Nggak Cuma Main-Main, Ini Dia Pentingnya Proteksi Saat Travelling

tips travelling terbaru

Asuransi untuk travelling amat sangat diperlukan ketika bepergian atau berwisata terutama untuk tujuan luar negeri. Sebab asuransi travelling atau asuransi perjalanan wisata memiliki banyak sekali keuntungan yang dapat menjamin keselamatan serta kenyamanan traveling.

Mengapa seorang traveler harus menggunakan asuransi perjalanan, berikut ini jawabanya.

Pentingnya Asuransi Keselamatan Travelling

Penerbangan Mendadak Ditunda

Karena pesawat ditunda penerbangannya atau malah justru dibatalkan. Bukan saja bisa membuat kesal, tapi juga timbul kerugian waktu bahkan sampai materi. Jika kamu telah memakai asuransi perjalanan, kamu tak perlu khawatir. Karena asuransi perjalanan yang sudah kamu miliki akan memberi pertanggungan jika kamu terjebak dalam kondisi seperti itu.

Jika ada keterlambatan yang di luar kendali kamu seperti pemogokan, cuaca buruk, dan kerusakan mekanis, penutupan bandara, dan lain-lain maka asuransi perjalanan akan memberi perlindungan agar kamu tak mengalami kerugian.

Kehilangan Barang Bawaan

Bila terjadi kehilangan barang-barang atau bagasi milik penumpang maka asuransi perjalanan akan memberikan ganti rugi. Jika barang yang kamu rusak, hilang, atau mengalami keterlambatan akan mendapatkan perlindungan bahkan penggantian jika benar-benar perlu. Tidak hanya barang yang di bagasi, namun juga barang yang dipakai.

Sakit Ketika sedang Berwisata

Bila sewaktu dalam perjalanan wisata mengalami sakit atau mengalami kecelakaan. Hal itu tentu tak ada dalam perencanaanmu. Jika kamu tak membawa uang lebih, kamu tentu akan kebingungan. Dengan menggunakan asuransi perjalanan yang kamu punya, maka masalah perawatan serta obat-obatan selama di rumah sakit akan ditanggung. Bahkan sudah termasuk biaya evakuasi dan bantuan layanan darurat selama 24 jam.

Kompensasi Yang Akan Didapat Oleh Keluarga

Hal terburuk yang bisa terjadi saat sedang traveling sangatlah banyak dan tak bisa ditentukan kapan datangnya. Bila ada hal paling buruk menimpamu, seperti kematian, maka asuransi perjalanan akan merekomendasikan beberapa penawaran yaitu biaya pemulangan jenazah, biaya kremasi, atau penguburan di lokasi tempat kematian terjadi.

Asuransi keselamatan travelling ini dapat meringankan pihak keluarga peserta asuransi karena biaya-biaya resiko yang ditanggung seluruhnya bisa dialihkan ke pihak asuransi.

Bila Mengalami Dokumen Perjalanan Hilang

Perencanaan sebagus apapun tentunya bisa mengalami hambatan dan masalah, namun ada kalanya kita ketiban sial. Seperti misalnya saja paspor hilang. Hal yang paling penting adalah tanpa dokumen penting kamu tak bisa ke mana-mana.

Tetapi kamu tenang saja, sebab asuransi perjalanan akan membayarkan biaya penerbitan kembali paspor, tiket atau dokumen perjalanan lainnya yang hilang karena pencurian atau bencana alam ketika kamu berada di luar negeri, selama jangka waktu pertanggungan.

Perlindungan Rumah Atau Tempat Tinggal

Asuransi perjalanan juga bisa memastikan perlindungan terhadap rumah atau tempat tinggalmu selama kamu pergi. Hal seperti ini sangat bermanfaat jika kamu tengah traveling satu keluarga, sehingga rumah dibiarkan kosong. Rumah tempat tinggal pun bisa dilindungi oleh pihak asuransi demi mencegah  terjadinya pencurian ketika kamu sekeluarga tak berada di rumah.

Traveling ke Negara Visa Schengen

Bila akan traveling ke negara-negara sekitar Uni Eropa, kamu harus mengajukan Visa Schengen. Visa yang kamu gunakan bisa melakukan penjelajahan dari satu negara ke negara lain dengan bebas, selama negara itu masuk dalam daftar perjanjian Visa Schengen.

Berlakunya selama 90 hari per enam bulan. Negara-negara itu nantinya akan dianggap sebagai satu negara saja. Perjalanan kamu pun lebih praktis karena tak perlu repot membuat jalur visa jika ingin pindah negara. Sampai saat ini ada 26 negara yang tergabung dalam Visa Schengen, 22 di antara dari Uni Eropa seperti Austria, Belgia, Denmark, Portugal, Polandia, dan lain-lain.

Namun perlu kamu ingat untuk memiliki Visa Schengen adalah, kamu harus memiliki asuransi perjalanan di samping dokumen-dokumen lainnya. Jika tidak maka permintaanmu mengajukan visa akan ditolak.

Sebelum memilih asuransi, pastikan kamu sudah mengetahui cakupan asuransi perjalanan. Umumnya asuransi perjalanan akan menanggung biaya medis pada kondisi darurat, kehilangan dan pembatalan, serta cacat dan bahkan bila terjadi kematian.

Demikian keuntungan yang bisa didapat jika seorang traveler memiliki asuransi keselamatan travelling. Jadi sebelum memulai traveling, kenali dulu negara yang ingin dituju. Semoga dengan informasi asuransi travelling ini kegiatan traveling kamu menjadi lebih aman dan nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.