaluasi Penyerapan Energi Pada Ruang Kelas Sma/ Smk Mengacu Pada Konsep Bangunan Hijau”. Kegiatan lomba diselenggarakan dalam rangka kegiatan CEo (Civil Explosion) UNY 2013 oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil dan Perencanaan (HMTSP) Universitas Negeri Yogyakarta. Lomba ini mengangkat tema “Teknologi Konstruksi Masa Kini yang Ramah Lingkungan”.

SMK Nawa Kartika Jepara diwakili oleh Lilik Febriyanto (XI-TGB) sebagai ketua tim dengan anggora Suryani (XI-TKJ) dan Umi Hanik Ukrowiyah (XI-TKJ) dibawah bimbingan Ratna Prasetyaningsih, S.Pd.  “saya  bangga bisa meraih Juara I, dengan mengalahkan SMK unggulan lainnya se DIY-Jateng berhasil berhak mendapatkan Piala dari Gubernur DIY dan uang pembinaan Rp.1.000.000,00” ungkap Lilik.

Prestasi ini merupakan semangat belajar yang disertai kedisiplinan oleh siswa dan Bapak/Ibu Guru dalam belajar serta do’a. Semoga Prestasi yang gemilang ini menjadi semangat bersama untuk membangun generasi bangsa yang berprestasi dan berakhlakul karimah. Kata Drs. A. Munif  kepala Sekolah SMK Nawa Kartika.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *