Pendaftaran SNMPN Tulis 10-31 Mei 2012

PENDAFTARAN Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Jalur Ujian Tulis dan Keterampilan akan dibuka 10 – 31 Mei 2012. Pendaftaran dilakukan secara online.

Koordinator Wilayah II SNMPTN Prof Dr Sudijono Sastroatmodjo MSi menginformasikan hal itu di sela-sela rapat koordinasi panitia wilayah, di Unnes kampus Sekaran, Selasa (1/5). Tahun ini pihaknya dipercaya sebagai koordinator pelaksanaan di delapan provinsi di Pulau Jawa, Kalimantan, dan Bangka Belitung, dan Kepulauan Riau yang terdiri atas 19 PTN.

“Sebagaimana tahun lalu, tahun ini pun pendaftaran dilakukan secara online melalui http://ujian.snmptn.ac.id,” ungkap Rektor Universitas Negeri Semarang (Unnes) itu.

Dia mengemukakan, mereka yang bisa mendaftarkan diri adalah lulusan SMA atau yang sederajat tahun 2010, 2011, dan 2012. ”Berbeda dari tahun lalu, tahun ini waktu pendaftaran untuk lulusan dari ketiga tahun tersebut sama, yakni 10-31 Mei,” katanya.

Prof Sudijono mengingatkan, calon peserta dapat mendaftarkan diri untuk mengikuti ujian di panitia lokal (panlok) terdekat meskipun perguruan tinggi yang dipilih berada di kota lain. ”Misalnya, anak Semarang tak perlu jauh-jauh ke Jakarta, tapi cukup di Panlok 42 Semarang saja untuk mengikuti ujian, meskipun PTN pilihannya berada di Jakarta atau di luar Jawa,” tuturnya.

Sementara itu, khusus untuk mereka yang memilih program studi olahraga atau seni harus mengikuti ujian keterampilan yang digelar sehari setelah ujian tulis. Namun, hanya perguruan tinggi tertentu yang ditunjuk untuk melaksanakan ujian keterampilan tersebut.

Program studi pilihan di PTN akan dikelompokkan menjadi dua, yakni kelompok IPA dan IPS, serta kelompok IPC yang merupakan campuran antara IPA dan IPS. Setiap peserta dapat mengikuti kelompok ujian IPA, IPS, atau IPC tanpa harus sesuai dengan jurusan sewaktu SMA/MA/SMK.

Sudijono menambahkan, biaya pendaftaran peserta IPA atau IPS sebesar Rp 150.000 dan IPC Rp 175.000. Mereka yang mengambil program strudi olahraga atau seni masih dikenai Rp 150.000 per peserta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.