Sarjana, Prestasi Akademik Saja Tak Cukup

LULUSAN perguruan tinggi diharapkan tidak hanya mempunyai keunggulan akademik,  tetapi perlu dibekali dengan softskill. Dengan begitu sarjana memiliki daya saing yang tinggi terutama pada  saat mencari kerja. Tidak kalah penting, sarjana juga harus memiliki bekal berwirausaha yang baik.

Hal tersebut disampaikan oleh Rektor Undip, Sudharto P. Hadi dihadapan para wisudawan dan orang tua wisudawan pada acara wisuda undip ke 122 di gedung Soedarto Undip Tembalang Kamis (28/4) pagi tadi.

Prof Darto, demikian Rektor Undip ini biasa disapa, menegaskan bahwa Indeks Prestasi (IP) memang persyaratan akademik yang diperlukan dalam mencari kerja. Namun, yang lebih penting adalah kemampuan untuk menerapkan ilmu, kecakapan praktis, dan kompetensi keahlian.

“Pengetahuan bagi tiap lulusan itu merupakan bekal penting, tetapi juga diperlukan kepemimpinan yang baik” jelasnya. “Tiap lulusan Undip dibentuk menjadi alumni yang complete yang mempunyai arti komunikator, profesional, pemimpin, wirausaha, pemikir, dan pendidik” lanjutnya.

Menurut Kepala UPT Humas Undip, Agus Naryoso, pada wisuda kali ini Undip meluluskan 1.991 alumni dari Program S1, Magister dan Doktor serta Diploma.

“Karena begitu banyaknya yang diwisuda maka kita membagi wisuda kali ini ke dalam 4 (empat) tahap, semua ditujukan agar lebih nyaman bagi wisudawan dan juga tamu undangan lainnya” jelasnya.

“Pada tahap I diwisuda 487 lulusan, pada tahap kedua 509 lulusan, pada tahap ketiga 525 lulusan, pada tahap keempat 470 lulusan. Sampai dengan wisuda ke 122 ini Undip telah meluluskan 114.309 alumni,” tambahnya.  PortalSemarang.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.