SMA Ibu Kartini Semarang

SMA Ibu Kartini Semarang (ex van De venter School) adalah sekolah swasta di bawah naungan Yayasan Ibu Kartini. Bangunan SMA Ibu Kartini berupa pendopo berebentuk joglo telah berdiri sejak 1923. Adapun sekolah bari berdiri pada 1981.

Kampus SMA IBU KARTINI merupakan bagian dari Kota Taman Candi Baru. Tapaknya merupakan bagian dari taman yang dikelilingi oleh jalan, yaitu JI. Sultan Agung, JI. Papandayan, dan Malabar. Sepotong taman Iinier membatasi kompleks ini dengan JI. Sultan Agung.

Pendopo SMA Ibu Kartini ini semula adalah bangunan sekolah Belanda (van Deventer School-Yayasan VDVS-Stiching), dirancang oleh Ir. Herman Thomas Karsten pada tahun 1923. Rancangan bangunan gedung ini terpadu dengan rancangan kawasan kota Semarang, Candi Baru.

Rancangan berskala kawasannya sendiri baru rampung pada tahun 1925. Setelah kemerdekaan RI, tahun 1950 van Oeventer School yang merupakan sekolah kepandaian putri, diambil alih oleh Yayasan Ibu Kartini dengan tetap melanjutkan misi pendidikan sebagai sekolah kesejahteraan keluarga bagi kaum wanita.

Dalam perkembangannya selanjutnya didirikan AKS (Akademi Kesejahteraan Sosial). Saat ini gedung ini dipergunakan bersama oleh AKK Sdan SMA Ibu Kartini.

SMA Ibu Kartini Semarang
JI. Sultan Agung 77 Semarang, Kecamatan Gajah Mungkur, Semarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.