Pengembangan Kepribadian Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler

Siswa merupakan individu yang sangat unik, setiap siswa memiliki kepribadian yang berbeda-beda. Dalam dunia pendidikan tidak semua siswa dapat mengembangkan kepribadian, bakat,minat dan potensi yang dimilikinya. Tidak berkembangnya kepribadian dari dalam diri siswa akan membuat siswa tumbuh dan berkembang kearah yang kurang benar seperti melakukan tawuran, membolos, pergaualan bebas dan lain-lain.

Semua itu terjadi karena kepribadian yang kurang baik dari dalam diri siswa, untuk menghindari siswa terjerumus ke dalam dunia hitam seperti narkoba,miras, seks bebas dan yang lainya siswa perlu mengembangkan kepribadian yang dimilikinya salah satunya melalui kegiatan ekstrakurikuler. Ekstrakurikuler adalah kegiatan yang dilakukan oleh para siswa sekolah atau universitas, di luar jam belajar kurikulum standar.

Kegiatan-kegiatan ini ada pada setiap jenjang pendidikan dari sekolah dasar sampai universitas. Kegiatan ekstrakurikuler ditujukan agar siswa dapat mengembangkan kepribadian, bakat, dan kemampuannya di berbagai bidang di luar bidang akademik. Kegiatan ini diadakan secara swadaya dari pihak sekolah maupun siswa-siswi itu sendiri untuk merintis kegiatan di luar jam pelajaran sekolah.

Kegiatan dari ekstrakurikuler ini sendiri dapat berbentuk kegiatan pada seni, olah raga, pengembangan kepribadian, dan kegiatan lain yang bertujuan positif untuk kemajuan dari siswa-siswi itu sendiri. Ada beberapa tujuan kegiatan ekstrakurikuler :

  1. Menuntun siswa menemukan kepribadian, bakat dan minat siswa
  2. Mengembangkan kepribadian dan bakat siswa
  3. Membantu menyeimbangkan perstasi akademik siswa dengan prestasi non akademik siswa
  4. Membantu membangun semangat siswa untuk lebih giat belajar
  5. Menjadikan siswa lebih aktif
  6. Mengurangi resiko stress
  7. Belajar memanajamen waktu

Melalui kegiatan atau aktivitas ini dapat mengembangkan kepribadian siswa, karena dengan adanya kegiatan atau aktivitas positif ini siswa akan mengurangi hal-hal negative yang sering dilakukanya. Tidak hanya untuk mencegah siswa melkukan hal-hal negative, ekstrakurikuler ini juga dapat membantu siswa menentukan masa depanya dengan baik dan benar

Dari tujuan ekstrakurikuler di atas dapat diambil kesimpulan bahwa ekstakurikuler erat hubunganya dengan prestasi belajar siswa. Melalui kegiatan ektrakurikuler ini siswa dapat menambah wawasan yang dimilikinya mengenai mata pelajaran dan yang lainya. yang membimbing siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler adalah guru atau tenaga kependidikan lainya. Melalui kegiatan ekstrakurikuler juga siswa dapat menyalurkan bakat, minat dan potensi yang dimiliki. Salah satu ciri kegiatan ekstrakurikuler adalah keanekaragamannya, hampir semua minat remaja dapat digunakan sebagai bagian dari kegiatan ekstrakurikuler.

Dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler diharapkan siswa dapat terhindar dari dunia kenakalan remaja seperti narkoba, miras, tawuran dan lain-lain. Melalui kegiatan ini pula diharapkan siswa dapat mengembangkan kepribadian, bakat dan minatnya agar menjadi lebih baik lagi dan menjadi warga indonesia berguna bagi nusa dan bangsa yang akan mengharumkan nama bangsa Indonesia di dunia

– Muh Zuhrul Anam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.