Zakiyah Yuliyati, Pendekatan Antropologi untuk Kelola Wisata

Pengetahuan antropologi punya manfaat besar dalam pengelolaan industri pariwsata. Mahasiswi Jurusan Sosiologi dan Antrolopologi Unnes Zakiyah Yuliyati meyakini hal itu. Oleh karena itu, dia berharap pendekatan antropologi bisa digunakan untuk mengelola wisata.

“Pariwisata itu kan interaksi antara manusia dengan manusia lain atau manusia dengan alam. Pendekatan antropologi dapat digunakan untuk membaca perilaku manusia sehingga pelaku wisata bisa memberikan pelayanan yang lebih baik,” kata Juara Harapan I Duta Wisata Kabupaten Pekalongan 2015 ini.

Bukan hanya tindakan dalam arti fisik, Zakiya berpendapat, antropologi juga dapat digunakan untuk memahami sistem keyakinan masyarakat. Dalam kaitan dengan industri wisata, ini  penting terutama untuk mengelola wisata budaya.

Ia mencontohkan, di daerahnya ada upacara sawalan yang dihelat tiap tahun. Upacara itu lahir karena adanya sistem keyakinan yang hidup dalam masyarakat. Sistem keykinan itu perlu digali agar wisata kultural seperti sawalan memiliki daya tarik lebih kuat.

“Melalui sawalan, warga Kabupaten Pekalongan yakin bahwa mereka dapat kembali pada kondisi awal yang bersih setelah sebelumnya melaksanakan puasa. Nah, keyakinan semacam ini perlu diungkap kepada wisatawan,” katanya.

Bahkan ia meyakini, sistem keyakinan juga terdapat dalam makanan khas daerahnya, megono. Di daerahnya, Kabupaten Pekalongan, masyarakat menyebut megono sebagai golong.

Golong itu menggolongkan atau memilah. Masyarakat Kabupaten Pekalongan ingin tidak ada penggolongan atau kelas. Mereka ingin mewujudkan masyarakat yang egaliter,” terangnya.

Bagi Zakiyah, kepercayaan semacam itu merupakan bagian integral yang tidak dapat dipisahkan dengan masyarakat Pekalongan. Dalam pengembangan wisata, perhatian terhadap keyakinan masyarakat harus diberikan. Dengan begitu, masyarakat bisa menjadi pelaku wisata dengan mempertahankan identitas batin dan kulturalnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.