Rutin Berolahraga dan Berjemur Terhindar Dari Penyakit?

Oleh      : Jozuna Aziz Kusuma Mukti

Menjaga kebugaran tubuh adalah hal yang penting bagi kita. Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan untuk menjaga kebugaran tubuh salah satunya adalah berolahraga dan rutin berjemur. Seseorang yang rutin berolahraga dan berjemur tingkat risiko terserang penyakit akan rendah, sedangkan seseorang yang tidak rutin berolahraga dan berjemur tingkat risiko terserang penyakit akan tinggi.

Olahraga yang rutin mampu meningkatkan imun tubuh karena pada saat tubuh melakukan olahraga sel sel kekebalan tubuh akan bekerja secara efektif dan meningkatkan aliran darah, mengurangi stres, dan memberikan kekebalan imun pada tubuh. Oleh karena itu olahraga sangat dianjurkan untuk menghadapi pandemi saat ini. Tidak hanya itu, olahraga mampu mencegah kolesterol karena olahraga akan memicu jantung untuk bekerja lebih cepat. Dengan rutin berolahraga nutrisi dan beberapa kebutuhan tubuh akan memenuhi seluruh tubuh dengan baik.

Dilansir dari Kompas.com, Sabtu (02/05/20) melakukan olahraga diyakini mampu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga seorang tidak akan mudah terserang penyakit. Olahraga yang rutin mampu meningkatkan imun tubuh kita untuk menjaga daya tahan tubuh agar terhindar dari penyakit. Daya tahan tubuh yang kuat menjadi salah satu benteng menghadapi virus corona. Olahraga teratur menjadi cara untuk menjaga kesehatan, kebugaran, dan daya tahan tubuh.

Ketika kita sudah sibuk dengan pekerjaan yang kita miliki, lalu kita sering melupakan kesehatan. Padahal kesehatan sangat penting bagi kita. Jika kita tidak menjaga kesehatan dan mudah terserang penyakit, percuma juga kita tidak akan maksimal melakukan aktivitas terutama pekerjaan kita. Semua akan terasa salah ketika kesehatan tubuh kita dalam keadaan drop.

Bagaimana cara berolahraga secara teratur agar kita tetap menjaga kebugaran tubuh?.

Pertama, lakukan olahraga secara terjadwal. Dengan membuat jadwal berolahraga maka kita akan rutin melakukan olahraga meskipun dalam keadaan sibuk. Hal ini sangat penting bagi kita untuk meluangkan waktu untuk berolahraga.

Kedua, lakukan olahraga yang sekiranya tingkat intensitas sedang atau rendah. Karena olahraga yang intensitas tinggi memerlukan tenaga dan daya tahan otot yang kuat. Cukup lakukan dengan intensitas yang sedang atau rendah seperti lari santai, lompat tali, dan plank yang bisa dilakukan 10-15 menit saja.

Ketiga, melakukan olahraga dengan mencari personal trainer. Seorang personal trainer atau pelatih fitness bisa membantu kita supaya lebih disiplin berolahraga. Ini tentu baik buat kita yang tidak bisa mulai suatu pekerjaan kalau belum dikejar-kejar orang lain. Selain itu, personal trainer juga bisa mengarahkan jenis latihan seperti apa yang paling efektif buat kita.

Olahraga memang sangat bagus untuk tubuh karena mampu meningkatkan imun tubuh. Tetapi olahraga dengan intensitas tekanan yang tinggi (over) bahkan mampu menurunkan kualitas imun tubuh kita sehingga seorang lebih rentan terserang penyakit. Olahraga yang dilakukan dengan intensitas yang tinggi mampu membuat seseorang mudah merasa lelah dan tidak maksimal dalam melakukan olahraga. Maka dari itu olahraga sebaiknya dilakukan dalam tingkat intensitas yang sedang.

