Rabu, Hari Terakhir Pendaftaran Jalur Undangan

 

RABU (29/2) hari ini pendaftaran jalur undangan SNMPTN 2012 oleh sekolah akan ditutup. Sekolah yang belum mendaftarkan siswa-siswinya diharapkan segera melakukan pendaftaran. Panitia SNMPYN jalur undangan masih menerima pendaftaran selambat-lambatnya pukul 18.00 WIB nanti.

“Karena itu, kepala sekolah yang belum meng-entry data sekolah dan siswanya untuk didaftarkan di jalur ini segeralah untuk melakukannya sebelum penutupan. Selanjutnya memberikan nomor pendaftaran kepada para siswa agar mereka bisa melakukan proses selanjutnya,” kata Ketua Panitia SNMPTN Jalur Undangan dari Unnes Drs Suhadi MSi.

Adapun para siswa diingatkan agar segera melakukan pembayaran (bagi yang tidak mengambil Beasiswa Bidik Misi) dan mencetak kartu peserta sebagai tanda sah kepesertaan.

Hingga kini, lanjut Suhadi, jumlah SMA/MA/SMK/MAK yang sudah mendaftarkan siswanya masih di bawah 40%. “Jangan sampai karena kelalaian sekolah, siswa yang dirugikan,” tandasnya.

Di berbagai PTN, kuota jalur undangan tahun ini cenderung lebih banyak dibandingkan dengan jalur lainnya. Sebagai gambaran, lewat SNMPTN Undangan, Unnes akan menerima 3.854 mahasiswa baru, SNMPTN Jalur Ujian Tulis/Keterampilan 1.642 orang.

“Memang mereka yang hendak menjatuhkan pilihan pada program studi seni dan olahraga harus bersabar untuk mengikuti SNMPTN Ujian tulis/Keterampilan atau SPMU yang merupakan ujian mandiri,” lanjut Suhadi.

Seperti diberitakan sebelumnya, SNMPTN jalur undangan berbagai perguruan tinggi negeri dibuka sejak 1 Fabruari kemarin. Panitia seleksi menyosialisasikan jalur tersebut kepada kepala sekolah dan kepala dinas pendidikan. Undip mengalokasikan 20 persen kuota calon mahasiswa melalui jalur undangan ini, adapaun Unnes lebih besarlagi.

Rektor Unnes Sudijono Sastroatmodjo sebelumnya mengatakan, kepala sekolah punya peran sentral dalam tahapan pendaftaran jalur undangan.

“Dari seluruh rangkaian panjang pendaftaran jalur ini, semua dimulai dari kepala sekolah. Kepala sekolahlah yang mendaftarkan siswanya di laman http://undangan.snmptn.ac.id,” katanya.

Menurutnya, tanpa direkomendasikan oleh kepala sekolah, siswa tidak akan bisa mengikuti jalur ini.

“Kepercayaan memang diberikan begitu besar kepada kepala sekolah sejalan dengan prinsip penyelenggaraan SNMPTN, yakni kepercayaan dan kebersamaan,” katanya mengenai SNMPTN jalur undangan, beberapa waktu lalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.