Sentral, Peran Kasek di SNMPTN Undangan

KEPALA SEKOLAH memegang peran sentral yang menentukan siswa bisa atau tidak mengikuti Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Jalur Undangan. Pasalnya, dari seluruh rangkain seleksi, semuanya berawal dari kepala sekolah.

Demikian dikatakan Koordinator Wilayah II (Jateng dan DIY)Sudijono Sastroatmodjo terkait pendaftaran Jalur Undangan yang akan dibuka 1 Februari – Maret 2012.

“Dari seluruh rangkaian panjang pendaftaran jalur ini, semua dimulai dari kepala sekolah. Kepala sekolahlah yang mendaftarkan siswanya di laman http://undangan.snmptn.ac.id,” kata Rektor Unnes itu.

Sudijono menandaskan, tanpa direkomendasikan oleh kepala sekolah, siswa tidak akan bisa mengikuti jalur ini.

“Kepercayaan memang diberikan begitu besar kepada kepala sekolah sejalan dengan prinsip penyelenggaraan SNMPTN, yakni kepercayaan dan kebersamaan,” katanya.

Karena itu, dia berharap para kepala sekolah jujur dan cermat dalam memberikan rekomendasi sesuai dengan prestasi siswa.

“Jangan sampai mereka yang sebenarnya berhak malah tidak direkomendasikan, sebaliknya yang berhak malah didaftarkan. Apalagi sistem teknologi informasi panitia pusat akan mampu mendeteksi setiap ketidakjujuran dalam pengisian data,” katanya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.