Pilih Pohon Tepat, Keuntungan Ganda Didapat

Pohon memberi manfaat yang sangat banyak bagi manusia. Tidak hanya bagi generasi saat ini, pohon juga bermanfaat bagi generasi mendatang. Bahkan, jika memilih pohon yang tepat, manfaat ganda bisa didapat.

Kepala Staf Komando Daerah Militer (Kasdam) IV Diponegoro Brigjen Ibnu Darmawan menghimbau civitas akademik Unnes untuk memilih pohon secara tepat. Ia memberikan tiga kriteria, yaitu kayunya bermanfaat, berdaun lebat, dan menghasilkan buah.

“Pilih yang kayunya keras. Biarkan tumbuh besar. Kalau kayunya tumbuh besar, suatu saat bisa kita gunakan untuk rumah dan furniture,” katanya. “Kalau bukan kita yang petik, kita akan wariskan kepada anak cucu kita,” lanjutnya.

Tentang daun lebat, Brigjen Ibnu melanjutkan, penting karena dapat menghasilkan oksigen. Selain itu, daun dapat melindungi dari sinar matahari langsung sehingga daerah sekitar menjadi sejuk.

“Yang ketiga, pilih pohon yang menghasilkan buah. Biar burung-burung betah di sini. Biarkan burung-burung berkicau, biar kita dengar. Kalau tersedia makanan di sini, burung-burung pasti akan tinggal dan beranak pinak,” lanjut jenderal bintang satu ini.

Kunjungan Kasdam ke Unnes diawali dengan senam bersama. Puluhan dosen, mahasiswa, dan karyawan senam bersama sejumlah perwira Kodam IV. Kedua lembaga bersepakat akan terus mengedukasi warga Jawa Tengah untuk memelihara lingkungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.