Prof Dr Erni Suharini Dikukuhkan Jadi Profesor Pendidikan Kebencanaan

Universitas Negeri Semarang kembali mengukuhkan guru besar. Pada momentum ini Prof. Dr. Erni Suharini, M. Si dikukuhkan  Guru Besar Bidang Ilmu Pendidikan Geografi Kebencanaan melalui orasi ilmiah yang berjudul  “Membangun Masyarakat Tangguh Bencana Banjir Melalui Literasi dan Partisipasi Aktif Generasi Milenial”

Selain Prof. Dr. Erni Suharini, M. Si, pada momentum tersebut Unnes juga mengukuhkan 2 guru besar lain, masing-masing Prof. Dr. Isti Hidayah, M. Pd (MIPA) yang menyampaikan orasi ilmiah “Hilirisasi Produk Alat Peraga Matematika dan Keberterimaannya oleh Pengguna”, dan Prof. Dr. Subiyanto, ST, MT (FT) yang menyampaikan orasi ilmiah “Sitem Cerdas: Teknologi untuk Kemajuan Masyarakat

Dalam orasi ilmiahnya, Prof. Erni menyampaikan strategi membangun ketangguhan masyarakat dalam menghadapi bencana seharusnya dapat dikembangkan melalui literasi kebencanaan.

Ia mekomendasikan sejumlah hal terkait pengembangan literasi kebencanaan membangun masyarakat tangguh bencana melalui literasi kebencanaan dan peran milenial.

Pertama, menjadikan literasi kebencanaan sebagai salah satu gerakan literasi nasional di Indonesia. Kedua,  meningkatkan kapasitas peran milenial dalam diseminasi literasi kebencanaan secara massif dengan memanfaatkan platfom digital.

Ketiga, melibatkan peran milenial secara aktif dalam penyusunan rencana siapsiaga bencana banjir. Keempat melibatkan milenial sebagai kader tanggap bencana dari tingkat desa hingga kota. Selain itu, mewajibkan pengajaran kesiapsiagaan bencana banjir baik melalui jenjang pendidikan formal maupun informal.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.