Pengusaha Tiongkok Minat Kembangkan Kota Lama

Keindahan dan keunikan kawasan Kota Lama semakin mencuri perhatian masyarakat dunia. Kali ini minat untuk pengembangan dan pelestarian kawasan Kota Lama datang dari investor Tiongkok.
Sabtu (17/1) bertempat di Gedung Semarang Art Gallery (Galeri Semarang) Plh Wali Kota, Adi Tri Hananto menerima tim delegasi dari perusahaan China Sonangol.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut anggota DPR RI Enggar Lukito, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo serta jajaran kepala SKPD Kota Semarang.

Delegasi dari perusahaan China Sonangol yang diketuai oleh Mr Sam Pha ini memiliki ketertarikan dalam pengembangan sekaligus pelestarian kawasan heritage Kota Lama dan Pasar Johar.

“Kami ingin melakukan penjajagan dulu, sambil melihat potensi yang ada. Tentu ada rencana kerja sama dalam jangka panjang,” kata Mr Sam Pha melalui penerjemahnya.

Plh Wali Kota Semarang Adi Tri Hananto mengatakan, bahwa kawasan Kota Lama dulunya merupakan kawasan perdagangan di bawah kongsi dagang Belanda yang dikenal dengan VOC pada abad 18.

“Sebagai upaya menghidupkan kembali kawasan Kota Lama yang kini dirasa mulai kehilangan spirit of place-nya, Pemkot melakukan delapan strategi revitalisasi. Yakni pembentukan kelembagaan, penyusunan peraturan dan prosedur pengendalian, perangkat legal insentif, perangkat finansial, pelibatan peran masyarakat dan LSM, pengimplementasikan prinsip pelestarian terpadu, pengidentifikasi dan penggolongan obyek pelestarian, serta melakukan pembelajaran masyarakat,” katanya.

Selain itu, sejumlah strategi juga dilakukan Pemkot sebagai upaya konkrit pengembangan kawasan Kota Lama. “Seperti peningkatan infrastruktur kawasan dan penanggulangan masalah lingkungan, pengembangan tingkat hunian dengan memfungsikan kembali bangunan kuno potensial, serta mengembangkan kehidupan kultural di kawasan Kota Lama,” ungkap Adi Tri Hananto yang juga Sekda Kota Semarang.

Menyambut baik rencana investasi perusahaan China Sonangol, Adi Tri Hananto dalam sambutannya berharap agar ada keterlibatan pihak swasta dalam pelestarian dan revitalisasi kawasan Kota Lama. Keterlibatan itu diharapkan dapat memberikan manfaat bagi seluruh pihak termasuk warga Kota Semarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.