Pengabdian, Dosen Kimia Unnes Latih Warga Sriwulan Buat Hand Sanitizer

Bertempat di Panti asuhan yatim piatu dan dhuafa Khaira Ummah Desa Sriwulan Kec. Sayung Kab. Demak, tim PPM yang terdiri dari beberapa dosen dari jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Semarang, melakukan kegiatan pelatihan pembuatan hand sanitizer berbasis minyak sereh dan mosquito repellent alami.

Kegiatan yang merupakan cerminan dari pengamalan nilai Tri Darma Perguruan Tinggi ini, tentunya selain melakukan pengabdian kepada masyarakat, juga tetap mengamalkan 2 nilai lainnya yakni pendidikan dan pengajaran, dan penelitian dan pengembangan.

Tercermin dalam acara inti yakni memaparkan informasi dan perkembangan ilmu pengetahuan yang terkait, membuka wawasan dan mindset peserta terkait peluang bisnis sampai dengan praktik langsung pembuatan hand sanitizer berbasis minyak sereh sebagai pengembangan dan peningkatan kualitas produk hand sanitizer yang beredar di pasaran, yang diarahkan langsung oleh Dante Alighiri, S. Si., M.Sc., dan Samuel Budi Wardhana Kusuma, S.Si., M.Sc., Ph.D. dan dibantu oleh mahasiswa yang terlibat yaitu Lutfiana Qoni’atin dan Yoga Faturrahman.

Salah satu tim PPM sekaligus pengarah pelatihan yakni Dante Alighiri, S. Si.,  M. Sc.  menekankan poin penting dalam kesempatan tersebut, yakni ciri khas dari suatu produk bisnis adalah daya tarik yang harus ada agar dapat bersaing dengan produk lain, seperti dicontohkan dalam ke-khas-an dari hand sanitizer yang dibuat.

Hand sanitizer tersebut memiliki keunikan tersendiri yakni memiliki kelebihan sebagai antiseptik dan merangkap sebagai mosquito repellent yang memanfaatkan potensi lokal yaitu dengan menggunakan minyak sereh wangi (Cimbopogon winterianus) sebagai ciri khas produk tersebut.

Kegiatan bermasyarakat yang dilaksanakan pada tanggal 15 November 2020 dan dibuka oleh Ketua Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Semarang merangkap anggota dari Tim PPM, Dr. Sigit Priatmoko, M.Si., tersebut mendapat respon yang positif baik dari pihak pengurus panti maupun dari peserta yang terlibat.

Pengurus panti yang pada saat itu  diwakili oleh Sri Nurini, S.Pd.I., menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada Tim PPM dari jurusan Kimia FMIPA UNNES yang sudah membuat kegiatan yang bermanfaat dan juga kegiatan yang mana mampu meningkatkan wawasan, pengetahuan, pengalaman dan juga minat anak-anak panti (peserta) agar nantinya mereka tetap bersemangat belajar dan mengembangkan kapasitasnya di masa depan, sehingga diharapkan anak anak memiliki prospek kehidupan yang lebih baik lagi.

Antusias peserta yang positif terlihat mulai dari aktifnya mereka mendengarkan materi yang disampaikan, lalu mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang membantu mereka dalam memahami materi, dan tidak lupa bersemangat saat sesi praktek pembuatan hand sanitizer yang dilakukan oleh mereka sendiri setelah dicontohkan oleh Tim PPM.

Karena sesuai dengan tujuan dari kegiatan tersebut sendiri memiliki harapan bahwa ilmu yang disampaikan tidak hanya berakhir diatas kertas, namun juga dapat diamalkan, dikembangkan bahkan dijadikan ide peluang bisnis kreatif ditengah pandemi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.