Ngaliyan | Profil Kecamatan, Potensi Ekonomi, Wisata

KECAMATAN NGALIYAN terletak di sebelah barat Kota Semarang, berbatasan dengan kecamatan Mijen, Semarang Barat dan Tugu.

Sebelum menjadi sebuah Kecamatan sendiri, Ngaliyan merupakan sebuah k di dalam wilayah Kecamatan Tugu. Namun, melihat potensi pengembangan dan luas wilayahnya, akhirnya Ngaliyan berubah menjadi sebuah Kecamatan.

Dilihat dari letaknya, Ngaliyan berada pada posisi yang strategis karena menjadi penghubung antara Semarang dan Kendal. Selain itu, lokasinya yang cukup tinggi menjadikan wilayah ini bebas banjir dan sangat cocok untuk dijadikan kawasan hunian.

Fasilitas publik di Kecamatan Ngaliyan bisa dibilang relatif baik. Mulai dari pasar tradisional, sarana peribadatan (masjid, gereja), terminal angkutan umum, sekolah umum, perumahan dan banyak lagi.

Namun, Kecamatan Ngaliyan mengalami persoalan kemacetan yang parah. Sejumlah titik, seperti di Jrakah dan Pertigaan Tol depan STEKOM, adalah titik kemacetan “abadi”.

Perumahan Bukit Semarang Baru (BSB), sebuah perumahan elit, terletak di Kecamatan Ngaliyan. Di Kecmatan ini juga terdapat kampus besar bernama IAIN Waliosongo. Kantor Kecamatan Ngaliyan berada di pinggir jalan raya Ngaliyan-Boja, sekitar 3 km dari Jrakah.

Pasar Ngaliyan yang terletak di pinggir jalan raya Ngaliyan-Boja, hanya beberapa puluh meter jauhnya dari Kantor KecamatanNgaliyan, sehingga menjadikannya sentra ekonomi utama di sana.

Meskipun keberadaannya belakangan digerogoti kehadiran pusat-pusat perniagaan baru,seperti jaringan toko retail Indomaret, namun signifikansinya bagi warga Ngaliyan tetaplah kuat.

Kelurahan yang terdapat di kecamatan ini adalah: Podorejo, Wates, Bringin, Ngaliyan, Bambankerep
Kalipancur, Purwoyoso, Tambakaji, Gondoriyo, dan Wonosari.

Ngaliyan dulu dikenal sebagai sentra produksi Jambu Batu (klutuk). Sebab, hampir seluruh area pertanian di sana merupakan kebun jambu. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, area kebun jambu kini sebagian besar telah beralih fungsi menjadi perumahan.

 

 POTENSI KELURAHAN  PEJABAT DAERAH | PELAYANAN OBJEK WISATA | ARSIP NGALIYAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


Get Widget