Pentas Musik Meriahkan Car Free Day Undip

Pentas musik dan lomba tradisional yaitu balap karung dan tarik tambang memeriahkan Car Free Day Undip, Jumat (22/7) pagi di Lapangan Gedung Widya Puraya, Kampus Tembalang. Kegiatan ini digagas oleh Fakultas Ilmu Budaya (FIB).

Selain memeriahkan CFD, kegiatan juga menutup akhir tahun pelajaran. Perlombaan berlangsung cukup meriah masing tim berasal dari seluruh fakultas yang ada di Undip. Selain itu diadakan senam pagi bersama diikuti segenap civitas akademika dan masyarakat setempat.

Gelaran bertema “Parade Seni Rumah Kita” menampilkan 11 grup band yang juga dari seluruh fakultas di Undip.
Rektor Undip Prof Dr Sudharto P Hadi mengatakan, CFD merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan mendukung Undip menuju Kampus Go Green. “Ini juga untuk membangun kesadaran mahasiswa pada pentingnya menjaga keseimbangan alam. Mahasiswa sebagai kaum intelektualitas muda harus bisa menjadi pelopor menjaga lingkungan,’’ kata Prof Dharto.

Ia juga mengapresiasi parade seni oleh FIB. “Parade seni ini sangat bagus guna meningkatkan kreativitas seni. Tentunya sangat tepat jika CFD kali ini dipadukan dengan pentas seni,’’ ungkap guru besar lingkungan hidup Undip ini.  Ia berharap, kegiatan lain dapat mengisi CFD yang mendatang sehingga lebih meriah dan tidak membosankan.

Dekan FIB Dr Agus Maladi Irianto mengatakan, konsep Undip Rumah Kita harus mulai digalakkan sejak sekarang, mengingat keberadaan Undip di sekitar perumahan warga. “Sebagai bagian anggota masyarakat, kita wajib menghormati dan menghargai warga terutama sekitar kampus,’’ kata Agus.
Bentuknya, melibatkan masyarakat di kegiatan kampus. “Warga juga merupakan stakeholder Undip, seharusnya kita libatkan lebih banyak di kegiatan itu,’’ ungkap dia.

Ditambahkan Presiden BEM FIB Febri Taufiqurrahman bahwa kegiatan pentas seni merupakan agenda tahunan pihaknya. Hanya saja kali ini diselengarakan bertepatan dengan CFD Undip. “Kami memang sengaja mengadakan pentas seni bersamaan dengan CFD agar lebih meriah dan semarak,’’ ungkapnya.

Dijelaskan, acara ini juga menyatukan civitas Undip dengan masyarakat setempat. “Kami ingin membudayakan kegiatan ini di lingkungan Undip khususnya FIB agar lebih dekat dengan masyarakat,’’ tandas Taufiq. PortalSemarang.Com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.