Inilah Pangestika Tuhu Kristiani, Wisudawan Terbaik Unnes 2012

NAMA lengkap gadis itu Pangestika Tuhu Kristiani. Ia baru menyandang gelar sebagai mahasiswa selama 3,5 tahun di Universitas Negeri Semarang (Unnes). Namun hari ini (Selasa, 24/4) ia akan segera melepaskan gelar itu. Ia lulus dengan gelar tambahan sebagai wisudawan terbaik  periode I tahun 2012 Universitas Negeri Semarang.

Menurutnya, 3,5 tahun belajar di Unnes amat menyenangkan. “Kampus Unnes laksana tempat yang komplet untuk belajar. Semuanya ada. Mahasiswa hendaknya memaksimalkan hal itu,” ujar mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Jawa Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Semarang (Unnes) ini.

Menurutnya, mahasiswa harus memiliki keinginan besar supaya dapat menjadi manusia yang membawa perubahan. “Tanpa keinginan dan kemauan besar, mahasiswa akan sulit mewujudkan cita-cita,” kata wisudawan yang telah menjadi guru bahasa Jawa di SMA 1 Juwana, Pati itu.

“Ketika mengajar, saya selalu memosisikan murid sebagai calon pemimpin. Sebisa mungkin membuat pembelajaran di kelas menjadi hidup dan interaktif,” kata gadis yang pernah memenangi kompetisi menulis bahasa Jawa di Wikipedia itu.

Pangestika mengaku terbiasa belajar di berbagai sudut kampus. Suasana kampus yang asri membuat sesiapa pun merasa nyaman untuk berinteraksi. “Membaca, ngobrol, hingga hotspot-an pun makin mengasyikkan, di mana pun tempatnya,” bangganya.

Ketika mengajar, saya selalu memosisikan murid sebagai calon pemimpin. Sebisa mungkin membuat pembelajaran di kelas menjadi hidup dan interaktif.

Pangestika Tuhu Kristiani

Selain tempat menimba ilmu, Unnes menurutnya menjadi wahana yang mumpuni dalam mengolah keterampilan dan berorganisasi. Setidaknya manfaat itu ia rasakan saat berinteraksi dalam kehidupan bermasyarakat. “Kepandaian tanpa soft skill ibarat sayur tanpa garam,” katanya.

Dia berharap, dengan semangat konservasi yang telah dikumandangkan Unnes, para wisudawan hendaknya dapat menjadi kader-kader konservasi yang dapat memberi keteladanan. “Jangan menyerah dalam menghadapi hal-hal penting. Hal penting itu datang saat mulai menyerah,” ucapnya ketika ditanya tentang moto hidup.

Diberitakan, wisdua periode I Universitas Negeri Semarang akan dilaksanakan Selasa (24/4) hari ini. Tercatat 1.861 wisduawan dari jenjang S1, S2, dan S3 telah terdaftar dan akan mengikuti penasbihan intelektual muda tersebut. Selamat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.