Pecinta Reptil Semarang Ajak Warga Selamatkan Lingkungan

Pohon, batang hidup dengan juntaian daun hijau memiliki proses fotosintesis yang menakjubkan dan menjadi komponen yang sangat penting bagi manusia dan hewan. Selain mengurangi kadar CO2 dan menghasilkan O2, pohon dapat menahan laju air sehingga akan lebih banyak terserap ke dalam tanah.

Masalah lingkungan hidup adalah masalah yang tidak pernah habis sekaligus sangat dilematis.Memang berbagai kegiatan dapat kita lakukan mulai dari penanaman pohon, bersih pantai, bersih gunung dan sebagainya, tetapi kecepatan kerusakan lingkungan juga sangat signifikan, baik yang disebabkan oleh faktor alam maupun ulah tangan manusia.

Hari lingkungan hidup Indonesia yang juga hari sejuta pohon yang diperingati setiap tanggal 10 Januari , adalah salah satu upaya yang berkaitan dengan lingkungan dan dirayakan pada setiap tahunnya. Tetapi meskipun peringatan ini dilakukan setiap tahun, angka kerusakan lingkungan bahkan terus bertambah.

Maka berdasarkan hal-hal tersebut di atas ,  T-REC Semarang (Tugumuda Reptiles Community Semarang) yang juga merupakan komunitas pemerhati lingkungan dimana lingkungan sangat berkolerasi dengan pelestarian satwa terutama satwa asli nya Indonesia.

Lebih lanjut Dimas mengatakan,  banyak hal kecil di lingkungan terkecil dan sekitar kita yang dapat dilakukan seperti pembiasaan membuang sampah pada tempatnya dengan memisahkan antara sampah organik  dan anorganik, menggunakan saputangan sebagai pengganti tissue, dan membawa botol minuman dan kotak makanan untuk mengurangi pemakaian sampah kemasan minuman dan makanan.

Maka , lanjut Dimas , di hari peringatan lingkungan hidup Indonesia atau hari sejuta pohon pada Sabtu 10 Januari 2015 ini , kami dari T-REC Semarang memperingati dengan membagikan puluhan poster-poster ke  masyarakat secara langsung dan menempel di spot-spot yang strategis yang menarik untuk dapat di baca oleh masyarakat seperti di kampus, sekolah, dan lingkungan RT dan RW.

Adapun isi dari poster yang dibuat dan dibagikan oleh T-REC Semarang dalam memperingati hari sejuta pohon ini adalah himbauan untuk membuat Bumi kita yang sudah tua ini sedikit bahagia dengan melakukan hal-hal simple yang bisa dilakukan semua pada lingkungan terkecil kita yaitu lingkungan rumah kita sendiri.

Himbauan dalam poster yang dibuat dan dibagikan di hari lingkungan Indonesia / hari sejuta pohon adalah :
–       Biasakan membibit bijii buah-buahan setelah dikonsumsi, dan menanamnya.
–       Menanam lebih banyak pohon dipekarangan
–       Jangan  membuang sampah sembarangan
–       Menyimpan  sampah plastik  sebelum menemukan tempat sampah
–       Kurangi pemakaian plastik
–       Selalu membawa tas kain yang dapat dilipat kemanapun anda pergi

Akhir kata Dimas berharap semoga aksi kecil dari kami, T-REC Semarang dapat member perubahan di lingkungan terkecil kita masing-masing. Selamat hari lingkungan hidup Indonesia 2015.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.