Pascarsarjana Unika Diakreditasi

Empat Program Studi Pascasarjana Unika Soegijapranata mendapatkan kunjungan dari Asesor BAN-PT untuk visitasi dan evaluasi. Hari pertama visitasi dan evaluasi Program Studi Arsitektur dengan asesor Prof. Dr. Ananto Yuwono,M.Eng dari Universitas Hasanudin Makasar dan Prof. Titin Saraswati dari Universitas Kristen Duta Wacana Yogyakarta. Mereka datang sebagai kolega untuk meneliti berkas dan borang laporan yang seharusnya dipenuhi untuk mendapatkan status akreditasi.

Dalam sambutannya Rektor Unika Prof.Dr. Ir. Y. Budi Widianarko, Msc, menyampaikan bahwa kebutuhan untuk jenjang pendidikan Strata dua bagi masyarakat dan lulusan Unika merupakan tantangan yang harus dipenuhi perguruan tinggi. Selain itu juga, jenjang doktoral bagi dosen Unika adalah keutamaan untuk memberikan pelayanan pengembangan pendidikan.

Rektor menegaskan bahwa proses akreditasi adalah alamiah dan pascasarjana adalah rintisan yang berpijak pada ukuran idealisame, oleh karena itu ada program studi yang jumlah mahasiswanya menuju idealnya student body; Dan saat ini baru satu program studi Pascasarjana Unika yang terakreditasi yaitu Pascasarjana Manajemen, harapannya akan menyusul empat program studi masng-masing Program Studi Magister Arsitektur, Hukum Kesehatan, Magister Lingkungan dan Perkotaan serta Magister Teknologi Pangan.

Hadir pada visitasi tersebut pada wakil rektor, direktur pascasarjana pada dekan fakultas dan kepala biro serta dosen dan pengurus alumni.

Saat berita ini diturunkan Program Studi Magister Hukum Kesehatan telah meluluskan sebanyak 270 alumni dan membentuk ikantan IKAMAHUM yang didirikan pada tahun 2008, tersebar di penjuru kota dan pulau di Indonesia, terdiri dokter, perawat, bidang dan ahli hukum, direktur rumah sakit, pengurus Ikatn dokter pusat dan daerah, Ikatan Bidan, dan  Ikatan Perawat, serta Advokad bahkan ada yang telah bergelar doktor dalam bidang kesehatan.

Ketua Program Studi Prof. DR. Agnes Widanti Soebijanto, SH.CN memaparkan di hadapan Asesor Prof. DR. Hj. Etty R. Agoes SH. LLM dan DR. H. Moch Ichsan, Lc. MA dari BAN-PT, bahwa dari hasil survey yang dilakukan terhadap pengguna alumni Magister Hukum Kesehatan Unika rata-rata menyatakan puas terhadap kinerjanya.

Program Studi Magister Hukum Kesehatan adalah program studi pertama di Indonesia yang menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat di bidang hukum kesehatan untuk menciptakan perlindungan hukum bagi  penyedia layanan kesehatan –  rumah sakit maupun (health care providers – HSP) maupun pasien (health care reciever – HRC) yang seimbang.

Para alumni telah mengimplemantasikan ilmu yang memecahkan masalah hukum kesehatan yang dihadapi oleh masyarakat melalui komunitas akademik secara profesional berprinsip pada hak asasi manusia.

Kajian dan evaluasi program yang telah disampaikan pada forum tersebut, untuk mencapai kesempurnaan yang akan berimbas pada perolehan status akreditasi. Melalui presentasi program studi, wawancara dengan pengelola, tim program studi serta tim borang institusi.

Selain itu juga akan dilakukan oleh asesor wawancara dengan para dosen, mahasiswa aktif, alumni dan pengurus alumni serta kunjungan dan analisa prasarana pendukung, berupa perpustakaan, ruang kuliah, laboratorium, studio dan penyusunan laporan.

Kelengkapan administratif laporan adalah bagian yang akan dievaluasi untuk dikonfirmasikan antara data dan kenyataannya dilapangan. Oleh sebab itu proses alamiah yang diharapkan oleh Rektor berlangsung secara wajar bersanaan dengan tutorial serta masukan dari tim asesor bagi program studi Magister Unika.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.