Pemkot Canangkan Ayo Wisata ke Semarang

BANYAK sudut sebuah kota bisa dijadikan destinasi wisata. Bagi Kota Semarang, pesona keindahan wisata religi, budaya dan kuliner mempunyai nilai jual tersendiri. Demi mewujudkan dan membangkitkan pesona wisatanya, Pemerintah Kota Semarang tengah fokus menggarap potensi wisata daerahnya dengan mencanangkan program “Ayo Wisata ke Semarang”.

Wali Kota Soemarmo HS mengatakan, berkait program itu Pemkot akan menggalakkan dan mengandalkan tiga potensi daerah, yaitu wisata religi, budaya dan kuliner. “Program Ayo Wisata ke Semarang akan kami launching 11 November 2011, sekaligus menjelang Visit Jateng Year 2013,” ujarnya, Rabu (26/10).

Dari segi kesiapan, lanjut dia, belum siap sepenuhnya. Masih banyak obyek wisata yang musti dibenahi. Seperti Kelenteng Sam Poo Kong yang terus digiatkan kebersihannya. Namun beberapa obyek wisata lainnyasudah layak menjadi destinasi wisata. Di antaranya Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT), Gereja Blenduk, dan Lawang Sewu.

Program ini diharapkan langkah awal menggugah masyarakar untuk lebih mencintai potensi wisata yang ada di daerah mereka tinggal.  Adapun wisata alam, meski beberapa obyeknya belum bisa diandalkan tapi tetap memiliki nilai jual. Seperti Gua Kreo, Taman Margasatwa Mangkang, dan Taman Lele.

Tak hanya itu saja, di kota industri ini juga memiliki industri atau kerajinan yang layak dijual. Misalnya pabrik keramik Sango, Wee Bee Galeri, dan lain sebagainya yang sudah memiliki branding kuat. Bahkan saat ada delegasi Torch SEA Games, yang kemarin mendatangi industri tersebut.  “Industri tersebut menjadi bagian wisata di kota Semarang,” ujarnya.

Anggota Komisi B DPRD Kota Semarang Hanik Khoiru Solikah saat dihubungi kemarin mengatakan, sudah saatnya Pemkot berani mempromosikan wisata yang ada di kota Semarang. Selama ini aspek promosi kurang diperhatikan. Kalaupun ada, sambung dia, hanya bersifat untuk melaksanakan kegiatan yang sudah dianggarkan dalam APBD.

Sementara upaya promosi yang lebih serius belum dilakukan. “Akibatnya dunia pariwisata di kota Semarang ini geliatnya kalah dengan kota-kota lain di Indonesia. Padahal kalau bicara soal potensi wisata, Semarang tidak kalah,” tandasnya.

1 Comment

  1. yusuf

    November 10, 2011 at 1:05 am

    Promosi harus terus digalakkan yang diimbangi dengan penataan dan penyempurnaan kualitas obyek dan daya tarik wisata kota Semarang.. Disamping itu, perlu pula dipersiapkan dengan baik kualtas masyarakat dalam menyongsong kedatangan tamu (sebagai tuan rumah yang baik).
    Selamat dan sukses selalu dalam menyambut tamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.