Prof Masrukhi, Rektor Terpilih Universitas Muhammadiyah Semarang

Masih banyak yang bertanya-tanya siapakah Rektor Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) periode 2015-2019 yang terpilih oleh Senat Unimus. Kini pertanyaaan itu telah terjawab. Dia adalah Prof. Dr. Masrukhi M.Pd.

Dilansir laman resmi Unimus, ia mendapatkan suara terbanyak dalam pemilihan Rektor Unimus. Kandidat lainnya adalah Edy Wuryanto, S.Kep., M.Kep. (Ketua Perhimpunan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Provinsi Jawa Tengah), Dr. Ir. Nurrahman, M.Si. (Wakil Rektor Bidang Akademik Unimus periode 2011-2015), dan Dr. Hardiwinoto, SE, MSi. (Wakil Dekan Fakultas Ekonomi Unimus).

Tiga calon terpilih telah dikirim ke Pimpinan Pusat Muhammadiyah di Yogyakarta untuk dipilih lagi dan ditetapkan sebagai Rektor baru Unimus 2015-2019.

Prof Masrukhi adalah pendidik kelahiran Tegal 8 Mei 1962. Sebagai pendidik, ia memiliki rekam jejak panjang mengajar mata kuliah Dasar dan Konsep Pendidikan Moral dan Antropologi Budaya pada Jurusan Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang (Unnes).

Ia sekarang bertempat tinggal di Kelurahan Petemon Kecamatan Gunungpati Kota Semarang bersama keluarga tercintanya. Istri Ny. Dra. Umi Mar’atun (Guru PNS di SMA Teuku Umar Semarang), 3 (tiga) orang putra Riza Maulana (mahasiswa Farmasi UGM), Deni Yudistira (Perencanaan Wilayah dan Kota UGM), Faiq Madani, dan Si Ragil 1 (satu) orang putri Salma Aulia Salsabila.

Pendidikan formal pertamanya di Sekolah Dasar (SD) Negeri Pengabean Tegal tahun 1968 – 1974, Sekolah Dasar di kampungnya sendiri, melanjutkan ke Madrasah Tsanawiyah (MTs) Assalafiyah 1974 – 1977 Sekolah Keagamaan swasta di bawah yayasan nassalafiyah randu gunting Kota Tegal.

Selanjutnya beliau yang bercita-cita jadi guru itu mengikuti Sekolah Pendidikan Guru (SPG) Negeri tahun 1977 – 1981 dan melanjutkan pendidikan tinggi di Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Bandung pada Program Studi Sarjana Pendidikan Kewarganegaraan tahun 1981 – 1986. Pendidikan tertingginya pada Program Doktor Manajemen Pendidikan di Universitas Negeri Semarang (Unnes) pada tahun 2006 – 2009

Selain mengajar, ia sempat menjadi Pembantu Dekan I di Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Unnes dan dilanjutkan menjabat sebagai Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan di kampus yang sama. Ia dikukuhkan sebagai guru Besar Pendidikan Moral pada FIS Unnes pada (28/09/2011).

Prof Masrukhi juga telah lama aktif dalam Pengurus Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah. Ia aktif menjabat di Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah.

Selama beberapa tahun terakhir ia juga menjadi anggota Badan Pengurus Harian (BPH) Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus). Di Unnes sendiri pernah menjabat di Pembantu Dekan I Fakultas Imu Sosial, dan menjabat selamat dua periode Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan.

Rekam jejaknya dalam bidang pendidikan tidak hanya di lingkungan internal. Pakar pendidikan karakter ini pernah menjadi Ketua Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia (Bapomi) Jawa Tengah. Ia juga pernah memimpin paguyuban Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan se-Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.