Semarang Tuan Rumah MUPC

SEMARANG akan menjadi salah satu tuan rumah kualifikasi kompetisi sepak bola U-15 Manchester United Premier Cup (MUPC) yang akan berlangsung 16-30 April ini. Bertempat di Stadion Citarum, kualifikasi regional Jawa Tengah berlangsung 22-23 April.
MUPC merupakan salah satu kompetisi usia dini yang masuk kalender tahunan PSSI. Tahun ini turnamen akan dibagi menjadi 10 regional termasuk Jawa Tengah.

Ketua Badan Pembinaan dan Pengembangan Pemain Usia Muda (BPPUM) PSSI Rahim Soekasah, di Jakarta, baru-baru ini menuturkan, setiap wilayah akan diikuti puluhan tim. Setiap juara wilayah kemudian akan ditandingkan di Jakarta, 14-15 Mei. Selanjutnya, juara nasional akan mewakili Indonesia dalam kejuaraan tingkat Asia Tenggara Juni nanti. Bila berhasil juara, mereka akan bertemu tim-tim dari seluruh dunia di kandang MU, Stadion Old Trafford.

Beberapa pemain jebolan MUPC kini menjadi pemain potensial seperti Syamsir Alam yang bergabung dengan klub kondang Uruguay, Penarol.
Rahim menambahkan, jebolan MUPC akan menjadi salah satu sumber untuk membentuk Timnas U-16. Tahun ini Timnas U-16 akan terjun dalam kejuaraan tingkat Asia Tenggara dan sekaligus kualifikasi tingkat Asia, Oktober-November. Selain itu punggawa MUPC juga akan diseleksi untuk masuk program tim SAD (Sociedad Anonima Deportiva) yang dikirim berkompetisi kelompok umur U-17 di Uruguay. ‘’Nanti tim pelatih SAD yang akan memantau langsung mereka,’’ tutur Rahim.

Sementara Direktur Teknik MUPC Yeyen Tumena mengatakan, dengan mengikuti MUPC, para pemain berkesempatan besar dipantau para pemandu bakat klub-klub dunia. Apalagi bila mereka nanti dapat lolos ke Old Trafford.

Prestasi Indonesia di turnamen ini sejatinya tidak mengecewakan. Bahkan tahun 2008, Villa 2000 yang mewakili Indonesia tampil sebagai kampiun.

‘’Bicara soal pembinaan pemain usia muda, harus ada program jangka pendek dan jangka panjang. Ini adalah tanggung jawab bersama, bukan hanya BPPUM namun juga Badan Tim Nasional, PSSI, pemerintah, dan semua pihak yang berkepentingan,’’ terang alumnus program Primavera ini. PortalSemarang.com, dari www.suaramerdeka.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.