Sekolah Kebangsaan RBSS Dibuka, Begini Cara Pendaftarannya

Mahasiswa memang banyak, masyarakat yang prihatin dengan kondisi sosial di masyarakat juga banyak, tapi tidak banyak yang mengetahui seluk beluk dan sebab musabab problem sosial masyarakat.

Pada akhirnya yang terjadi hanya sekadar nyinyir di media sosial atau hujatan tanpa pengetahuan ideologis, tanpa dasar fakta dan argumen memadai. Oleh karena itu sejatinya para mahasiswa dan masyarakat luas yang prihatin dengan kondisi sosial masyarakat perlu belajar dasar-dasar gerakan sosial.

Problem di masyarakat kita, mulai dari korupsi, kemiskinan, politik lokal yang penuh intrik dan money politics, konflik agraria, eksploitasi alam, ketamakan korporasi, dan lainnya mesti dipelajari dan pahami lebih dulu. Kemudian mengambil sikap dan bergerak untuk ikut serta menjadi bagian dari gerakan sosial yang memperjuangkan keadilan, kemanusiaan, demokrasi, egalitarianisme, dan sejenisnya.

Sayang tidak semua anggota organisasi mahasiswa punya pengetahuan tentang ini, training yang diselenggarakan untuk mereka sebagian besar hanya seputar keorganisasian dan kepemimpinan. Belum sampai pada basis ideologis dan politik gerakan sosial. Demikian juga di masyarakat umum.

Di sinilah Rumah Buku Simpul Semarang (RBSS), sebuah komunitas yang bergerak dalam bidang literasi kritis dengan motto “Membaca, Menulis, dan Bergerak” menyelenggarakan Sekolah Pergerakan pada 5-6 Desember 2015 di Unnes, Sekaran, Gunungpati, Semarang.

Para Guru yang akan berbicara dan mewedar kawruh/pengetahuannya, yaitu:

1) Gunawan Budi Susanto (Kang Putu) ~ Praktisi media dan jurnalis
2) Dwi Cipta ~ Gerakan Literasi Indonesia (literasi.co) & Front Nahdliyin untuk Kedaulatan Sumberdaya Alam
3) Zaenal Arifin ~ Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Semarang
4) Rian Adhivira Prabowo ~ Peneliti Satjipto Rahardjo Institute (SRI)
5) Edi Subkhan ~ Dosen FIP Unnes, pegiat pedagogi kritis
6) Surahmat ~ Pemimpin Redaksi portalsemarang.com, penulis buku Melawan Kuasa Perut
7) Muhtar Said ~ Direktur Pusat Studi Tokoh Hukum (Pustokum), Jakarta
8) Exsan Ali Setyonugroho ~ Pengkaji sejarah sosial

Silakan daftar, kuota terbatas, biaya Rp. 40.000,- (empatpuluh ribu rupiah) mendapat makan siang, kudapan, makalah dari pembicara, dan sertifikat. Pengisian formulir pendaftaran di RBSS Gg. Kanthil No. 41 Banaran, Gunungpati, Semarang (belakang kompleks kampus FBS Unnes). CP.: 085713850245 (Muslimin); 087733217373 (Nicko). Pendaftaran maksimal 1 Desember 2015.

sekolah pergerakan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.