Selain Novel Baswedan, Inilah Daftar Tokoh Beken yang Ternyata Orang Semarang

Nama penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan kembali menjadi perbincangan setelah ia menjadi korban penyiraman air keras. Dia kini dirawat di rumah sakit.

Banyak orang belum tahu bahwa Novel ternyata berasal dari Semarang. Ia lahir kota lumpia ini pada 20 Juni 1977. Dia merupakan cucu AR Baswedan, tokoh pejuang kemerdekaan Indonesia.

Menamatkan sekolah di SMA Negeri 2 Semarang, Novel kemudian melanjutkan pendidikan di Akademi Kepolisian (Akpol) dan lulus pada 1998.

Nama Novel pernah menjadi perbincangan nasional karena pernah “dikriminalisasi” atas tindakannya saat berdinas di Bengkulu. Pada saat itu Novel sedang menangani kasus yang berkaitan dengan pejabat Polri.

Selain Novel Baswedan, ada sejumlah nama beken dalam kancah nasional yang ternyata berasal dari Semarang. Berikut beberapa di antaranya.

1.    Menteri Luar Negeri Retno L Marsudi

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi lahir di Semarang, pada 27 November 1962. Dia adalah alumni SMA Negeri 3 Semarang.

Lulus dari SMA Negeri 3 Semarang, ia melanjutkan pendidikan S1 di Universitas Gadjah Mada. Sejak 1997 ia bergabung dengan Kemneterian Luar Negeri dan mendapat sejumlah tugas sebagai diplomat.

2.    Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati

Meskipun lahir di Bandar Lampung, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati boleh dikatakan orang Semarang. Kedua orang tuanya adalah pendidik yang bekerja di IKIP Semarang (sekarang Universitas Negeri Semarang).

Rumahnya di Jalan Kelud Raya hingga kini masih berdiri dan digunakan oleh salah satu saudara Sri Mulyani sebagai klinik. Ia juga alumni  SMA Negeri 3 Semarang.

3.    Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo sebenarnya lahir di Surakarta (Solo). Namun ia tumbuh dan berkembang di Semarang.

Pendidikan sekolah dasar ia tempuh di SMP 4 Semarang, SMA 1 Semarang, lantas dilanjutkan di Fakultas Hukum Universitas Diponegoro (Undip). Hingga kini, ia masih memiliki rumah di Semarang.

4.    Ketua Mahkamah Konstitusi Arief Hidayat

Ketua Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia Arief Hidayat lahir di Semarang 3 Februari 1956. Sebelum menjabat sebagai hakim konstitusi,Arief adalah Dekan Fakultas Hukum Universitas Diponegoro. Sebelumnya dia juga kuliah di universitas tersebut.

Pendidikan dasar dan menengah Arief juga ditempuh di kota lumpia. Meskipun tinggal di Jakarta, Arief masih sering pulang kampung ke Semarang.

5.    Mantan Menteri ESDM  Purnomo Yusgiantoro

Mantan Menteri Enegeri dan Sumber Daya Mineral Purnomo Yusgiantoro lahir di Semarang 16 Juni 1951. Ia menyelesaikan pendidikan di SMA Kolese Loyola Semarang sebelum melanjutkan pendidikan di Institut Teknologi Bandung.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *