Pengumuman SNMPTN Jalur Undangan 2012

Pengumuman SNMPTN Jalur Undangan 2012 dijadwalkan 28 Mei 2012. Pengumuman SNMPTN Jalur Undangan dapat dilihat di kampus bersangkutan. Jika Anda mendaftar di Undip, Unnes, atau IAIN Walisongo misalnya, Anda dapat mengeceknya di kampus-kampus tersebut. Pihak kampus biasanya juga bekerja sama dengan media cetak dan online untuk mencetak pengumuman SNMPTN Jalur Undangan.

SNMPTN Jalur Undangan diselenggarakan mulai tahun 2012 berdasarkan hasil rapat Pengurus Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia di Jakarta pada tanggal 14 Oktober 2011. Para Rektor Perguruan Tinggi Negeri di bawah koordinasi Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional menyelenggarakan seleksi calon mahasiswa baru secara nasional dalam bentuk Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

SNMPTN 2012 merupakan satu-satunya pola seleksi yang dilaksanakan secara bersama oleh seluruh Perguruan Tinggi Negeri dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak. SNMPTN 2012 dilaksanakan melalui (1) jalur undangan berdasarkan penjaringan prestasi akademik, dan (2) jalur ujian tertulis (khusus program studi Ilmu Seni dan Keolahragaan melaksanakan ujian keterampilan).

Sejalan  dengan program Pemerintah tentang Bidikmisi, bagi calon yang dinyatakan diterima melalui  masing-masing jalur seleksi dapat mengajukan permohonan memperoleh beasiswa Bidikmisi sehingga mendukung keberlanjutan studinya.

Pengumuman SNMPTN Jalur Undangan 2012 dilakukan setelah peserta diseleksi. Tahap pertama, siswa pelamar akan diseleksi di PTN pilihan pertama berdasarkan urutan pilihan program studi pada PTN pilihan pertama. Tahap kedua, apabila siswa pelamar tidak terpilih pada PTN pilihan pertama, maka akan diikutkan pada seleksi tahap kedua di PTN pilihan kedua berdasarkan urutan pilihan program studi pada PTN pilihan kedua. Pengumuman SNMPT Jalur Undangan dilakukan setelah kedua tahap tersebut terlampaui.

Selain pengumuman SNMPTN jalur undangan, SNMPTN 2012 juga dilakukan melalui jalur tertulis. Borang pengumuman dapat idunduh mulai 30 April 2012. Selanjutnya, pendaftaran dapat dilakukan 10-31 Mei 2012. Ujian dijadwlakan dilangsungkan pada 12-13 Juni 2012 dan hasilnya diumumkan pada 7 Juli 2012.

Sebaiknya Anda melihat Pengumuman SNMPTN Jalur Undangan di media terpercaya untuk menghindari penipuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.