Semua Renang, Semua Senang

Renang menempati posisi teratas dalam daftar olahraga yang paling direkomendasikan untuk melatih otot. Gerakan selama renang melibatkan otot di berbagai organ tubuh, mulai kaki hingga kepala. Karena itulah, renang baik untuk kesehatan sekaligus baik untuk rekreasi.

Perpaduan antara olahraga dengan permainan membuat renang sangat digemari. Hampir semua anak suka permainan air. Saat ketemu air, mereka seperti “anak hilang” yang menemukan kembali “rumahnya. Dengan bantuan air, anak-anak dapat mengeksplorasi tubuh melakukan berbagai gerakan.

Gerakan selama renang ternyata dapat memicu pertumbuhan anggota tubuh. Jika dilakukan secara konsisten, renang dapat membuat anak tumbuh dengan optimal. Terlebih jika kebiasaan renang juga diimbangi dengan nutrisi yang baik.

Organ tubuh yang bergerak dalam air terstimulasi karena kepadatan air lebih besar 12 kali lipat darapada udara. Kondisi ini membuat setiap gerakan tubuh air seolah melewati hambatan. Oleh karena itu, renang mempunyai intesitas sama seperti aerobik. Seseorang menyelesaikan program renang dalam 8 minggu mengalami peningkatan massa otot trisep sebesar 23.8%.

Bukan hanya itu, berenang juga dapat melatih gerakan jantung. Dengan berenang secara rutin, efisiensi jantung memompa darah ke seluruh tubuh akan menigkat. Secara jangka panjang berenang dapat melawan risiko terkena penyakit jantung koroner.

Anak-anak di pedesaan lazim menggunakan sungai untuk latihan renang. Sungai yang alami dan berarus tenang cocok digunakan oleh pemula. Bagi mereka, sungai adalah tempat yang sempurna. Mereka bisa melatih tubuhnya, bergembira dengan kawan-kawannya, hingga mengenali benda-benda di sekitarnya.

Bagi anak-anak yang tinggal di perkotaan, failitas umum untuk renang kini semakin banyak. Selain dalam bentuk wahana permainan air, ada belasan sekolah renang yang bisa dimanfaatkan. Harganya bisa sangat beragam, begantung pada fasilitas yang ditawarkan.

Renang jadi salah satu olahraga yang paling direkomendasikan bagi anak-anak yang dalam masa pertumbuhan. Tentu saja sebaiknya dilakukan dengan pengawasan orang tua. Tak hanya bagus untuk otot, renang juga meregangkan serat otot dan ligament. Gerakan renang membantu mempertahankan ketegangan di tendon yang mendukung gerakan tubuh. Hal inilah yang membuat orang yang biasa berenang biasanya memiliki postur lebih tinggi dan memilki keseimbanagn yang lebih baik.

Di luar manfaat itu, renang dianjurkan karena memberi sensasi rileks bahkan senang. Tidak heran jika hampir semua anak suka berenang. Meskipun mereka tidak selalu menguasai teknik berenang, mereka senang bermain air.

Agar olahraga ini kian menyenangkan, ada beberapa tips yang patut dipertimbangkan. Pertama, pilih kolam renang yang berada di tempat terbuka. Ruang terbuka member suplai udara yang cukup. Kedua, piliha air yang murni, sebisa mungkin tidak terkontaminasi kaporit. Ketiga, berenanglah bersama keluarga atau teman.

Jika tips ini kamu lakukan, bukan hanya kesehatan badan yang bisa kamu peroleh. Kamu juga menyehatkan mental dan emosional. Semua renang, semua senang!

Sumber gambar: www.swimexpert.co.uk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.