Berawal dari Facebook, Remaja Jepara Bergerak Pugar Rumah Warga yang Nyaris Ambruk

Kondisi rumah Nyi Ma’ruf dan Nyai Alpiyah di RT 6 RW 4 Desa Sowan Kidul Kecamatan Kedung Jepara  tampak sangat memprikhatinkan. Rumah berdinding bambu itu nyaris roboh. Tiang sebelah kanan yang tak lagi kokoh. Akibatnya, atap rumah nyaris ambruk.

Kondisi itu membuat sejumlah anak muda Jepara tergerak. Mereka kemudian menggalang solidaritas untuk mengumpulkan bantuan guna pemugaran rumah.

Melalui jejaring sosial Facebook, gerakan itu tampak sudah mulai menyebar dan direspon baik anak muda lain.

Adalah pemilik akun Anam Petani Dusun yang pertama kali menyebarkan inisiatif ini. Melalui status yang dilengkapi dua foto, Anam mengungkapkan bahwa rumah itu dihuni oleh dua orang perempuan.

“Yi Ma’ruf buruh tani, Nyai Alpiyah bertubuh bongkok tak lagi bisa bekerja. Tak memiliki anak. Kami baru bener2 tau kalau gubuk itu masih dihun kemarin sore setelah kami berkunjung. Yang berkenan bantu dihaturkan terima kasih,” tulisnya.

Ajakan itu mendapat respon cepat dari berbagai pengguna Facebooker lain. Anak-anak muda Jepara yang merasa peduli segera berkoordinasi untuk menghimpun bantuan.

Nor Rokhim yang salah satu anak muda tersebut menuturkan, “Menurut rencana dari pihak Gerakan Pemuda Ansor desa tersebut akan dilakukan pemugaran di bulan ramadhan ini,” katanya.

Masyarakat yang dapat berkenan berniat memberikan bantuan untuk pemugaran rumah tersebut dipersilakan menghubungi Anam melalui akun Facebook Anam Petani Dusun.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.