Sekolah Ar-Ridho Kolaborasikan Kewirausahaan dan Kepemimpinan

Dari 10 pintu rizki, 9 adalah milik pengusaha/pebisnis. Di samping itu teladan ummat Islam Rasulullah SAW telah mengajarkan berdagang sejak umur 8 tahun. Hal ini menginspirasi SMP Alam Ar-Ridho untuk mulai mengembangkan kurikulum berbasis bisnis tanpa harus mengesampingkan kecerdasan majemuk anak.

Tiga basic bisnis yang dikenalkan Ar-Ridho melalui pembelajaran dan praktek langsung yaitu bioteknologi, ICT (information, comunication and technologi), dan retail. Pembelajaran bisnis ini diharapkan mampu memberikan pengalaman dan bekal hidup kepada siswa, melatih tanggung jawab, percaya diri, serta mampu menumbuhkan jiwa berbisnis siswa sejak dini.

Meski mengedepankan pendidikan wirausaha, Ar-Ridho juga mengembangkan pembelajaran kepemimpinan. Open mind untuk pembentukan jiwa leadership adalah dengan out bound, tetapi secara praktis pembiasaan sikap leadership adalah integral dengan pembelajaran bisnis. Karena dalam pembelajararan bisnis seorang siswa akan merasakan dan belajar bagaimana menjadi seorang pemimpin dan yang dipimpin. Mereka juga akan belajar bertanggung jawab dan berani menanggung resiko terhadap kegiatan bisnisnya.

 Kedua hal tersebut kemudian ditunjang dengan aqidah yang baik. Pembentukan aqidah, ibadah dan akhlak adalah sebagai core utama. Sebab, apabila aqidah, ibadah, akhlak siswa sudah mantap maka secara otomatis yang lainnya akan mengikuti.

Ar-Ridho punta tiga sarana untuk membentuk aqidah, ibadah, dan akhlak Islam, yaitu kegiatan mengasah ruhiyah di pagi hari, class closing, mentoring, dan mabit. Di awal pembelajaran siswa masuk kelas sudah dalam keadaan berwudhu, kemudian doa bersama, qiroaty dan tahfidz. Adapun di akhir pembelajaran siswa bersama wali kelas menggelar kultum atau sharing terkait inspirasi atau pengalaman belajar yang diperoleh selama sehari. Chiska

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.