Olahraga yang dilakukan dengan intensitas sedang atau rendah sangat cocok dilakukan oleh orang lanjut usia, karena orang lanjut usia kekuatan pada otot dan hormon yang dimiliki berkurang dan tidak sekuat apa yang dimiliki masa mudanya.

Olahraga yang baik adalah olahraga yang menggerakan seluruh tubuh. Karena olahraga mampu memberikan perenggangan pada otot manusia.

Contoh olahraga yang yang dapat dilakukan dirumah seperti lompat tali dan lari santai. Selain untuk memicu jantung  bekerja lebih cepat, lompat tali juga mampu membantu pertumbuhan tinggi badan pada tubuh. Olahraga selanjutnya adalah lari santai (jogging). Jogging sangat banyak sekali manfaatnya apalagi saat masa pandemi sekarang ini. Jogging mampu menurunkan berat badan dan mencegah obesitas, meningkatkan stamina, meningkatkan daya tahan tubuh, dan mencegah diabetes, stroke, kadar tekanan darah yang stabil sehingga dianjurkan untuk dilakukan  seseorang untuk menghadapi pandemi sekarang ini.

Olahraga sangat penting untuk menjaga imun tubuh manusia. Lantas bagaimana seseorang yang tidak pernah melakukan olahraga? seseorang yang tidak pernah berolahraga tingkat terserang penyakit akan mudah. Orang yang jarang berolahraga otot akan terasa kaku saat kekurangan oksigen, yang memang berfungsi menjaga fleksibilitas atau kelenturan otot. Selain itu, kekurangan oksigen juga mempengaruhi kerja otak tidak akan maksimal sehingga tidak bisa menjaga konsentrasi.

Tidak bergerak dan berolahraga juga berdampak pada sistem syaraf pada distribusi cairan limpa yang berfungsi  untuk menyaring sel darah merah yang rusak serta memelihara dan menjaga sistem imunitas tubuh. Tidak seperti darah yang memiliki jantung untuk memompanya, limpa sangat tergantung pada gerakan otot untuk mendistribusikan ke bagian jaringan tubuh.

Selain olahraga yang rutin untuk meningkatkan imun tubuh berjemur di pagi hari juga akan membantu menjaga imun tubuh kita. Mungkin akan menjadi pertanyaan setiap orang kapan berjemur yang baik untuk tubuh?. Berjemur untuk tubuh paling baik sebelum pukul 11.00 WIB. Sinar matahari menghasilkan sinar UV (ultraviolet) yang menyentuh permukaan kulit untuk diubah oleh tubuh menjadi vitamin D. Oleh karena itu untuk menjaga imun tubuh dianjurkan  berjemur selama 15-30 menit.

Dalam hasil penelitian oleh Siti dokter spesialis penemuaan (geriatri) yang telah diterbitkan dalam situs penelitian medis dan bioinformatika National Center for Biotechnology (NCBI) intensitas ultraviolet B (UVB) tertinggi pada pukul 11.00 WIB pagi sampai 13.00 WIB. Hasil tersebut didapatkan dari pengukuran intensitas paparan sinar matahari dari pukul 07.00-16.00 WIB di sore hari.

Jadi luangkan waktu untuk berolahraga dan berjemur. Meskipun tidak mempunyai waktu  untuk berolahraga setidaknya lakukan olahraga di rumah untuk menjaga kebugaran tubuh. Untuk menjaga kebugaran tubuh tidak perlu waktu lama untuk berolahraga. Cukup berolahraga selama 10-15 menit dibawah sinar matahari agar mendapatkan vitamin D seperti gerakan plank yang sangat mudah dilakukan di mana saja. Karena kesehatan adalah hal yang penting bagi kita, jika kita sakit semua aktivitas akan terhambat terutama pekerjaan kita.

 

[ Jozuna Aziz Kusuma Mukti]

Opini ini merupakan hasil latihan mahasiswa matakuliah jurnalistik dari jurusan Kurikulum dan Tekhnologi Pendidikan FIP UNNES.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.