Profil Keunggulan dan Jadwal Pendaftaran SMAN 1 Semarang

sman 1 semarang

SMAN 1 Semarang adalah salah satu sekolah favorit di kota lunpia. Sebagai salah satu sekolah tertua, sekolah ini jadi induk bagi sekolah lain di Semarang. Keberadaan SMAN 1 Semarang tidak lepas dari sejarah Kota Semarang.

Bangunan yang saat ini digunakan merupakan pengembangan dari HBS V (Sekolah Zaman Belanda) yang telah didirikan sebelumnya di Jalan Pemuda (kini SMU Negeri 3 Semarang). Bangunan diresmikan oleh Gubernur Hindia Belanda, Tjarda Van Starkenborg Stahoudi.

Tahun 1942 bangunan SMAN 1 Semarang dikuasai oleh tentara Jepang. Saat itu gedung digunakan sebagai pusat pendidikan militer. Hal ini berlangsung hingga Jepang takluk pada sekutu. Setelah Belanda mengambil alih gedung ini fungsinya diubah menjadi rumah sakit. Pada tahun 1946, fungsi sebagi sekolah dikembalikan lagi.

Baru pada tanggal 12 Desember 1949, setelah pemerintah Hindia Belanda menyerahkan kepada pemerintah Republik Indonesia dan resmi menjadi sekolah menengah tingkat atas.

Untuk mengembangkan berbagai fasilitas, SMAN 1 Semarang memiliki sejumlah rencana kerja.
1. Membangun 3 Ruang kelas agama
2. Pengembangan Jaringan Infrastruktur LAN (Intranet dan Internet)
3. Pengembangan Sistem Informasi Sekolah (SIS)
4. Melengkapi Sarana Perpustakaan dan Lab Komputer
5. Renovasi tampilan depan sekolah
6. Renovasi musala

SMAN 1 Semarang merupakan bangunan setangkup tidak murni. Memiliki dua lantai, dan orientasi bangunan ke arah timur. Kompleks bangunan sekolah ini terdiri dari bangunan utama (sebagai kantor) dan bangunan sayap (sebagai ruang kelas).

Struktur Bangunan SMAN 1 Semarang

Terhadap bangunan utama, bangunan sayap yang membujur timur – barat, memiliki sudut yang berbeda, dimungkinkan karena respons yang direncanakan oleh arsiteknya terhadap sinar matahari. Sudut pada sayap selatan adalah 99,5o dan sudut pada sayap utara adalah 111,5o. Antara bangunan utama dan bangunan sayap, dihubungkan dengan beratap yang setipe dengan bangunan sayap.

Pondasi bangunan dari batu, sistem struktur dari bata, dan dinding dari bata yang diplester dan dicat. Sebagian dinding bagian bawah bangunan diselesaikan dengan trisik dari teraso. Atap bangunan utama adalah limasan majemuk, sedangkan bangunan sayap dengan atap limasan bertingkat. Bahan penutup atap dari genteng.

Terdapat serambi pada sepanjang sisi depan bangunan sayap yang berfungsi juga sebagai selasar ruang kelas. Serambi lantai satu dinaungi oleh balkon lantai dua, dan disangga oleh deratan kolom bata dan dinidng setengah tingginya yang terletak di atas tiang. Sedangkan serambi lantai 2 dinaungi oleha tap sosoran dari genteng, yang membentuk atap limasan bertingkat. Atap ini disangga oleh deretan tiang kayu. Teritisan cukup lebar sehingga timbul pembayangan pada selasar.

Pintu pada bangunan sayap berupa pintu berdaun ganda dengan panel kayu, terdapat di sepanjang selasar dan merupakan pintu ruang kelas. Pada dinding atas selasar lantai satu terdapat lubang angin berupa segi empat yang berderet dan membentuk fasaade bangunan yang khas. Jendela pada bangunan utama terdiri dari jendela berdaun ganda dan berpanel kaca. Di atas jendela terdapat atap datar. Dan di atas atap datar ini masih terdapat bovenlicht.

Nampak gaya de Stijl diterapkan pada bangunan sekolah ini, antara lain pada munculnya jendela yang terkotak-kotak pada sudut bangunan. Jendela ini berjajar tegak pada dinding samping bangunan utama.

SMAN 1 Semarang
Jl. Menteri Supeno No.1 Kec. Semarang Selatan
Telepon: (024) 8310447

SEJARAH | VISI & MISI | FASILITAS | PRESTASI  | BIAYA  MASUK  | ARSIP  SMA 1 SEMARANG

2 Comments

  1. XXX

    November 25, 2011 at 11:12 am

    PANTESAN ANGKER !!

  2. Andi

    April 7, 2012 at 7:32 am

    Kapan pendaftaran 2012 akan dibuka? Info persyaratannya bisa diakses di mana? Thanks.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.